Inilah Alasan Penting Di Balik Aturan Mematikan Ponsel Selama Penerbangan.


Mungkin semua orang tahu bahwa handphone dan gadget harus dimatikan atau diubah ke airplane mode. Aturan tersebut pun sesuai dengan instruksi Direktur Keselamatan Penerbangan Ditjen Perhubungan Udara, Kementeria Perhubungan melalui surat No. AU/4357/DKP.0975/2003 tentang larangan penggunaan ponsel di dalam pesawat udara, sebagai instruksi larangan lanjutan yang diterbitkan FAA (Badan Penerbangan Federal AS) sejak 1991. 

Artinya, semua penerbangan di seluruh dunia menerapkan aturan tersebut, tanpa kecuali. Kebanyakan orang mematuhi aturan tersebut, meski masih ada yang bandel dan tidak mematuhinya. Lantas, seberapa penting mematikan ponsel selama penerbangan? 

Pilot bernama Nikita Schmidt mengatakan, ponsel dapat mengganggu pilot dan pengendali lalu lintas udara. "Anda mungkin pernah mendengar suara memekakkan dari sistem audio ketika diletakkan berdekatan dengan ponsel. Nah, emisi radio telepon bisa sangat kuat hingga 8W dan bisa menyebabkan kebisingan," katanya dilansir Forbes. 

"dddtt.. ddtt.. ddtt.. Saya benar-benar mendengar suara seperti ini di radio ketika terbang. Ini bukan masalah keamanan kritis, tapi sangat mengganggu," ungkapnya, Nikita menjelaskan, jika misalnya ada 50 orang yang tetap menyalakan gawai, maka akan ada lima puluh ponsel yang terus mencari menara seluler dengan daya maksimum. 

Hal ini kemudian akan mengakibatkan polusi radio di pesawat dan semakin mengganggu jalannya penerbangan. 


"Dengan mengalihkan ponsel ke mode pesawat atau mematikannya, Anda telah membantu orang lain yang sedang melaksanakan pekerjaannya," tutupnya. 

Video : "Why Can't You Use Phones on Planes?"

Berkaitan dengan penggunaan ponsel di dalam pesawat, Telegraph melaporkan pada Januari 2018 ada dua insiden serius di mana ponsel memainkan peran. 
  • Pertama, kecelakaan pesawat Crossair di Swiss tahun 2000 yang berlum terpecahkan. Saat itu terjadi transmisi palsu yang membingungkan pilot. 
  • Kedua, kecelakaan fatal di Christchurch, Selandia Baru pada 2003. 

Kejadian ini termasuk yang paling ekstrem. 

Penulis : Gloria Setyvani Putri
Editor : Gloria Setyvani Putri
Sumber : Telegraph, Forbes, dikutip dari : sains.kompas.com, 31 Oktober 2018, 21:32 WIB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Jika Naga Hidup di Dunia Nyata, Bagaimana Cara Mereka Semburkan Api?