Inilah 16 Akibat Yang Akan Terjadi Pada Tubuh Anda, Jika Anda Berolahraga Secara Berlebihan (Overtraining)!

 Ungkapan no pain, no gain, memang kerap sukses menjadi motivasi, 
namun di sisi lain juga dapat membahayakan jika diterapkan dengan berlebihan!

Berolahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Namun, jika dilakukan secara berlebihan juga tidak baik. Berikut yang akan terjadi pada tubuh apabila terlalu memforsir olahraga.

Olahraga teratur seharusnya meningkatkan massa otot dan menurunkan lemak tubuh. Namun bila berlebihan, justru dapat menyebabkan kekuatan berkurang dan meningkatkan lemah tubuh. Inilah cara tubuh memohon untuk beristirahat.

Dua studi yang dilakukan baru-baru ini, mengungkapkan akibat dari olahraga berlebihan dan membuat para penggemar olahraga untuk lebih santai dan menahan diri. 
  • Pertama adalah studi yang dilakukan oleh University of Utah di Salt Lake City yang telah mengidentifikasi reaksi biokimia yang menyebabkan rasa sakit pada otot dan rasa lelah saat Anda berolahraga.
  • Kedua yang dilakukan oleh Loyola University Medical Centerdi Maywood menunjukkan bahwa atlit-atlit muda dan berpenghasilan besar yang melakukan olahraga spesialisasi dapat mengalami cedera karena terlalu sering berolahraga dibandingkan para atlit yang berpenghasilan lebih sedikit. Ungkapan no pain, no gain, memang kerap sukses menjadi motivasi, namun di sisi lain juga dapat membahayakan jika diterapkan dengan berlebihan.

Menurut Corey Strenstrup, seorang pelatih kebugaran di IMG Academies, Amerika Serikat, seorang pelari maraton pun memerlukan waktu untuk pulih dari kelebihan stresnya.

Olahraga setidaknya 30 menit sebanyak 5 kali dalam seminggu sudah memberikan manfaat besar bagi kesehatan.

Namun, menurut pakar kesehatan Dr. Natalie Azar, setiap orang memiliki kebutuhan olahraga yang berbeda-beda, tergantung kondisi fisik, berat badan, atau tujuan berolahraga.


Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), pedoman olahraga untuk orang dewasa merekomendasikan setidaknya 150 menit per minggu untuk olahraga ringan, atau 75 menit per minggu untuk olahraga intensitas tinggi. Lebih dari itu, olahraga yang berlebihan justru dapat membahayakan kesehatan.

Untuk menghindari efek buruk olahraga berlebihan, Natalie merekomendasikan Anda untuk berhenti berolaharaga setidaknya 2-3 hari bila mengalami tanda-tanda ini:

  • Osteoarthritis
Juga disebut sebagai penyakit degenerasi sendi, osteoarthtritis menyebabkan pembengkakan sendi-sendi di dalam tubuh. Salah satu dari beberapa faktor berisiko yang kemungkinan berkontribusi pada kondisi kesehatan adalah terlalu banyak olahraga.

  • Peningkatan denyut jantung istirahat. 
Saat berolahraga, detak jantung secara sementara akan bertambah. Olahraga berlebihan dapat menyebakan jantung dipaksa untuk kembali ke detak yang normal. Terlebih lagi, ada risiko yang mengintai Anda mengalami serangan jantung saat berolahraga jika Anda memang diketahui memiliki masalah dengan jantung.

Ketika kita menempatkan lebih banyak tekanan pada jantung, maka ia harus bekerja lebih keras. Bila denyut 50 denyut per menit menjadi 65 denyut per menit, itu tandanya tubuh mengalami stres berlebihan.

  • Rasa sakit pada otot yang berkelanjutan. 
Nyeri otot terus-menerus yang berlangsung selama beberapa jam atau hari setelah latihan adalah tanda melakukan olahraga melebihi dari yang seharusnya dan anda membutuhkan lebih banyak istirahat, demikian menurut Joseph Ciccone, seorang terapis fisik di Sports Therapy Columbia Doctors Eatside di New York City.

Sendi, tulang, dan anggota tubuh kemungkinan akan mulai terasa sakit ketika ada otot-otot yang digunakan secara berlebihan. Baik Anda memilih latihan kekuatan atau cardio, pastikan tubuh Anda mempunya waktu untuk beristirahat dan menyegarkan diri kembali.

  • Membuat badan lelah, tidak berenergi
Tentu saja Anda akan merasa capek sesaat setelah olahraga. 
Usai berolahraga Anda merasa sangat lelah, bukannya berenergi. Kelelahan yang parah ditandai dengan napas terengal-engal, terlalu lelah untuk melakukan aktivitas lain, serta rasa nyeri yang mengganggu aktivitas harian. Jika Anda mulai merasa lelah sepanjang hari dan sulit bergerak, itu bisa menjadi dampak dari olahraga berlebihan.

Kemudian, selain merasa seperti zombie, Anda juga sulit tidur di malam hari. Pada akhirnya, Anda memiliki perasaan lelah terus menerus, seolah-olah itu terprogram di tubuh Anda.

Waktu pemulihan nyeri olahraga menjadi lama. Nyeri otot akibat olahraga umumnya akan berangsur pulih dalam waktu 2-3 hari. Namun, bila nyeri terjadi berkepanjangan tandanya Anda perlu beristirahat.

  • Sakit punggung
Olahraga berlebihan dapat membuat otot-otot punggung bekerja berlebihan juga dan menyebabkan tekanan yang tidak diinginkan pada tulang punggung, yang menyebabkan sakit di bagian punggung.


  • Sistem kekebalan tubuh melemah
Olahraga berlebihan yang berkepanjangan, dapat menempatkan kita pada risiko kesehatan. Peradangan kronis, misalnya, yang akhirnya dikaitkan pada diabetes, penyakit jantung, dan kanker. Intinya, berikan tubuh sebanyak-banyaknya dan layak istirahat setelah latihan yang sulit.

Jika Anda kerap jatuh sakit akibat influenenza, pilek musiman, atau penyakit-penyakit minor lainnya, olahrga berlebihan bisa jadi adalah penyebabnya. Olahraga berlebihan dapat menekan sistem kekebalan  tubuh, menyebabkan tubuh sering terserang infeksi yang disebabkan oleh virus.

  • Kesehatan mental
Olahraga dan aktivitas fisik memainkan peranan penting dalam membentuk image tentang diri Anda dan hidup Anda secara keseluruhan. Menurut beberapa studi, olahraga berlebihan dapat menyebabkan kesehatan mental yang buruk, bahkan kadang menyebabkan depresi.

  • Masalah menstruasi
Wanita yang berolahraga berlebihan akan mengalami periode menstruasi yang kurang teratur. Siklus menstruasi mereka bisa saja berlebihan atau hilang sama sekali. Jika Anda mengalaminya, cobareview kembali status gizi, pengaturan olahraga, dan kesehatan menyeluruh jika berada dalam kondisi semacam ini.

  • Tidak mengalami kemajuan
Untuk beberapa waktu, aktivitas fisik yang Anda lakukan terus berkembang. Namun, saat ini, semuanya berhenti dan semakin buruk. Jika begitu kasusnya, ada kemungkinan Anda terlalu memaksakan diri dan tidak memberikan istirahat saat sesi olahraga.

Percaya atau tidak, tubuh justru menjadi lebih kuat selama masa pemulihan. Jika Anda berolahraga secara berlebihan dan tidak memberikan waktu baginya untuk berhenti sejenak, kebiasaan itu justru membuat tubuh semakin lemah.

Kelelahan mental atau fisik adalah tanda ciri overtraining. Reaksi spontan kelesuan adalah latihan untuk meningkatkan energi. Latihan lain mungkin membangunkan energi dalam jangka pendek, tetapi bisa jadi lebih buruk di kemudian hari.

  • Penurunan kinerja. 
Olahraga berlebihan membuat tenaga Anda terkuras. Mental dan fisik yang kelelahan dapat mempengaruhi Anda dalam beberapa cara. Rutinitas olahraga yang cukup sulit akan menyebabkan tubuh Anda tidak sempat beristirahat, membuat Anda kelelahan, capek, dan tiada tenaga tersisa untuk melakukan aktivitas lainnya. Jika berlanjut, Anda dapat mengembangkan sindrom kelelahan kronis.

Penurunan kinerja latihan adalah salah satu dari tanda-tanda berlebihan, menurut Jini Cicero, spesialis pendingin yang berbasis di Los Angeles, California. Perubahan ini terlihat jelas dalam lari, berenang, dan bersepeda.


  • Ketidaktertarikan dalam latihan. 
Penurunan yang signifikan dalam motivasi atau kenikmatan aktivitas menjadi tanda utama kelelahan. Ini lebih sering terjadi pada atlet angkat besi, pelari, atau pemain sepak bola yang didorong oleh kecepatan dan kekuatan.

  • Perubahan mood.
Olahraga seharusnya memberikan Anda lonjakan hormon baik endorfin, bukan? 
Depresi, kemarahan, kebingungan, kecemasan, dan mudah tersinggung umum terjadi pada tubuh ketika tertekan secara fisik. Hormon stres dilepaskan ketika secara fisik kelebihan beban.

Perubahan mood cenderung negatif usai olahraga, seperti mudah marah atau tersinggung, serta tidak fokus dan banyak bingung. 

Namun, saat olahraga terlalu sering, tubuh Anda akan kelelahan dan tidak mendapat tidur yang cukup. Itu akan memengaruhi mental dan membuat Anda jadi mudah marah.


Jika mulai merasakan hal tersebut, tanyakan pada diri sendiri apa ada yang salah dengan pola olahraga Anda.

  • Gangguan makan
Mereka yang kecanduan berolahraga hanya punya satu tujuan di benak mereka, bugar. Dan dalam rangka mencapai tujuan itu, mereka akhirnya mengalami gangguan makan seperti bulimia dan anoreksia.

  • Berat badan naik
Ketika berolahraga berlebihan, Anda akan memproduksi hormon stres bernama kortisol yang melakukan banyak hal buruk pada tubuh Anda, termasuk mengganggu metabolisme.

Jika metabolisme tidak bekerja dengan baik, tubuh juga membakar kalori sebanyak yang seharusnya. Selain itu, stres membuat kita ingin mengonsumsi makanan manis – resep utama penambah berat badan.

Jika kita kehilangan berat badan tapi melihat peningkatan lemak tubuh, ini bisa berarti kita berada di tahap akhir latihan yang berlebihan. Tubuh merespon stres berkepanjangan itu dengan meninggikan kadar hormon stres, termasuk kortisol. Seiring waktu ini akan menyebabkan peningkatan penyimpangan jaringan adiposa, serta menghambat hormon steroid seperti yang biasanya membantu meningkatkan otot. Penurunan massa otot dapat menyebabkan kita berkurang beberapa kilogram, tapi ini bukan hal yang baik karena itu berarti tubuh kurang efisien dalam membakar lemak.

  • Susah tidur.
Ketika tubuh dipaksa beraktivitas secara berlebihan makan anda berisiko besar mengalami kesulitan tidur bahkan insomnia. Ketika otot-otot Anda bekerja berlebihan, Anda akan mulai gelisah dan kesulitan untuk dapat tidur pulas.

Berada dalam keadaan berlebihan sering mengganggu pola tidur, bukan hanya istirahat saja yang dibutuhkan, tapi kita menjadi gelisah dan tidak bisa tidur. Anda tidak dapat tidur atau Anda tidak bisa mendapatkan cukup tidur.

  • Nafsu makan berkurang. 
Penurunan nafsu makan dapat terjadi pada tahap selanjutnya dari overtraining. Dan sejalan dengan perasaan kelelahan dan kurangnya motivasi. Dengan memperlambat proses tubuh seperti metabolisme, tubuh berusaha untuk memaksa pengurangan beban kerja.

Penyusun : Yohanes Gitoyo
Sumber : 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Jika Naga Hidup di Dunia Nyata, Bagaimana Cara Mereka Semburkan Api?