Kisah Raja "Ashoka Maurya", Apakah Sehebat Tayangan di Film ?
Anda pernah mendengar nama raja Ashoka?
Anda bisa mengenal kisah raja Ashoka ini melalui tayangan film tv "Chakravartin Ashoka Samrat" Drama sejarah diproduksi oleh Contiloe Entertainment, dan disutradarai oleh Prasad Gavandi, India yang saat ini tayang setiap hari di salah satu tv lokal ANTV. Anda juga bisa mengenal kisah raja Ashoka melalui film bioskop "Ashoka The Great" yang diproduksi tahun 2001. Dalam tayangan film tersebut raja Ashoka digambarkan begitu hebat dan perkasa, apakah film tersebut merupakan legenda atau kisah nyata dalam sejarah India? Mari kita belajar bersama.
Ashoka Maurya (IAST: Ashoka; / ə ʃ oʊ k ə /; 304-232 SM), umumnya dikenal sebagai Ashoka dan Ashoka Agung, adalah India kaisar dari Dinasti Maurya yang memerintah hampir semua benua India dari c. 268-232 SM. Ashoka adalah pemimpin pertama Bharata (India) Kuno (ingat kisah Mahabarata?), setelah para pemimpin Mahabharata yang termasyhur, yang menyatukan wilayah yang sangat luas ini di bawah kekaisarannya, yang bahkan melampaui batas-batas wilayah kedaulatan negara India dewasa ini.
Kisah-kisah Ashoka yang dibuat saat ini bersumber pada prasasti yang dibuat Ashoka, terkait kisah sejarahnya di abad-2 Masehi, buku "Ashokavadana" ("Narasi dari Ashoka", bagian dari Divyavadana), dan dalam teks Sri Lanka Mahavamsa ("Great Chronicle").
Anda bisa mengenal kisah raja Ashoka ini melalui tayangan film tv "Chakravartin Ashoka Samrat" Drama sejarah diproduksi oleh Contiloe Entertainment, dan disutradarai oleh Prasad Gavandi, India yang saat ini tayang setiap hari di salah satu tv lokal ANTV. Anda juga bisa mengenal kisah raja Ashoka melalui film bioskop "Ashoka The Great" yang diproduksi tahun 2001. Dalam tayangan film tersebut raja Ashoka digambarkan begitu hebat dan perkasa, apakah film tersebut merupakan legenda atau kisah nyata dalam sejarah India? Mari kita belajar bersama.
Ashoka Maurya (IAST: Ashoka; / ə ʃ oʊ k ə /; 304-232 SM), umumnya dikenal sebagai Ashoka dan Ashoka Agung, adalah India kaisar dari Dinasti Maurya yang memerintah hampir semua benua India dari c. 268-232 SM. Ashoka adalah pemimpin pertama Bharata (India) Kuno (ingat kisah Mahabarata?), setelah para pemimpin Mahabharata yang termasyhur, yang menyatukan wilayah yang sangat luas ini di bawah kekaisarannya, yang bahkan melampaui batas-batas wilayah kedaulatan negara India dewasa ini.
Kisah-kisah Ashoka yang dibuat saat ini bersumber pada prasasti yang dibuat Ashoka, terkait kisah sejarahnya di abad-2 Masehi, buku "Ashokavadana" ("Narasi dari Ashoka", bagian dari Divyavadana), dan dalam teks Sri Lanka Mahavamsa ("Great Chronicle").
Relief Maharaja Ashoka
Nama Ashoka "Ashoka" berarti "tanpa rasa sakit, tanpa kesedihan" di bahasa Sansekerta dalam bahasa Sanskerta (a – tanpa, soka – duka). Dalam karyanya fatwa, ia disebut sebagai Devanampriya (Pali Devanampiya atau "The Beloved Dewata"), dan Priyadarśin (Pali Piyadasi atau "Dia yang menganggap semua orang dengan kasih sayang"). Kecintaannya untuk koneksi namanya kepada pohon asoca Saraca , atau "pohon Ashoka" juga dirujuk dalam Ashokavadana.
Ashoka memerintah atas alam yang membentang dari Hindu Kush pegunungan di Afghanistan untuk negara modern Bangladesh di timur. Ini menutupi seluruh benua India kecuali bagian dari masa kini Tamil Nadu dan Kerala. Ibukota kekaisaran itu Pataliputra (di Magadha, kini Bihar), dengan ibukota provinsi di Taxila dan Ujjain.
Biografi.
Ashoka merupakan putra dari kaisar Maurya : Bindusara dan istri selirnya Subhadrangī yang akhir nya disebut Dharma (atau dhamma) karena ia mengikuti jalan kebenaran.Dia adalah cucu dari Chandragupta Maurya, pendiri dinasti Maurya. Dalam teks Avadana menyebutkan bahwa ibunya adalah Ratu Subhadrangī. Menurut Ashokavadana, dia adalah putri dari seorang Brahmana dari kota Champa.
Meskipun intrik istana terus menjauhkan dirinya dari kaisar akhirnya kesedihannya berakhir, Subhadrangī melahirkan seorang putra. Hal ini berasal dari seruan Subhadrangī : "Saya sekarang tanpa kesedihan", yang dari kata ini Ashoka mendapat namanya. The Divyavadana menceritakan cerita yang sama, tapi memberikan nama ratu sebagai Janapadakalyānī.
Ashoka memiliki beberapa kakak (diantaranya Susima) dan hanya satu adik, Drupadh. Karena kepandaian yang meneladani dan kemampuannya berperang, ia dikatakan merupakan cucu kesayangan kakeknya, maharaja Candragupta Maurya.
Karir Politik.
Meskipun intrik istana terus menjauhkan dirinya dari kaisar akhirnya kesedihannya berakhir, Subhadrangī melahirkan seorang putra. Hal ini berasal dari seruan Subhadrangī : "Saya sekarang tanpa kesedihan", yang dari kata ini Ashoka mendapat namanya. The Divyavadana menceritakan cerita yang sama, tapi memberikan nama ratu sebagai Janapadakalyānī.
Ashoka memiliki beberapa kakak (diantaranya Susima) dan hanya satu adik, Drupadh. Karena kepandaian yang meneladani dan kemampuannya berperang, ia dikatakan merupakan cucu kesayangan kakeknya, maharaja Candragupta Maurya.
Karir Politik.
Maka seperti diceritakan dalam bentuk legenda, ketika Candragupta Maurya meninggalkan kerajaannya untuk hidup sebagai seorang Jain, ia membuang pedangnya. Ashoka menemukan pedangnya dan menyimpannya.Maka sementara Ashoka berkembang menjadi seorang prajurit ulung yang sempurna dan seorang negarawan lihai, Ashoka memimpin beberapa regimen tentara Maurya.
Ashoka memiliki beberapa saudara tua, semuanya adalah setengah-saudaranya dari istri-istri lain Bindusara. Kualitas bertarungnya yang jelas dari usia dini dan ia diberi pelatihan militer kerajaan. Dia dikenal sebagai pemburu yang menakutkan, dan menurut legenda, membunuh seekor singa hanya dengan tongkat kayu. Karena reputasinya sebagai seorang prajurit yang menakutkan dan umum berperasaan, ia dikirim untuk mengekang kerusuhan di Avanti provinsi kekaisaran Maurya.
Buddha teks Divyavadana menjelaskan Ashoka menumpas pemberontakan akibat aktivitas menteri yang jahat. Pemerintahan Bindusara. dalam catatan Acharya Chanakya, kepala penasihat Bindusara, menyarankan untuk menghancurkan para bangsawan dan raja-raja dari 16 kota dan membuat dirinya menguasai semua wilayah antara timur dan laut barat. Beberapa sejarawan menganggap ini sebagai indikasi penaklukan Bindusara di Deccan, sementara yang lain menganggapnya sebagai "penekanan pemberontakan".
Popularitasnya yang naik di seluruh wilayah kekaisaran membuat kakak-kakaknya menjadi cemburu karena mereka cemas ia bisa dipilih Bindusara menjadi maharaja selanjutnya. Kakaknya yang tertua, pangeran Susima, putra mahkota pertama, membujuk Bindusara untuk mengirim Ashoka mengatasi sebuah pemberontakan di kota Taxila, di provinsi barat laut Sindhu, di mana pangeran Susima adalah gubernurnya.
Taxila adalah sebuah daerah yang bergejolak karena penduduknya adalah sukubangsa Yunani-India yang suka berperang dan juga karena pemerintahan kakaknya, pangeran Susima kacau. Oleh karena itu dalam daerah ini banyak terbentuk milisi-milisi yang mengacau keamanan. Ashoka setuju dan bertolak ke daerah yang sedang dilanda huru-hara. Maka ketika berita bahwa Ashoka akan datang menjenguk mereka dengan pasukannya, ia disambut dengan hormat oleh para milisi yang memberontak dan pemberontakan bisa diakhiri tanpa pertumpahan darah. (Provinsi ini di kemudian hari memberontak ketika Ashoka memerintah, namun kemudian ditumpas dengan tangan besi).
Ashoka memiliki beberapa saudara tua, semuanya adalah setengah-saudaranya dari istri-istri lain Bindusara. Kualitas bertarungnya yang jelas dari usia dini dan ia diberi pelatihan militer kerajaan. Dia dikenal sebagai pemburu yang menakutkan, dan menurut legenda, membunuh seekor singa hanya dengan tongkat kayu. Karena reputasinya sebagai seorang prajurit yang menakutkan dan umum berperasaan, ia dikirim untuk mengekang kerusuhan di Avanti provinsi kekaisaran Maurya.
Buddha teks Divyavadana menjelaskan Ashoka menumpas pemberontakan akibat aktivitas menteri yang jahat. Pemerintahan Bindusara. dalam catatan Acharya Chanakya, kepala penasihat Bindusara, menyarankan untuk menghancurkan para bangsawan dan raja-raja dari 16 kota dan membuat dirinya menguasai semua wilayah antara timur dan laut barat. Beberapa sejarawan menganggap ini sebagai indikasi penaklukan Bindusara di Deccan, sementara yang lain menganggapnya sebagai "penekanan pemberontakan".
Popularitasnya yang naik di seluruh wilayah kekaisaran membuat kakak-kakaknya menjadi cemburu karena mereka cemas ia bisa dipilih Bindusara menjadi maharaja selanjutnya. Kakaknya yang tertua, pangeran Susima, putra mahkota pertama, membujuk Bindusara untuk mengirim Ashoka mengatasi sebuah pemberontakan di kota Taxila, di provinsi barat laut Sindhu, di mana pangeran Susima adalah gubernurnya.
Taxila adalah sebuah daerah yang bergejolak karena penduduknya adalah sukubangsa Yunani-India yang suka berperang dan juga karena pemerintahan kakaknya, pangeran Susima kacau. Oleh karena itu dalam daerah ini banyak terbentuk milisi-milisi yang mengacau keamanan. Ashoka setuju dan bertolak ke daerah yang sedang dilanda huru-hara. Maka ketika berita bahwa Ashoka akan datang menjenguk mereka dengan pasukannya, ia disambut dengan hormat oleh para milisi yang memberontak dan pemberontakan bisa diakhiri tanpa pertumpahan darah. (Provinsi ini di kemudian hari memberontak ketika Ashoka memerintah, namun kemudian ditumpas dengan tangan besi).
Keberhasilan Ashoka membuat kakak-kakaknya semakin cemas akan maksudnya menjadi maharaja penerus, maka hasutan-hasutan Susima kepada Bindusara membuatnya membuang Ashoka. Ashoka kemudian pergi ke Kerajaan Kalinga dan menyembunyikan jatidirinya. Di sana ia bertemu dengan seorang nelayan wanita bernama Kaurwaki, dan ia jatuh cinta. Prasasti-prasasti yang baru ditemukan menunjukkan bahwa ia kelak menjadi permaisuri selirnya yang kedua atau ketiga. Dalam film Ashoka diceritakan bertemu Kaurwaki sebelum ia berangkat menumpas pemberontak di Taxila.
Sementara itu, ada sebuah pemberontakan lagi, kali ini di Ujjayani (Ujjain). Maharaja Bindusara mengundang Ashoka kembali setelah dibuang selama dua tahun. Ashoka pergi ke Ujjayani dan pada pertempuran di sana terluka, tetapi para hulubalangnya berhasil menumpas pemberontakan. Ashoka kemudian diobati secara diam-diam sehingga para pengikut setia pangeran Susima tidak bisa melukainya. Ia diurusi oleh para bhiksu dan bhiksuni beragama Buddha. Di sinilah ia pertama kalinya berkenalan dengan ajaran Buddha, dan di sini pula ia berjumpa dengan Dewi, yang merupakan perawat pribadinya dan putri seorang saudagar bernama Widisha. Maka setelah pulih, ia menikahinya.
Hal ini tidak bisa diterima oleh Bindusara bahwa salah seorang putranya menikah dengan seorang penganut Buddha, maka dia tidak memperbolehkannya tinggal di Pataliputra, tetapi mengirimnya kembali ke Ujjayani dan membuat menjadi seorang gubernur.
Hal ini tidak bisa diterima oleh Bindusara bahwa salah seorang putranya menikah dengan seorang penganut Buddha, maka dia tidak memperbolehkannya tinggal di Pataliputra, tetapi mengirimnya kembali ke Ujjayani dan membuat menjadi seorang gubernur.
Tahun selanjutnya berjalan cukup tenang untuknya dan Dewi akan melahirkan putranya yang pertama. Sementara itu maharaja Bindusara mangkat. Kematian Bindusara di 272 SM menyebabkan perang atas nama suksesi. Menurut Divyavadana, Bindusara ingin anaknya Susima untuk menggantikannya tapi Ashoka didukung oleh menteri ayahnya, yang menemukan Susima menjadi sombong dan tidak sopan terhadap mereka.
Seorang menteri bernama Radhagupta tampaknya telah memainkan peran penting dalam kenaikan Ashoka takhta. Ashokavadana menceritakan korban Radhagupta tentang gajah kerajaan tua untuk Ashoka baginya untuk naik ke Taman Gold Pavilion di mana Raja Bindusara akan menentukan penggantinya. Ashoka kemudian menyingkirkan pewaris sah tahta dengan menipu dia ke memasuki lubang diisi dengan bara api. Radhagupta, menurut Ashokavadana, kemudian akan diangkat perdana menteri oleh Ashoka setelah ia telah mendapatkan tahta.
Sementara berita putra mahkota yang belum lahir menyebar, Pangeran Susima berniat untuk membunuhnya; namun si pembunuh justru membunuh ibunya. Menurut legenda, dalam keadaan murka, pangeran Ashoka menyerang Pataliputra (sekarang Patna), dan memenggal kepala kakak-kakaknya semua termasuk Susima, dan membuangnya di sebuah sumur di Pataliputra. Pada saat tersebut banyak orang yang menyebutnya Canda Ashoka yang artinya adalah Ashoka si pembunuh dan tak kenal kasih.
Dipavansa dan Mahavansa mengacu Ashoka membunuh 99 dari saudara-saudaranya, hanya hemat satu, bernama Vitashoka atau Tissa, meskipun tidak ada bukti yang jelas tentang kejadian ini (banyak account tersebut jenuh dengan unsur-unsur mitologis). The penobatan terjadi di 269 SM, empat tahun setelah suksesi tahta.
Legenda Buddha menyatakan bahwa Ashoka buruk-marah dan yang bersifat jahat. Dia membangun Ashoka Neraka, rumit ruang penyiksaan digambarkan sebagai "surgawi Neraka" karena kontras antara eksterior yang indah dan tindakan yang dilakukan dalam oleh algojo yang ditentukan, Girikaa. ini membuatnya mendapatkan nama Chanda Ashoka (Canda Asoka) yang berarti "Ashoka yang Fierce" dalam bahasa Sansekerta. Profesor Charles Drekmeier memperingatkan bahwa legenda Buddha cenderung mendramatisasi perubahan yang Buddhisme membawa dalam dirinya, dan karena itu, membesar-besarkan kejahatan masa lalu Ashoka dan kesalehan setelah konversi.
Seorang menteri bernama Radhagupta tampaknya telah memainkan peran penting dalam kenaikan Ashoka takhta. Ashokavadana menceritakan korban Radhagupta tentang gajah kerajaan tua untuk Ashoka baginya untuk naik ke Taman Gold Pavilion di mana Raja Bindusara akan menentukan penggantinya. Ashoka kemudian menyingkirkan pewaris sah tahta dengan menipu dia ke memasuki lubang diisi dengan bara api. Radhagupta, menurut Ashokavadana, kemudian akan diangkat perdana menteri oleh Ashoka setelah ia telah mendapatkan tahta.
Sementara berita putra mahkota yang belum lahir menyebar, Pangeran Susima berniat untuk membunuhnya; namun si pembunuh justru membunuh ibunya. Menurut legenda, dalam keadaan murka, pangeran Ashoka menyerang Pataliputra (sekarang Patna), dan memenggal kepala kakak-kakaknya semua termasuk Susima, dan membuangnya di sebuah sumur di Pataliputra. Pada saat tersebut banyak orang yang menyebutnya Canda Ashoka yang artinya adalah Ashoka si pembunuh dan tak kenal kasih.
Dipavansa dan Mahavansa mengacu Ashoka membunuh 99 dari saudara-saudaranya, hanya hemat satu, bernama Vitashoka atau Tissa, meskipun tidak ada bukti yang jelas tentang kejadian ini (banyak account tersebut jenuh dengan unsur-unsur mitologis). The penobatan terjadi di 269 SM, empat tahun setelah suksesi tahta.
Legenda Buddha menyatakan bahwa Ashoka buruk-marah dan yang bersifat jahat. Dia membangun Ashoka Neraka, rumit ruang penyiksaan digambarkan sebagai "surgawi Neraka" karena kontras antara eksterior yang indah dan tindakan yang dilakukan dalam oleh algojo yang ditentukan, Girikaa. ini membuatnya mendapatkan nama Chanda Ashoka (Canda Asoka) yang berarti "Ashoka yang Fierce" dalam bahasa Sansekerta. Profesor Charles Drekmeier memperingatkan bahwa legenda Buddha cenderung mendramatisasi perubahan yang Buddhisme membawa dalam dirinya, dan karena itu, membesar-besarkan kejahatan masa lalu Ashoka dan kesalehan setelah konversi.
Sementara Ashoka naik takhta, ia memperluas wilayah kekaisarannya dalam kurun waktu delapan tahun kemudian dari perbatasan daerah yang sekarang disebut Bangladesh dan Assam di India di timur sampai daerah-daerah di Iran dan Afganistan di barat; dari Palmir Knots sampai hampir di ujung jazirah India di sebelah selatan India.
Sementara tahap-tahap awal kepemimpinan Ashoka terbukti cukup haus darah, ia kemudian menjadi pengikut ajaran Buddha setelah menaklukkan Kalingga, daerah yang sekarang adalah negeri bagian India Orissa. Kalingga adalah sebuah negeri yang bangga akan kemerdekaan dan demokrasinya; dengan demokrasi monarki dan parlementernya, negeri ini bisa dikatakan sebuah pengecualian di Bharata Kuna, karena di sana ada konsep Rajadharma, yang berarti kewajiban para pemimpin, yang secara dasar bersatu-padu dengan konsep keberanian dan Ksatriyadharma.
Asal mula Perang Kalingga (265 SM atau 263 SM) tidak jelas. Salah satu saudara Susima kemungkinan melarikan diri ke Kalingga dan mendapat suaka secara resmi di sana. Hal ini sangat membuat murka Ashoka. Ia diberi saran oleh para menterinya menyerang Kalingga untuk tindakan pengkhianatan ini. Ashoka kemudian meminta Kalingga untuk tunduk kepada kekuasaannya. Ketika mereka menolak diktatnya, Ashoka mengirimkan salah seorang panglima perangnya supaya mereka tunduk.
Sang panglima perang dan pasukannya kalah dan melarikan diri berkat kepandaian panglima perang Kalingga. Ashoka yang tercengang akan kekalahan ini, menyerang dengan sebuah pasukan terbesar yang belum pernah ada dalam sejarah India sampai saat itu. Kalingga melawan dengan sengit tetapi mereka bukan padanan pasukan perang Ashoka yang sangat kuat. Seluruh wilayah Kalingga dijarah dan dihancurkan: piagam-piagam Ashoka di kemudian hari menyebutkan bahwa di sisi Kalingga kurang lebih 100.000 jiwa tewas sedangkan jumlah prajurit Ashoka yang tewas kurang lebih 10.000. Ribuan pria dan wanita dibuang pula.
Menurut cerita legenda, satu hari setelah peperangan usai, Ashoka menjelajah kota dan yang bisa dilihat hanyalah rumah-rumah yang terbakar dan mayat-mayat yang bergelimpangan di mana-mana.Ashoka merasa menyesal karena penaklukan Kalinga karena, selama penaklukan negara sebelumnya Tak Terkalahkan, pembantaian, kematian, dan mengambil tawanan dari orang tentu terjadi, sesudah itu Mulia merasa kesedihan yang mendalam dan penyesalan. Dekrit berlangsung untuk mengatasi tingkat yang lebih besar dari kesedihan dan penyesalan yang dihasilkan dari pemahaman Ashoka bahwa teman-teman dan keluarga dari almarhum akan sangat menderita juga. Hal ini membuatnya muak dan ia berteriak dengan kata-kata yang menjadi termasyhur:
Menurut cerita legenda, satu hari setelah peperangan usai, Ashoka menjelajah kota dan yang bisa dilihat hanyalah rumah-rumah yang terbakar dan mayat-mayat yang bergelimpangan di mana-mana.Ashoka merasa menyesal karena penaklukan Kalinga karena, selama penaklukan negara sebelumnya Tak Terkalahkan, pembantaian, kematian, dan mengambil tawanan dari orang tentu terjadi, sesudah itu Mulia merasa kesedihan yang mendalam dan penyesalan. Dekrit berlangsung untuk mengatasi tingkat yang lebih besar dari kesedihan dan penyesalan yang dihasilkan dari pemahaman Ashoka bahwa teman-teman dan keluarga dari almarhum akan sangat menderita juga. Hal ini membuatnya muak dan ia berteriak dengan kata-kata yang menjadi termasyhur:
"Apakah yang telah kuperbuat?"
Kekejian penaklukan ini akhirnya membuatnya memeluk agama Buddha dan ia memakai jabatannya untuk mempromosikan falsafah yang masih relatif baru ini sampai dikenal di mana-mana, sejauh Roma dan Mesir. Sejak saat itu Ashoka, yang sebelumnya dikenal sebagai “Ashoka yang kejam” (Canda Ashoka) mulai dikenal sebagai sang “Ashoka yang Saleh” (Dharmâsoka).
Namun demikian, patronase nya menyebabkan perluasan Buddhisme di kekaisaran Maurya dan kerajaan lain selama pemerintahannya, dan di seluruh dunia dari sekitar 250 SM. Tokoh dalam penyebab ini adalah anaknya Mahinda (Mahendra) dan putri Sanghamitra (yang namanya berarti " teman dari Sangha "), yang didirikan Buddhisme di Ceylon (sekarang Sri Lanka).
Dharma Chakra / Ashoka Chakra atas empat singa.
Ia lalu mempromosikan aliran Buddha Wibhajyawada dan menyebarkannnya di dalam wilayahnya dan di seluruh dunia yang dikenal mulai dari 250 SM. Maharaja Ashoka bisa dikatakan adalah yang pertama dengan serius mengusahakan pembentukan satuan politik Buddha.
Dalam usahanya ini, ia dibantu oleh putranya Mahinda yang mulia dan putrinya Sanghamitta (yang berarti “mitra Sangha”) dan yang membawa agama Buddha ke Sri Lanka. Ashoka membangun ribuan stupa dan vihara bagi penganut Buddha. Stupa-stupa di Sanchi sangat termasyhur dan stupa bernama Sanchi Stupa I didirikan oleh Maharaja Ashoka. Selama sisa masa pemerintahannya, ia menganut kebijakan resmi anti-kekerasan ahingsa. Bahkan penyembelihan dan penyiksaan sia-sia terhadap hewan pun dilarang. Margasatwa dilindungi dengan undang-undang sang maharaja yang melarang pemburuan untuk olahraga dan pengisian waktu luang. Pemburuan secara terbatas diperbolehkan untuk maksud konsumsi namun Ashoka juga mempromosikan konsep vegetarianisme. Ashoka juga menaruh belas kasihan kepada para narapidana di penjara. Mereka diperbolehkan mengambil cuti, sehari dalam waktu setahun. Ia berusaja meningkatkan ambisi profesional rakyat jelata dengan membangun pusat-pusat studi yang mungkin bisa disebut universitas. Ia juga mengupayakan system irigasi bagi pertanian. Rakyatnya diperlakukan secara sama, apapun derajat, agama, haluan politik, ras, sukubangsa dan kasta mereka. Kerajaan-kerajaan di sekeliling wilayahnya yang sebenarnya mudah ditaklukkan ia buat sebagai sekutu yang terhormat.
Ashoka juga dipercayai membangun rumah-sakit untuk hewan dan merenovasi jalan-jalan utama yang menghubungkan daerah-daerah di India. Setelah perubahan dirinya, Ashoka dikenal sebagai Dhammashoka (bahasa Pali), artinya Ashoka, penganut Dhamma, atau Ashoka yang Soleh. Bentuknya dalam bahasa Sanskerta adalah Dharmâsoka. Ashoka kemudian mendefiniskan prinsip-prinsip dasar dharma (dhamma) sebagai tindakan anti-kekerasan, toleransi terhadap semua sekte atau aliran agama, dan segala pendapat, mematuhii orang tua, menghormati para Brahmana, guru-guru agama dan pandita, baik hati terhadap kawan, perlakuan manusiawi terahadap para pembantu, dan murah hati terhadap semua orang. Prinsip-prinsip ini menyinggung haluan umum etika berkelakuan terhadap sesama di mana tidak ada kelompok agama atau sosial yang bisa menentang.
Beberapa pengkritik perpendapat bahwa Ashoka takut akan adanya lebih banyak peperangan. Namun sebenarnya negara-negara tetangganya, termasuk kekaisaran Seleukus dan kerajaan-kerajaan Baktria-Yunani yang didirikan oleh Diodotus I, tidak ada yang bisa menyamai kekuatan Ashoka. Ashoka hidup pada masa yang sama dengan Antiochus I Soter dan penerusnya Antiochus II Theos dari dinasti Seleukus seperti begitu pula Diodotus I dan putranya Diodotus II dari kerajaan Baktria-Yunani. Jika prasasti-prasasti dan piagam-piagamnya dipelajari dengan teliti, maka bisa disimpulkan bahwa ia mengenal Dunia Helenistik tetapi tidak pernah kagum. Piagam-piagamnya yang membicarakan hubungan persahabatan, memberikan Antiochus dari kekaisaran Seleukus dan Ptolemeus III dari Mesir. Tetapi kemasyhuran kekaisaran Maurya sudah tersebar semenjak kakek Ashoka, Candragupta Maurya mengalahkan Seleucus Nicator, pendiri dinasti Seleukus.
Sumber banyak pengetahuan kita akan Ashoka adalah prasasti-prasasti yang banyak ditinggalkannya dan dipahatkannya di pilar-pilar dan batu-batu di seluruh wilayah kekaisarannya. Maharaja Ashoka juga dikenal sebagai Piyadasi (dalam bahasa Pali) atau Priyadarsi (dalam bahasa Sanskerta) yang berarti "berparas baik" atau "dikaruniai Dewa-Dewa dengan berkah baik". Semua prasastinya memiliki sentuhan kekaisaran dan menunjukkan rasa kasih sesama yang mendalam; ia menyapa rakyatnya dengan kata "anak-anakku". Prasasti-prasasti ini mempromosikan moral sesuai agama Buddha dan memberi semangat pada tindakan non-kekerasan serta keteguhan dalam melaksanan Dharma (kewajiban atau tindakan yang bajik). Prasasti-prasasti ini juga membicarakan ketenarannya dan negara-negara taklukkan serta juga negara-negara tetangga yang berusaha menghancurkannya. Informasi tentang peperangan Kalinga juga bisa didapatkan dan juga tentang sekutu-sekutu Ashoka. Lalu informasi mengenai pemerintahan sipil juga ada. Pilar-pilar Ashoka di Sarnath adalah peninggalan Asoka yang paling dikenal. Mereka dibuat dari batu granit dan merekam kunjungan Ashoka kepada maharaja Sarnath pada abad ke-3 SM. Pilar ini memiliki pucuk berbentuk empat kepala singa yang berdiri membelakangi satu sama lain. Lambang India modern adalah keempat singa ini. Singa selain melambangkan kekuasaan Ashoka, juga melambangkan sifat kerajaan sang Buddha (singa dianggap raja hutan yang merajai semua margasatwa dan Buddha adalah seorang pangeran mahkota). Dalam menerjamahkan teks-teks yang berada pada prasasti di pilar-pilar ini, para sejarawan bisa mempelajari banyak tentang Kekaisaran Maurya. Namun sulit apakah yang tertulis di situ benar semua atau tidak. Yang jelas ialah teks-teks ini menunjukkan kepada kita bagaimana maharaja Ashoka ingin dikenang.
Prasasti Bilingual (dalam bahasa Yunani dan bahasa Aram) oleh Raja Ashoka, ditemukan di Kandahar
Kata-kata Ashoka sendiri seperti diketahui dari piagam-piagamnya adalah:
"Semua orang adalah anakku. Aku seperti ayah mereka. Seperti seorang ayah menginginkan kebaikan dan kebahagian untuk anaknya, aku ingin supaya semua orang selalu bahagia." Edward D'Cruz mentafsirkan dharma maharaja Ashoka sebagai "agama yang dipakai sebagai lambang dari sebuah persatuan kekaisaran dan sebuah semen perekat untuk mempersatupadukan unsur-unsur heterogen dan berbeda-beda kekaisaran ini".
"Semua orang adalah anakku. Aku seperti ayah mereka. Seperti seorang ayah menginginkan kebaikan dan kebahagian untuk anaknya, aku ingin supaya semua orang selalu bahagia." Edward D'Cruz mentafsirkan dharma maharaja Ashoka sebagai "agama yang dipakai sebagai lambang dari sebuah persatuan kekaisaran dan sebuah semen perekat untuk mempersatupadukan unsur-unsur heterogen dan berbeda-beda kekaisaran ini".
Kematian dan warisannya.
Pilar Ashoka berdampingan dengan sebuah stupa di Kolhua, dekat Vaishali, di Bihar
Maharaja Ashoka memerintah selama 41 tahun, dan setelah mangkatnya, dinasti Maurya masih bertahan selama lebih dari 50 tahun. Ashoka memiliki banyak selir dan anak, namun nama-nama mereka tidaklah diketahui. Mahinda dan Sanghamitta adalah anak kembar yang dilahirkan istri pertamanya, Dewi di kota Ujjayini. Ia mempercayai mereka untuk menyebarkan agama Buddha di dunia yang dikenal dan tak dikenal. Mahinda dan Sanghamitta pergi ke Sri Lanka dan memasukkan Raja, Ratu dan rakyatnya agama Buddha. Mereka lalu berkeliling dunia sampai ke Mesir dunia Helenistik (Yunani). Sehingga mereka tidak bisa melaksanakan kewajiban pemerintahan. Beberapa arsip langka membicarakan penerus Ashoka bernama Kunal, yang merupakan putra Ashoka dari istri terakhirnya.
Masa kepemimpinan maharaja Ashoka bisa saja mudah menghilang dalam sejarah, dengan berselangnya abad, jika ia tidak meninggalkan arsip sejarah apa-apa. Kesaksian maharaja ini ditemukan dalam bentuk pilar-pilar dan batu-batu karang besar yang dipahati secara megah menjadi prasasti. Isinya adalah ajaran-ajaran dan tindakan-tindakan yang ingin ia sebar luaskan. Selain itu Ashoka juga mewariskan kita bahasa tertulis pertama di India setelah kota kuna Harrapa. Namun berbeda dengan di Harrapa, teks-teks Ashoka bisa kita pahami. Bahasa yang dipakai Ashoka dalam menuliskan teks-teks prasastinya adalah sebuah bentuk bahasa rakyat atau bahasa Prakerta/Prakrit dan bukan bahasa Sanskerta.
Pada tahun 185 SM, kurang lebih 50 tahun setelah mangkatnya Ashoka, penguasa Maurya terakhir, Brhadrata, dibunuh secara keji oleh panglima perang Maurya, Pusyamitra Sunga, saat ia sedang menginspeksi pasukannya. Pusyamitra Sunga lalu mendirikan dinasti Sunga (185 SM-78 SM) dan hanya memerintah sebagian wilayah Kekaisaran Maurya yang telah runtuh.
Baru hampir 2.000 tahun kemudian di bawah kepemimpinan Akbar yang Agung dan cicitnya (buyutnya) Aurangzeb, sebuah bagian besar anak benua India yang pernah diperintah Ashoka, dipersatukan lagi di bawah satu kepemimpinan. Tetapi akhirnya, orang Inggris di bawah Kekaisaran Britania Indialah yang menyatukan anak benua yang terpecah-belah ini menjadi sebuah satuan politik dan merintis jalan menuju munculnya kembali negara Bharata modern yang sembari memakai lambang Ashoka, diilhami oleh ajarannya yang penuh dengan rasa kepemimpinan kuat dan rasa kasih sesama.
Jejak Kebesaran Ashoka
Sang penulis Britania H. G. Wells menulis tentang Ashoka:
"Dalam sejarah dunia, ada ribuan raja dan kaisar yang menyebut diri mereka sendiri ‘Yang Agung’, ‘Yang Mulia’ dan ‘Yang Sangat Mulia’ dan sebagainya. Mereka bersinar selama suatu waktu singkat, dan kemudian cepat menghilang. Tetapi Ashoka tetap bersinar dan bersinar cemerlang seperti sebuah bintang cemerlang bahkan sampai hari ini"
(dalam bahasa Inggris: "In the history of the world there have been thousands of kings and emperors who called themselves 'Their Highnesses', 'Their Majesties' and 'Their Exalted Majesties' and so on. They shone for a brief moment, and as quickly disappeared. But Ashoka shines and shines brightly like a bright star, even unto this day").
Lambang modern Republik India "Dharma Chakra / Ashoka Chakra kini menjadi bagian dari bendera negara India.
Penyusun : Yohanes Gitoyo, S Pd.
Sumber :
Komentar
Posting Komentar