TIPS BATERAI LAPTOP SUPAYA LEBIH AWET

ARTIKEL TEKNOLOGI




Baterai adalah salah satu bagian yang esensial di laptop. Bayangkan laptop harus selalu membutuhkan catu daya listrik setiap kali dihidupkan. Tentu nilai guna laptop agak berkurang.
Untuk itulah diperlukan sedikit pengetahuan untuk dapat memaksimalkan daya tahan baterai laptop kita. Nova Milyard, pemilik Dokter Laptop memberikan tips merawat baterei laptop biar awet .
  1. Perhatikan pengecasan baterai, ketika ngecharge batere upayakan hingga penuh 100 persen.
  2. Charge baterai sesegera mungkin jangan sampai kehabisan sama sekali, ini akan mengurangi kapasitas baterai.
  3. Lepaskan baterai dari laptop jika tidak menggunakan laptop dalam waktu yang lama.
  4. Tancapkan langsung ke adaptor charger jika memang akan bekerja dalam waktu yang cukup lama. Karena baterai model baru saat ini sudah dilengkapi dengan teknologi proteksi otomatis apabila baterai sudah penuh, jadi lebih aman.
  5. Aturlah power daya baterai yang anda gunakan melalui power option. Di sini terdapat pilihan untuk untuk mengatur power laptop, kapan layar akan mati, kapan laptop akan stand by dan lain-lain.
  6. Gunakan screen savers ‘Blank’, Screen saver bisa menguras baterai, oleh karena itu gunakan screen saver ‘Blank’. Bila kita aktivkan screen saver Blank berarti kita telah mengatur layar akan mati bila tidak diperlukan.
  7. Kurangi brightness, LCD akan memakan daya baterai. Oleh karena itu Anda disarankan untuk mengurangi brightness laptop seminimal mungkin namun tetap nyaman dipandang mata.
  8. Kurangi resolusi, kurangilah resolusi layar dan jumlah warna yang digunakan di laptop, karena ini akan memakan energi baterai juga.
  9. Hindar Multi Tasking, ketika kita mengerjakan sesuatu seringkali kita banyak membuka program-program yang kadang tidak kita butuhkan.
  10. Matikan Wi-Fi, jika tidak sedang memanfaatkan akses nirkabel atau internet matikan Wi-Fi, karena WiFi akan selalu mencari sinyal yang tentu akan memakan energi baterai.
  11. Gunakan DVDRW drive bila perlu, ketika DVDRW bekerja maka akan banyak memakan konsumsi daya listrik, maka dari itu hindari penggunaan yang tidak perlu.
  12. Hindari panas, baik itu panas dari sinar matahari langsung, dalam ruang atau dalam mobil, maupun panas yang dihasilkan dari kerja laptop. 
Sumber : http://bangtain.wordpress.com, 7 Maret 2007 diakses 5 April 2011, 06:25 WIB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Jika Naga Hidup di Dunia Nyata, Bagaimana Cara Mereka Semburkan Api?