Benua Baru Ditemukan di Timur Australia, Namanya Zealandia.


Anda masih ingat, ketika di meja belajar SD ada pertanyaan : "Ada berapa benua di dunia?"

Anda pasti menjawab 5, yaitu : Benua Asia, Eropa, Afrika, Amerika, Australia. Kini jawaban tersebut perlu dicek lagi kebenaranya. Studi terbaru menyatakan bahwa telah ditemukan lagi 1 benua baru....

Pada tahun 2017, ahli geologi dari Selandia Baru, Kaledonia Baru dan Australia menyimpulkan bahwa Zealandia memenuhi semua persyaratan untuk dianggap sebagai benua yang tenggelam, bukan mikrokontinen atau fragmen benua.


Benua baru ditemukan di timur Australia, namanya Zealandia. Benua tersebut mencakup Selandia Baru dan Kaledonia Baru, wilayah yang selama ini dimasukkan sebagai anggota Benua Australia. Zealandia mempunyai luas sekitar 5 juta kilometer persegi.

Anda jangan buru-buru bermimpi untuk berwisata mengelilinginya. Sebab, 94 persen wilayah benua itu berada di bawah permukaan laut. Hanya Selandia Baru, Kaledonia Baru, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya yang ada di permukaan.


Zealandia (pengucapan: / z i l æ n d i ə / ), juga dikenal sebagai benua Selandia Baru atau Tasmantis, adalah hampir tenggelam fragmen benua yang tenggelam setelah melepaskan diri dari Australia 60-85 Ma (juta tahun ) lalu, setelah lepas dari Antartika antara 85 dan 130 Ma lalu. Nama dan konsep untuk Zealandia yang diusulkan oleh Bruce Luyendyk pada tahun 1995.

Massa tanah mungkin telah benar-benar tenggelam sekitar 23 Ma lalu, dan sebagian besar (93%) masih terendam di bawah Samudera Pasifik .

Dengan total luas sekitar 4.920.000 km 2 itu adalah saat terbesar di dunia mikrokontinen , lebih dari dua kali ukuran mikrokontinen terbesar berikutnya dan lebih dari setengah ukuran benua Australia .

Dengan demikian, dan karena pertimbangan geologi lainnya, seperti ketebalan kerak dan kepadatan, hal ini bisa dibilang sebuah benua dalam dirinya sendiri.  Ini adalah argumen yang membuat berita pada tahun 2017, ketika ahli geologi dari Selandia Baru , Kaledonia Baru dan Australia menyimpulkan bahwa Zealandia memenuhi semua persyaratan yang diperlukan untuk dianggap sebagai benua, bukan mikrokontinen atau fragmen benua.

Zealandia memiliki ketebalan kerak benua mulai dari 10-30km, mendapatkan hingga lebih dari 40 km di bawah bagian dari Pulau Selatan. Sementara sebagian besar adalah lebih tipis daripada khas 30-46km dari sebagian besar benua, itu adalah di mana-mana lebih tebal dari kerak cekungan laut, yaitu sekitar 7km.

Zealandia sebagian besar terdiri dari dua pegunungan hampir paralel, dipisahkan oleh gagal keretakan , dimana pecahnya keretakan benua berhenti dan menjadi penuh graben . Punggung naik di atas dasar laut ke ketinggian dari 1.000-1.500 m (3,300-4,900 ft), dengan berbatu jarang pulau naik di atas permukaan laut . Punggung adalah benua rock, tetapi lebih rendah di ketinggian dari benua normal karena mereka kerak tipis dari biasanya, sekitar 20 km (12 mil) tebal, dan akibatnya mereka tidak melayang tinggi di atas Bumi mantel .

Sekitar 25 Ma lalu, bagian selatan Zealandia (dari Lempeng Pasifik ) mulai bergeser relatif terhadap bagian utara (dari Lempeng Indo-Australia ). Perpindahan yang dihasilkan oleh sekitar 500 km (310 mil) di sepanjang Alpine Sesar jelas dalam peta geologi. Gerakan sepanjang batas lempeng ini juga mengimbangi New Caledonia Basin dari kelanjutan sebelumnya melalui Bounty Trough .

Kompresi di batas telah terangkat Alpen Selatan , meskipun karena erosi yang cepat tinggi badan mereka mencerminkan hanya sebagian kecil dari pengangkatan tersebut. Lebih jauh ke utara, subduksi dari Lempeng Pasifik telah menyebabkan vulkanisme yang luas, termasuk Coromandel dan Taupo Vulkanik Zona . rifting terkait dan subsidence telah menghasilkan Hauraki Graben dan baru-baru Whakatane Graben dan Wanganui Basin.

Vulkanisme di Zealandia juga telah terjadi berulang kali di berbagai bagian dari fragmen benua sebelum, selama dan setelah dibelah jauh dari superbenua Gondwana . Meskipun Zealandia telah bergeser sekitar 6.000 km (3.700 mil) di barat laut sehubungan dengan mendasari mantel dari waktu ketika dibelah dari Antartika, berulang pameran vulkanisme intracontinental magma komposisi mirip dengan gunung berapi di bagian sebelumnya yang berdekatan dari Antartika dan Australia.


Vulkanisme ini tersebar luas di seluruh Zealandia tetapi umumnya volume rendah selain dari pertengahan besar untuk akhir Miosen gunung berapi perisai yang mengembangkan Bank dan Otago Semenanjung . Selain itu, berlangsung terus menerus di berbagai daerah yang terbatas sepanjang Kapur Akhir dan Kenozoikum . Namun, penyebabnya masih dalam sengketa. Selama Miosen , bagian utara Zealandia ( Lord Howe Kebangkitan ) mungkin telah meluncur di stasioner hotspot , membentuk rantai Lord Howe Seamount .
Kaledonia Baru terletak di ujung utara benua kuno, sementara Selandia Baru naik pada batas lempeng yang membagi itu. Daratan ini adalah dua pos-pos dari Antartika Flora , termasuk Araucarias dan Melur . Pada Curio Bay , log dari fosil hutan berkaitan erat dengan yang modern Kauri dan Norfolk Pine dapat dilihat yang tumbuh di Zealandia sekitar 180 juta tahun yang lalu selama Jurassic periode, sebelum memisahkan diri dari Gondwana. Benua ini dikuburkan oleh arus lumpur vulkanik dan secara bertahap digantikan oleh silika untuk menghasilkan fosil sekarang terpapar oleh laut.

Zealandia sebagai benua bukan gagasan baru. Geolog Bruce Luyendyk pada tahun 1995 pernah mencetuskannya.


Namun, saat itu Zealandia baru memenuhi tiga syarat untuk dinyatakan benua, yaitu mempunyai keragaman batuan, relatif cukup tinggi terhadap dasar laut, dan mempunyai kerak dengan densitas lebih rendah dibanding lautan sekitarnya.

Penelitian terbaru dengan metode pemetaan gravitasi dan satelit memberi penguat. Geolog Selandia Baru, Nick Mortimer, dan timnya menyatakan, Zealandia mempunyai luas yang cukup besar untuk dinyatakan sebagai benua.

Publikasi Mortimer di GSA Today, Kamis (16/2/2017), menjadi makalah pertama yang mengajukan Zealandia sebagai benua.

"Kami harap ini memberikan lampu hijau pada subyek itu (menyebut Zealandia sebagai benua)," katanya seperti dikutip Sydney Morning Herald, Kamis.


Perdebatan benua

Ninety-four percent of Zealandia is under the sea.

Zealandia diduga terpisah dari benua raksasa kuno, Gondwana, 200 juta tahun lalu. 

Awalnya, seluruh bagian benua berada di atas permukaan laut. Namun, 85-80 juta tahun lalu, sejumlah bagian benua itu mulai tenggelam dan akhirnya kini hanya 6 persen yang berada di permukaan laut.

Meski memenuhi kriteria, mungkin Anda masih bertanya-tanya mengapa Zealandia disebut benua.

Tak mudah untuk menjelaskannya. Sebab, hingga kini belum ada kesepakatan dari lembaga tertentu yang bertugas menetapkan suatu massa daratan sebagai benua. Banyak kontroversi.

Contohnya, geografi menyebut Eropa dan Asia sebagai benua terpisah.

Namun, secara geologis, banyak pula pakar yang menyebut keduanya merupakan satu benua karena sebenarnya satu kesatuan.

"Manfaat publikasi baru ini sebenarnya menunjukkan ketidakkonsistenan kita menggunakan istilah benua," kata Brendan Murphy, geolog dari St Francis Xavier University di Kanada, seperti dikutip Nature, kemarin.

Video : "New Continent Zealandia Is Discovered Underwater"

Namun, terlepas dari kontroversi itu, pernyataan Zealandia sebagai benua akan membantu ahli biogeografi untuk mempelajari biodiversitas serta memberi kesempatan kepada geolog untuk mempelajari pembentukan benua.

Penyusun : Yohanes Gitoyo, S Pd.
Sumber :
  • http://www.stuff.co.nz/science/89508997/New-Zealand-actually-sits-on-a-continent-called-Zealandia-its-just-that-most-of-it-is-under-water
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Zealandia_(continent)
  • http://sains.kompas.com/read/2017/02/17/18540791/benua.baru.ditemukan.di.timur.australia.namanya.zealandia, Jumat, 17 Februari 2017 | 18:54 WIB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Jika Naga Hidup di Dunia Nyata, Bagaimana Cara Mereka Semburkan Api?