Kenapa Anak-anak Muda Kita Ikut-ikutan Gabung Geng Motor ?

4 kelompok Geng Motor Terbesar di Bandung.

Anak-anak yang bergabung dalam geng motor umumnya berasal dari keluarga mapan atau orangtuanya punya jabatan. Selebihnya pemuda pengangguran. Sosiolog dari Universitas Hasanuddin Profesor Tahir Kasnawi mengatakan anak-anak bergabung dengan geng motor karena merasa tidak terurus dalam lingkungan keluarga. Seperti, karena kesibukan orang tua dan ketidakharmonisan keluarga membuat anak memberontak.

Sebagai pelampiasannya, mereka melalui jalan keras yakni membangun kebersamaan dengan bergabung di geng motor. Mereka akan merasakan kesenangan dalam komunitas keras itu,” kata Kasnawi saat dihubungi Tempo, Kamis 19 April 2012.

Umumnya mereka masih di bawah usia yang dianggap dewasa. Ini menunjukkan orang tuanya tidak punya hubungan fungsional terhadap anaknya.

Biasanya bila anggota geng motor yang berasal dari keluarga pejabat dan terlibat kasus pidana, cepat dibebaskan. "Aparat tidak tegas menindak mereka karena dari keluarga yang punya kedudukan. Sehingga mudah dibebaskan,” kata Kasnawi menjelaskan. 


Beberapa waktu lalu, Ibrahim, mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) tewas dikeroyok anggota geng motor di Jalan Sungai Saddang Baru. Korban mengalami sejumlah luka serius. Kepala bagian belakang Ibrahim robek dihantam benda tumpul, tangan korban juga terkena anak panah. Salah satu anggota geng motor yang diduga terlibat dalam pengeroyokan itu adalah anak anggota Dewan Sulawesi Selatan.

Penulis : Sahrul
Sumber : http://www.tempo.co/, Sabtu, 21 April 2012, 04:45 WIB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Jika Naga Hidup di Dunia Nyata, Bagaimana Cara Mereka Semburkan Api?