Mengenal Kapal Tempur Siluman ( Stealth ship )
Kapal siluman adalah sebuah kapal yang menerapkan teknologi siluman ( Stealth ) dalam hal teknik konstruksi dalam upaya untuk memastikan bahwa kapal lebih sulit untuk dideteksi oleh satu atau lebih dari radar , visual, sonar , dan metode inframerah. Teknik-teknik ini meminjam dari teknologi pesawat siluman , meskipun beberapa aspek seperti bangun ruang dan maupun pengurangan acoustic signature dengan menciptakan desain kapal yang unik.
Pengurangan radar cross section (RCS), visibilitas dan kebisingan asing lagi untuk desain sebuah kapal siluman; masking visual telah digunakan selama lebih dari dua abad dan jejak pengurangan RCS kembali ke kapal Amerika dan Soviet dari Perang Dingin . Salah satu fitur umum adalah inward-miring tumblehome lambung kapal yang didesain khusus untuk mengurangi RCS.
Beberapa kapal permukaan menggunakan teknologi siluman, antara lain :
- Korvet Kelas Visby : Swedia
- Fregate Kelas Zeven Provinciën : Belanda
- Korvet kelas MİLGEM : Turki
- Kapal Patroli Skjold : Norwegia
- Fregate kelas French La Fayette : Perancis
- Kapal Berpeluru kendali Houbei dan Fregat Tipe 054 : China
- Korvet kelas MEKO ships Braunschweig dan Fregat Kelas Sachsen : German
- Fregat kelas Shivalik : India
- Fregat kelas Formidable : Singapura
- Kapal Tempur Penghancur Tipe 45 : Inggris
- Kapal Tempur Penghancur U.S. Navy's Zumwalt : Amerika Serikat
- Kapal Berpeluru kendali Hamina : Finlandia
- Kapal Vessel PZM dengan basis Kapal Jerman OPV80 : Chili
Bentuk Kapal
Dalam merancang sebuah kapal dengan mengurangi radar signature, perhatian utama adalah radar beams yang berasal dekat atau sedikit di atas cakrawala (seperti terlihat dari kapal) yang berasal dari pesawat patroli jauh, kapal lain atau laut-menggelapkan (sea-skimming anti-ship missiles) rudal anti kapal dengan radar pencari aktif (active radar seekers).
Oleh karena itu, bentuk kapal menghindari permukaan vertikal, yang sempurna akan mencerminkan sinar tersebut langsung kembali ke emitor. Retro-reflektif sudut kanan dieliminasi untuk menghindari menyebabkan mata kucing berlaku. Bentuk kapal diam-diam dapat dicapai dengan membangun lambung dan suprastruktur dengan serangkaian sedikit menonjol dan retruding permukaan. Desain ini dikembangkan oleh beberapa Jerman galangan kapal, dan dengan demikian luas diterapkan pada kapal-kapal dari Angkatan Laut Jerman .
Penulis : Yohanes Gitoyo, S Pd.
Sumber : dari berbagai sumber.
Komentar
Posting Komentar