Embraer EMB 314 Super Tucano Datang, OV-10 Bronco Langsung Pensiun



Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Imam Sufa’at meresmikan monumen OV-10F Bronco di Lanud Abd Saleh, Malang, akhir pekan lalu. Ini menjadi penanda berakhirnya masa pakai pesawat OV-10 Bronco. OV-10 Bronco telah di-groundeddan akan digantikan dengan pesawat tempur Super Tucano. Setelah peresmian, Imam beserta rombongan meninjau shelter Skadron Udara 21 yang akan dibangun untuk pesawat baru Super Tucano.



Sesaat sebelum peresmian, Imam Sufa’at menyampaikan harapannya agar dengan memonumenkan pesawat yang memiliki julukan si kuda liar atau biasa disebut kampret di jajaran TNI AU ini dapat menjadi sarana untuk mengenang kiprahnya dalam medan laga dan para awak yang telah gugur bersamanya.


OV-10 Bronco telah berjasa di antara lain Ops Seroja (1976-1979) di NTT, Ops Tumpas (1977-1978)di Irian Jaya, dan Ops Halilintar (1978) di Riau. Setelah peresmian monumen, KSAU beserta rombongan meninjau Skadron Udara 21 untuk pembangunan shelter pesawat Super Tucano yang akan datang menggantikan pesawat gaek OV-10F Bronco. Seperti diberitakan di media, TNI AU membeli 16 unit Pesawat Super Tucano yang akan tiba secara bertahap



Super Tucano merupakan pesawat latih tempur bermesin turboprop yang dapat digunakan sebagai pesawat penyerang darat ringan light ground attack/ COIN (counter-insurgency), produksi Pabrik Pesawat Terbang Embraer Defense System di Brazil. Pesawat latih Super Tucano ini memiliki nama resmi EMB 314 Super Tucano atau kode A-29. Pesawat in diproduksi dalam 2 versi yaitu A-29 A bertempat duduk tunggal (1) dan A-29 B bertempat duduk ganda (2). 



Selain TNI AU, pesawat ini digunakan oleh Brazilian Air Force (100), Colombian Air Force (25), Ecuadorian Air Force (24) , Chilean Air Force(12),  Dominican Air Force (12)Lebanese Army (Lebanon) (10), Air Force of El Salvador (10)Guatemalan Air Force (10). Pesawat Super Tucano ini terbang pertama kali pada tanggal 2 Juni 1999, sehingga dapat dikatakan sebagai pesawat latih tepur mutahir saat ini dan dijual 9 milion dolar per unitnya.





Pesawat Super Tucano merupakan pesawat latih yang canggih dengan avionik terbaru dengan sistem persenjataanya. Dalam gambar di atas adalah kokpit pesawat tersebut dilengkapi dengan Head Up Display (HUD) dan beberapa monitor LCD yang canggih. Pada gambar sebelumnya anda juga dapat melihat bahwa pesawat Super Tucano juga dapat mengotong 2 buah rudal pencari panas AIM 9 Sidewinder, yang juga digunakan oleh pesawat tempur F-16 dan pesawat tempur lain. Selain itu pesawat ini juga mampu membawa persenjataan opsional seperti gambar di bawah.



Semoga dengan kehadiran pesawat Tucano ini dapat membuat negara Indonesia ini semakin disegani oleh negara tetangga dan berguna untuk menjaga kedaulatan Republik Indonesia yang telah berusia 66 tahun ini.


BRAVO SELALU TNI AU !

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Jika Naga Hidup di Dunia Nyata, Bagaimana Cara Mereka Semburkan Api?