Selamat Idul Fitri Mohon Maaf Lahir dan Batin !


Sebelumnya saya mohon maaf selama satu minggu lebih blog kami ini absen tanpa ada tambahan artikel, dikarenakan saya beserta keluarga "Pulang Mudik" ke kampung halaman. Kebetulan pada tanggal 17 Agustus 2012 lalu saya sekeluarga memperoleh tiket "Mudik Gratis" dari Pemerintah Propinsi Jawa Timur dengan sponsor Kadin Surabaya. Ya mungkin saya termasuk beruntung karena bisa mudik tanpa "uyel-uyelan" di angkutan umum. Bai ke Surabayapun saya dapat tiket "Balik Gratis" yang di selenggarakan oleh Dinas Perhubungan Jawa Timur Cabang Caruban. Lengkap sudah saya mengecap kebahagiaan "Bolak-balik  Gratis".


Jika anda ingin bernasib seberuntung saya tahun depan, silahkan anda berburu tiket "Mudik Gratis" dan "Balik Gratis", sesuai dengan keinginan anda apakah naik kereta api, bis kota, atau kapal laut (jangan harap kapal udara = mustahil ada !).

Mungkin anda yang menganut Agama Islam sudah puluhan kali merayakan Hari Raya Idul Fitri atau lebaran (sesuai jumlah umur anda). namun tahukah anda makna dibalik perayaan hari besar yang mengoyang migrasi penduduk Indonesia ini ?


Lebaran berasal dari kata "Lebar", artinya selesai dengan tuntas, artinya orang yang berhak merayakan lebaran ini hanyalah orang yang melakukan 29/ 30 hari puasa penuh tanpa lubang (lebar puasanya), jadi bagi anda yang ibadah puasanya "bolong-bolong" atau tidak puasa sama sekali (seharusnya) tidak boleh merayakan hari raya lebaran ini. 

Hari Raya Idul Fitri biasa juga disebut sebagai "Hari Kemenangan", artinya anda berhasil menang mengendalikan hawa nafsu dalam diri anda, dengan demikian yang berhak mengklaim "saya menang" pada hari raya Idul Fitri hanya mereka yang melakukan Ibadah Puasa dengan sungguh-sungguh, secara tulus dan ikhlas demi Allah semata (bukan "ikut-ikutan", ataupun "asal puasa saja".

Sedangkan Idul Fitri berasal dari kata عيد الفطر Eid ul-Fitr (Bahasa Arab), istilah lain dari hari raya ini adalah 
  1. Idul Fitri, Hari Lebaran (Indonesia); 
  2. Riyoyo, Ngaidul Fitri (Jawa); 
  3. Boboran Siyam (Sunda); 
  4. Eid ul-Fitr  (Arab)
  5. Hari Raya Puasa, Hari Lebaran (Malaysia); 
  6. Shemai Eid (Bangladesh); 
  7. Ramazan Bayramı (Turki) 
Arti gampangan dari kata Idul Fitri adalah kembali ke fitrah / kesucian, diharapkan jika ibadah puasa anda diterima Allah anda kembali menjadi insan-insan yang suci. Perlu dicatat yang dimaksud puasa disini tidak hanya menahan makan dan minum saja lho !, namun menahan nafsu amarah, syahwat, dll. Atau dengan kata lain suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan, dan selalu berbuat amal kebaikan misalnya dengan berbagi harta melalui membayar zakat fitrah dan serangkaian kegiatan baik yang lain.


Mengenai makanan khas lebaran berupa ketupat, menurut paham Jawa, berasal dari Bahasa Jawa "Kupat" = "Kula Lepat", yang bisa di artikan "Saya Salah". Dalam kebudayaan Jawa (Jawa Tengah dan Jawa Timur), hari raya lebaran dirayakan dengan acara "ujung"/ mohon maaf pada yang lebih tua, di beri waktu selama 1 minggu sejak Hari Raya Idul Fitri, dan di akhiri dengan "kenduri kupatan", artinya pada hari tersebut adalah hari terakhir mohon maaf kepada semua orang. Biasanya semua warga kampung saling "riyoyoan" atau saling berkunjung untuk berbagi maaf dengan para sanak keluarga. Ada beberapa daerah "ikut-ikutan" membuat ketupat ini (walau kadang tidak tahu maknanya) dan menyebut ketupat sebagai "makanan khas lebaran", makanya dinuat tepat pada hari lebaran tersebut.

Idul Fitri dirayakan tepat pada tanggal 1 Syawal, setiap tahunnya, bagi anda yang ingin tahu kurang lebih tanggal berapa lebaran 10 tahun yang akan datang berikut prakiraan jatuhnya hari raya lebaran adalah sebagai berikut  :

Tahun Hijriah  Tahun Masehi
1433       19 Agustus 2012
1434        8 Agustus 2013
1435        29 Juli 2014
1436        19 Juli 2015
1437        7 Juli 2016
1438        26 Juni 2017
1439        15 Juni 2018
1440        5 Juni 2019
1441        24 Mei 2020
1442        13 Mei 2021
1443        2 Mei 2022

Perlu anda tahu perhitungan di atas didasarkan pada kalender Qomariah/ kalender Bulan yang 1 tahunnya kurang lebih 354 hari, jika perhitungan di atas salah saya mohon maaf.

Meskipun terlambat, saya ingin mengucapkan :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Jika Naga Hidup di Dunia Nyata, Bagaimana Cara Mereka Semburkan Api?