Senin, 28 Februari 2011

Misteri Tahun Kabisat

ARTIKEL UMUM
Penyusun : Yohanes Gitoyo, S Pd.


Hari ini tanggal 28 Februari 2011, merupakan satu momen yang sangat istimewa, bulan ini hanya berusia 28 hari. Dan bagi kita seorang pegawai tanggal 1 awal bulan merupakan momen yang sangat yang ditunggu-tunggu : GAJIAN !

Namun bukan hal itu yang akan kita bahas saat ini, yang akan kita bahas saat ini adalah momen istimewa yang disebut sebagai TAHUN KABISAT. Apakah Tahun Kabisat itu ? menurut Wikipedia ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia : adalah sebuah Tahun Syamsiah di mana pada tahun tersebut jumlah hari tidak terdiri dari 365 hari tetapi 366 hari. Tahun Syamsiah adalah penanggalan / kalender yang dibuat berdasarkan peredaran Matahari. Satu tahun syamsiah tidak secara persis terdiri dari 365 hari, tetapi 365 hari, 5 jam, 48 menit dan 45,1814 detik. Jika hal ini tidak dihiraukan, maka setiap empat tahun akan kekurangan hampir satu hari. Secara lebih mudah semua tahun yang habis dibagi 4. Sedangkan pada tahun yang tidak habis dibagi 4 disebut sebagai Tahun Umum (common year).

Contoh :
    2011 : 4 = 502,75  bukan tahun kabisat, tahun umum
    2012 : 4 = 503,00  adalah tahun kabisat
    2013 : 4 = 503,25  bukan tahun kabisat, tahun umum
    2014 : 4 = 502,50  bukan tahun kabisat, tahun umum
    2015 : 4 = 503,75  bukan tahun kabisat, tahun umum
    2016 : 4 = 504,00  adalah tahun kabisat
    2017 : 4 = 502,50  bukan tahun kabisat, tahun umum

Tahun Kabisat dalam bahasa Inggris disebut Leap Year, pada tahun itu pada Bulan Februari memiliki jumlah hari 29 hari. 

Tahun Kabisat Yang Pada Sistim Penanggalan Lain
  1. Kalender Gregorian, kalender standar saat ini di sebagian besar dunia, tahun yang paling yang merata dibagi dengan 4 merupakan tahun kabisat. Dalam setiap tahun kabisat, bulan Februari memiliki 29 hari bukan 28. Menambahkan satu hari ekstra untuk kalender setiap empat tahun mengkompensasi fakta bahwa jangka waktu 365 hari lebih pendek dari tahun matahari hampir 6 jam.
  2. Kalender Julian menambahkan satu hari ekstra untuk Februari di tahun merata dibagi oleh empat
  3. Kalender Koptik dan Ethiopia kalender juga menambahkan satu hari ekstra sampai akhir tahun setiap empat tahun sebelum masa 29 hari Februari Julian.
  4. Dalam Kalender Ibrani (kalender lunisolar), 13 bulan ditambahkan tujuh kali setiap 19 tahun untuk dua belas bulan lunar di tahun-tahun yang umum untuk menjaga tahun kalender dari hanyut melalui musim terlalu cepat. Bulan ini ekstra disebut Adar Alef ( Adar pertama ) = (first Adar ) dan ditambahkan sebelum Adar , yang kemudian menjadi Adar Taruhan ( Adar kedua ) = (second Adar). Menurut siklus Metonik , hal ini dilakukan tujuh kali setiap sembilan belas tahun (khususnya, di tahun 3, 6, 8, 11, 14, 17, dan 19). Hal ini untuk memastikan bahwa Pesah (Paskah) selalu di musim semi seperti yang dipersyaratkan oleh Taurat (Pentateukh) dalam banyak ayat [6] yang berkaitan dengan Pesah.
  5. Kalender Cina adalah lunisolar , sehingga tahun kabisat memiliki bulan tambahan, sering disebut bulan embolis setelah kata Yunani untuk itu. Dalam kalender Tiongkok bulan lompatan ( leap month ) ditambahkan sesuai dengan aturan yang rumit, yang memastikan bahwa 11 bulan selalu bulan yang berisi utara musim dingin solstice . Bulan kabisat mengambil nomor yang sama dengan bulan sebelumnya, misalnya, jika mengikuti bulan kedua (二月) maka itu hanya disebut "lompatan bulan kedua" ( Cina disederhanakan : 二月闰; Cina tradisional : 二月闰; pinyin : rùn'èryuè).
  6. Kalender Islam tidak memiliki hari lompatan biasa, meskipun keduanya memiliki bulan lunar yang berisi 29 atau 30 setiap hari tanpa urutan jelas. Namun, kalender Islam tabular digunakan oleh para astronom Islam selama Abad Pertengahan dan masih digunakan oleh beberapa umat Islam tidak memiliki lompatan hari biasa ditambahkan ke bulan terakhir dari tahun lunar dalam 11 tahun dari tahun siklus 30.
  7. Kalender Hindu , yang merupakan kalender lunisolar , bulan embolis disebut Adhika maasa (bulan tambahan). Ini adalah bulan di mana matahari berada dalam tanda yang sama dari zodiak bintang pada dua bulan berturut-turut gelap. Maasa Adhika terjadi sekali setiap dua atau tiga tahun, kompensasi untuk sedikit sekitar sebelas hari per tahun dalam dua belas bulan lunar dari kalender solar . Dengan demikian, festival Hindu cenderung terjadi dalam rentang tertentu kalender Gregorian. Kalender Hindu juga dikenal sebagai Vikram Samvat digunakan di Nepal sebagai National Kalender. Semua pekerjaan resmi dilakukan berdasarkan kalender ini. Kalender diikuti di beberapa bagian India Selatan (terutama di Tamil Nadu) adalah matahari . Memiliki tahun kabisat setiap empat tahun.
  8. Kalender Iran juga memiliki hari tambahan sekali dalam setiap empat tahun, tetapi setiap 33 tahun atau sehingga tahun kabisat akan lima tahun terpisahbukan empat tahun terpisah. Sistem yang digunakan adalah lebih akurat dan lebih rumit, dan didasarkan pada waktu equinox Maret seperti yang diamati dari Teheran . The-tahun periode 33 tidak sepenuhnya teratur, sehingga sering siklus 33 tahun akan-rusak oleh siklus 29 atau 37 tahun.
Lalu bagaimana seandainya anda lahir pada tanggal 29 Februari ? Orang yang lahir pada 29 Februari bisa disebut sebagai "leapling" atau "leaper". Pada tahun yang sama mereka biasanya merayakan ulang tahun pada tanggal 28 Februari atau 1 Maret, kalau di Indonesia terus terang penulis tidak mengetahui sebutan untuk para leaping atau leaper, mungkin F 4 atau apa, jika anda mengetahuinya tolong kasih tahu saya.

2011, Indonesia Mulai Era Televisi Interaktif

ARTIKEL TEKNOLOGI
Ilustrasi IPTV


Indonesia akan memasuki babak baru dalam layanan televisi dengan hadirnya Internet Protocol Television (IPTV) dari Telkom yang soft launching-nya digelar Senin (28/2/11) di Wisma Kandatel, Telkom, Jakarta. Layanan terbaru Telkom ini memungkinkan pengguna untuk tak cuma pasif melihat siaran yang ada, tetapi aktif memilih layanan sesuai keinginan.
Direktur Utama PT Telkom Rinaldi Firmansyah mengungkapkan, IPTV bukan cuma konten televisi yang didistribusikan lewat internet, tetapi merupakan sinergi antara kekuatan interaksi internet dan web dengan kekuatan media televisi. Ia berharap layanan ini bisa memenuhi keinginan masyarakat.
Sementara Direktur Konsumer PT Telkom I Nyoman Wiryanata mengatakan, "IPTV berbeda dengan layanan TV berbayar lainnya. IPTV punya fasilitas entertainment yang lebih bagus, ada game, bisa karaoke dan menyaksikan tayangan yang sudah lewat. Kalau layanan TV berbayar lain kan pasif, kalau IPTV ini interaktif."
Layanan IPTV secara umum meliputi broadcast televisi dan video di atas akses internet dan interaksi multimedia dengan kecepatan true broadband seperti game, shopping, danadvertising. Selain itu juga ada layanan content on demand yang termasuk TV on demmand, video on demmand, music on demmand, dan karaoke on demmand.
Layanan bisa disaksikan dengan perangkat televisi, komputer, notebook, dan smartphone. Untuk tayangan live serta video on demmand, IPTV mendukung standard definition (SDTV) serta High Definition (HDTV). Video on demmand sendiri bisa dikontrol seperti layaknya menonton DVD.
IPTV akan memanfaatkan jaringan kabel yang sama dengan Speedy dan telepon. Layanan ini adalah cara untuk mengangkat kembali potensi jaringan kabel kala penggunaan oleh masyarakat menurun.
Rinaldi mengatakan, investasi pengembangan IPTV kurang dari Rp 50 miliar. Untuk mendukung layanan ini, Telkom terus berupaya mengembangkan kapasitas akses, yakni mengembangkan akses pita lebar dan menambah kecepatan true broadband atau akses dengan kecepatan 20 Mbps dan 100 Mbps.
"Pada tahun 2010, kapasitas true broadband yang baru mencapai 21 persen akan ditingkatkan menjadi 85 persen di tahun 2015," papar Rinaldi.
Commercial launching produk ini akan digelar 1 Mei tahun ini. Rinaldi mengatakan sampai enam bulan pertama terhitung sejak Mei nanti, targetnya sekitar 300 ribu pengguna di Jakarta. Pada tahap awal, produk akan dikembangkan di wilayah Jakarta terlebih dahulu. Sementara, untuk bisa menjangkau Jakarta secara keseluruhan akan dibutuhkan waktu sekitar 3 tahun.
"Ini untuk memastikan kualitas layanan sebab untuk mendukung IPTV ini kapasitasnya minimal 6 Mega. Kita enggak ingin main-main dengan kualitas," lanjut Nyoman.
Untuk menarik konsumen, Nyoman mengatakan bahwa fasilitas interaktif memungkinkan Telkom mengetahui siaran yang disukai konsumen. "Kita nanti bisa kirim rekomendasi pada konsumen. Misalnya ada yang suka dangdut, nanti ada daftar lagu dangdut terbaru. Jadi hubungan kita dengan konsumen bisa lebih erat," papar Nyoman.
Penulis: Yunanto Wiji Utomo   |   Editor: Tri Wahono   
Sumber : http://tekno.kompas.com/read/2011/02/28/1545066/Telkom.Luncurkan.Layanan.IPTVSenin, 28 Februari 2011 | 15:45 WIB, dikutip : Senin, 28 Februari 2011, 19:50 WIB.

Awas! Obat Palsu Ada di Mana-mana

ARTIKEL KESEHATAN


Obat palsu bagaikan fenomena gunung es, hanya tampak permukaannya namun tak pernah diketahui berapa banyak yang beredar. Peredarannya juga sulit dikontrol, bisa menyusup ke mana saja termasuk di rumah sakit dan praktik dokter.

Obat palsu didefinisikan sebagai obat yang diproduksi oleh pihak-pihak yang tidak memiliki kewenangan. Tujuannya jelas untuk mencari untung, sementara faktor keamanan dan kemanjurannya tidak ada yang bisa menjamin.

"Untungnya pasti besar. Karena peredarannya ilegal, pembuat obat palsu tidak perlu mikir biaya marketing karena bisa 'ndompleng' obat aslinya," ujar Parulian Simanjuntak, direktur eksekutif International Pharmaceutical Manufacturers Group (IPMG) dalam acara media tour di pabrik Sanofi Aventis, Pulo Mas Jakarta, Senin (28/2/2011).

Parulian menambahkan, sebagian besar obat palsu memang beredar di pasar ilegal. Di Jakarta misalnya, orang mengenal Pasar Pramuka sebagai pusat peredaran obat-obat palsu yang tidak jelas asal usulnya.

Oleh karena itu, salah satu upaya antisipasi agar tidak salah membeli obat palsu adalah dengan membelinya di apotek. Menurut Parulian, jalur distribusi di apotek cukup ketat karena harus melalui distributor yang terpercaya seringga lebih terjamin keamanannya.

Meski demikian, Parulian mengakui bahwa tidak menutup kemungkinan obat palsu bisa menyusup ke jalur distribusi yang resmi. Menurutnya obat palsu bisa saja masuk ke instalasi farmasi rumah sakit dan tempat praktik dokter.

Mengenai jumlah obat palsu yang beredar di Indonesia saat ini, Parulian juga enggan menduga-duga. Menurutnya, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) sekalipun akan sulit mengungkap jumlahnya secara pasti.

"Kalau tahu berapa banyak obat palsu yang beredar, logikanya kita juga bisa mengungkap dari mana obat itu berasal," tambah Parulian.

Yang terpenting menurut Parulian, pasien atau konsumen bisa menghindari obat palsu dengan tidak membeli obat hanya karena harganya lebih murah. Pastikan obat hanya dibeli di tempat resmi, misalnya di apotek.

Sumber : detikhealth, dikutip dari : http://forum.vivanews.com/showthread.php?t=76759, diakses : 28 Februari 2011, 19:30 WIB.

Jumat, 25 Februari 2011

Indonesia Bangun Pangkalan Peluncuran Roket Pembawa Satelit

ARTIKEL TEKNOLOGI

LAPAN

Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) menetapkan tiga titik lokasi paling cocok untuk peluncuran roket pembawa satelit yang sedang dikembangkannya. Ketiga daerah yakni Tanjung Komang, Kiyoyo, dan Tanjung Laboho, semuanya di Bengkulu.

Lokasi tersebut semuanya berada jauh dari pemukiman warga, tepatnya di daerah Selatan Pulau Sebalik atau berada di selatan Pulau Enggano. Daerah tersebut dipilih karena jauh dari pemukiman penduduk yang berada di utara Pulau Enggano dan dekat dari permukaan laut.

www.pariwisatabengkulu.com

"Lokasi disepakati berada pada ketinggian 20 meter dari permukaan air laut, sehingga lebih aman dan efektif bagi peluncuran," kata Kepala Balitbang Provinsi Bengkulu Winarkus, di Bengkulu, pekan lalu. Menurutnya, penetapan lokasi itu atas persetujuan bersama Balai Penelitian Pengembangan, Bappeda, Badan Lingkungan Hidup, Dishubkominfo, dan BKSDA Bengkulu.

Namun, jalan menuju lokasi peluncuran roket itu belum didukung infrastruktur jalan dan listrik, meskipun lahan yang dibutuhkan cukup satu hektare ditambah lahan penyangga sebagai daerah pengaman sekitar 200 hektare. Lahan di Tanjung Laboho termasuk kawasan taman buru yang dilindungi sehingga Balai Konservasi Sumber daya alam (BKSDA) Provinsi Bengkulu perlu menerbitkan rekomendasi. Di dalam rekomendasi tersebut disebutkan bahwa jalur di dalam taman buru harus terlebih dulu mendapat persetujuan dari Menteri kehutanan dan DPR.

Sebelumnya Ketua Bappeda Provinsi Bengkulu Ir HM Nashsya mengatakan, lokasi itu tidak saja untuk satelit tapi juga untuk pengamanan wilayah Barat Pulau Sumatera. Winarkus mengatakan bahwa perakitan dan peluncuran roket akan dilakukan di Pulau Enggano. Selama ini perakitan dilakukan di Serpong Banten dan diluncurkan di Garut.
LAPAN

Satelit yang diluncurkan di Pulau Enggano itu beratnya sekitar 3,8 ton dengan target ke orbit polar (orbit kutub), namun belum diketahui ketinggian daya jelajahnya. Biaya pembangunan tempat peluncuran roket sudah disiapkan oleh Lapan dan memerlukan dana sekitar Rp 40 triliun dan saat ini baru tahap survei awal.
"Hasil survei awal akan kita informasikan kepada mereka, nanti mereka akan melakukan pengkajian lebih mendetil, termasuk sosialiasi dengan masyarakat daerah itu," ujarnya.

Kepala Tata Usaha BKSDA Provinsi Bengkulu Supartono mengatakan, tim dari instansinya akan turun ke 
lokasi Enggano untuk mengecek lokasi yang disepakati sebagai lahan peluncuran roket Lapan.

Sumber : ANT, dikutip dari : http://sains.kompas.com/read/2011/02/21/17053733/Lapan.Pilih.Luncurkan.Roket.di.EngganoSenin, 21 Februari 2011 | 17:05 WIB, diakses Jumat, 25 Februari 2011 | 06:25 WIB

Kamis, 24 Februari 2011

Apakah Hitam dan Putih adalah Warna ?

ARTIKEL UMUM


Televisi hitam-putih tidak disebut tv berwarna, bukan? Masuk akal. Namun, ternyata pertanyaan di atas adalah salah satu isu yang paling diperdebatkan.

Kalau yang ditanya seorang ilmuwan, Anda akan mendapatkan jawaban fisika: "Hitam bukan warna, putih adalah warna." Bertanya kepada seniman, Anda akan mendapat jawaban lain: "Hitam adalah warna, sedangkan putih bukan". Waduh, mana yang betul?



Mari kita lihat dari beberapa perspektif. Pertama, kita mesti kembali pada pemahaman dasar tentang bagaimana warna tercipta. Ada dua contoh tentang bagaimana warna menjadi ada: benda nyata dan benda tidak nyata (dalam tv).

Warna benda nyata adalah hasil dari pigmen atau agen pewarna molekul. Sebagai contoh, warna muka perempuan di bawah ini adalah hasil warna molekul di permukaan kulitnya.

Juga, warna dari lukisan perempuan di bawah ini adalah hasil dari pigmen merah yang digunakan untuk membuat gambar.



Sementara itu, warna objek yang terlihat pada pesawat televisi atau monitor komputer adalah warna dari cahaya. Kalau belum tahu bedanya, coba lihat layar monitor atau televisi Anda dari dekat, sangat dekat. Bisa juga menggunakan kaca pembesar. Inilah yang kira-kira Anda lihat.



Warna yang ada di komputer atau televisi diciptakan oleh foton cahaya yang dikirim dalam sistem elektronik. Pernah tahu istilah monitor RGB? Kepanjangan dari RGB adalah Red-Green-Blue, itulah tiga warna primer aditif pembentuk yang ada di dalamnya.

Perlu juga dipahami soal warna primer pigmen, yaitu tiga warna yang tidak dapat dibuat dengan mencampurkan warna lain. Ketiga warna itu adalah merah, biru, dan kuning.



 

Setelah Anda paham soal dua kategori warna yang berbeda (pigmen dan cahaya) serta definisi warna primer, jawaban soal apakah hitam dan putih warna kini dapat dijawab.
  


Apakah warna hitam dan putih adalah warna ketika dihasilkan oleh cahaya?

Jawaban teori warna aditif:

1. Hitam adalah ketiadaan warna dan karena itu bukan warna. Ketika tak ada cahaya, semuanya hitam. Contohnya monitor komputer atau tv yang mati.

2. Putih adalah campuran dari semua warna dan karena itu dia warna. Cahaya secara umum tampak tidak berwarna atau putih. Sinar matahari adalah cahaya putih yang terdiri dari semua spektrum warna, yang baru tampak bila melewati prisma. Pelangi adalah buktinya.



Apakah hitam dan putih adalah warna ketika mereka adalah pigmen atau zat pewarna molekul?

Jawaban teori pigmen:

Hitam adalah warna. Coba tanyakan ahli kimia dan dia akan mengkonfirmasi.

Berikut ini cara sederhana untuk menunjukkan bagaimana hitam dibuat: Campurkan tiga warna primer (merah, kuning, dan biru) menggunakan cat air atau pewarna makanan.

Anda tak akan mendapatkan hitam pekat, tetapi intinya jelas, gelap. Sejarah pemakaian pigmen pewarna hitam dibuat dari arang, logam besi, dan bahan kimia lain sebagai sumber warna hitam.


Jadi, apakah hitam dan putih adalah warna?

Nanti dulu, ada satu lagi penjelasan final berikut ini. Warna ada dalam konteks yang lebih besar dari penglihatan manusia. Pertimbangkan fakta bahwa ada tiga bagian untuk proses persepsi warna.

1. Media - warna yang ada sebagai suatu pigmen / pewarna (seperti warna benda nyata) atau sebagai cahaya (seperti warna gambar pada layar televisi).

2. Pengirim - Bagaimana warnanya ditransmisikan.

3. Penerima - Bagaimana manusia melihat warna. Dengan kata lain, bagaimana kita menerima informasi tentang warna. Apakah warna ada jika tak ada yang bisa melihatnya? Warna ada karena bisa terlihat.


Jadi, apakah hitam adalah warna? Apakah putih adalah warna?

Jawaban finalnya adalah dengan menggabungkan dua teori yang telah diuraikan di atas. Pigmen dan cahaya baru setengah dari jawaban.

Warna benda yang nyata berasal dari molekul pewarna pada permukaannya. Kita melihat warna objek karena dia memantulkan sebuah "warna" untuk mata.


Apakah hitam itu warna?

Jawaban final: Tidak.
Hitam bukan warna. Benda hitam menyerap semua warna dari spektrum yang terlihat dan tak memantulkan satupun spektrum warna ke mata.


Apakah putih itu warna?


Jawaban final: Ya.
Putih adalah warna. Putih memantulkan semua warna dari spektrum cahaya yang dapat terlihat oleh mata.


Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7180099%20

Bahaya Memakai Laptop Terlalu Lama

ARTIKEL KESEHATAN

  
Anak-anak dan remaja menenteng laptop kini menjadi pemandangan biasa. Namun, orangtua disarankan untuk membatasi penggunaan laptop pada orang muda karena bisa berdampak pada pertumbuhan otot dan postur mereka.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan tim dari Universitas Boston, terungkap sekitar 50 persen mahasiswa pengguna laptop kerap mengeluhkan rasa nyeri setelah menggunakan komputer selama satu jam. Penelitian dilakukan terhadap 18 juta mahasiswa pada tahun 2008.
"Gangguan pada sistem muskuloskeletal yang terjadi pada masa anak-anak sampai dewasa muda perlu menjadi perhatian karena sistem muskuloskeletal dan postur mereka masih berkembang," kata Karen Jacobs, ketua tim peneliti dan terapis dari Universitas Boston.

Ia menjelaskan, keluhan rasa nyeri akibat penggunaan laptop kini sering dialami anak-anak di banyak negara. Selain orangtua memonitor durasi penggunaan laptop, Jacobs juga menyarankan agar anak-anak diajarkan untuk melakukan peregangan dan latihan otot untuk mencegah gangguan postur pada masa mendatang.

Laporan yang dilansir oleh The Bureau of Labor Statistics tahun 2009 menemukan kelainan muskuloskeletal (otot, tulang, ligamen, dan tendon) mencapai 29 persen dari semua kecelakaan di tempat kerja dan menyebabkan para pekerja harus mengambil cuti sakit.

Menurut Jacobs, salah satu penyebab gangguan otot atau persendian pada anak pengguna laptop adalah meja kerja yang dipakai tidak sesuai. Untuk mengurangi rasa pegal, ia menyarankan agar pengguna laptop memakai mouse ketimbang trackpad di laptop. "Memakai trackpad membuat kita berada dalam posisi yang kikuk karena posisi tangan melewati tubuh, bukannya rileks di samping," ucap Jacobs, yang pernah menjadi presiden American Occupational Therapy Association.

Saat menggunakan trackpad, umumnya satu jari, tendon jari-jari tangan secara konstan akan melebar dan menyebabkan ketegangan otot serta tulang sendi. Dalam waktu cukup lama, rasa tidak nyaman ini akan meluas ke bagian pundak, pergelangan tangan, dan lengan.
Selain itu, kebanyakan orang juga mengistirahatkan pergelangan tangan mereka saat memakaitouchpad. Kondisi ini disebut tekanan kontak (contact stress) dan akan membebani otot pergelangan tangan, saraf, serta pembuluh darah.

"Laptop sebenarnya didesain untuk dipakai di meja kerja. Karena itu, sebaiknya kita menambahkan aksesori seperti mouse dan keyboard untuk mencegah keluhan nyeri persendian," kata Jacobs.
Dari penelitian yang dia lakukan, diketahui bahwa anak-anak yang paling menderita nyeri karena penggunaan laptop umumnya anak yang tidak aktif bergerak. "Ada tren orang yang fisiknya aktif lebih jarang menderita gangguan muskuloskeletal. Ini terjadi baik pada anak maupun orang dewasa," kata Robin Billespie, ahli ergonomi.

Seperti halnya atlet yang wajib melakukan pemanasan sebelum turun ke lapangan, Jacobs juga menyarankan pengguna laptop melakukan peregangan di sela memakai laptop. "Berjalan berkeliling setelah memakai laptop selama dua jam adalah awal yang baik," katanya. Ia juga menyarankan untuk melakukan latihan peregangan tangan, leher, punggung, dan kepala setiap hari.
Sumber : LiveScience
Dikutip dari : http://health.kompas.com/read/2011/02/21/11124650/Bahaya.Memakai.Laptop.Terlalu.Lama Senin, 21 Februari 2011 | 11:12 WIB, diakses Kamis, 24 Februari 2011| 20:12 WIB.

Postur tubuh yang salah saat menggunakan laptop





Jika anda menggunakan laptop dengan tidak benar akan menyebabkan : 
  • mata cepat lelah/ ngantuk.
  • pegal-pegal pada tengkuk (terlalu lama menunduk) dan punggung. 
  • konsentrasi mudah pecah/ berubah
  • pegal-pegal pada pergelangan tangan dan lengan.
  • pada posisi tubuh yang tidak tepat menyebabkan ketukan jari pada laptop lebih keras, sehingga berpotensi merusak laptop
  • perubahan postur tubuh menjadi tidak wajar
  • dan lain-lain

Postur tubuh yang benar saat menggunakan laptop



Penggunaan laptop yang benar :
  • menggunakan meja kerja untuk meletakkan laptop
  • tinggi meja sesuai dengan postur tubuh, sehingga tubuh tidak menunduk/ membungkuk
  • dengan pengaturan posisi yang tepat, kita lebih nyaman dan konsentrasi terjaga
  • menggunakan mouse untuk menggerakkan kursor 
  • sekali waktu pandangan dialihkan ketempat lain dan istirahat sebentar (melakukan perenggangan otot ringan)
  • mengetik dengan ketukan sedang relatif dapat menjaga keawetan latop anda
  • dan lain-lain
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

20 Fakta Tersembunyi Tentang Kebahagiaan

ARTIKEL PSIKOLOGI


Para ilmuwan melakukan penelitian untuk menyelidiki akar dari emosi yang positif ini. Mari kita simak bersama temuan mereka yang mencengangkan tentang kebahagiaan berikut ini.


1. Meski gen dan latar belakang didikan mempengaruhi 50% sifat bahagia yang dimiliki seseorang, namun keadaan sekitar (lingkungan dan pendapatan) ternyata hanya berpengaruh 10% saja.

40% sisanya dipengaruhi oleh penampilan luar dan aktivitas seseorang, termasuk hubungan, pertemanan, dan pekerjaan; bagaimana ia berhubungan dengan komunitas, serta keterlibatan dalam olahraga dan hobi.


2. Mood yang baik mengeluarkan aroma tersendiri. Para ilmuwan menemukan bahwa kita bisa menilai apakah seseorang sedang dalam keadaan mood/ tidak dari aroma tubuhnya.

Dalam sebuah percobaan, beberapa pria dan wanita diminta menonton film yang menyeramkan. Sementara asyik menonton, ketiak mereka diberi semacam bantalan khusus untuk menampung keringat yang dihasilkan.

Seminggu kemudian, para peneliti meminta orang lain untuk membedakan aroma mana yang memiliki mood baik dan mana yang ketakutan. Orang tersebut berhasil menebak dengan tingkat ketepatan yang mengejutkan.


3. Orang tua lebih puas dengan kehidupan mereka ketimbang kaum muda. Survei yang diadakan Centre for Disease Control and Prevention menemukan mereka yang berumur 20-24 tahun merasakan kesedihan rata-rata 3,4 hari per bulannya, sementara usia 65-74 tahun hanya 2,3 hari saja.


4. Jika Anda melakukan olahraga 20 menit, 3 kali seminggu, selama 6 bulan, maka perasaan bahagia Anda akan meningkat sebanyak 10-20%.


5. Mereka yang tergolong sangat bahagia ketika dideteksi lewat tes psikolog mengembangkan 50% antibodi lebih banyak daripada mereka yang mendapat vaksin flu.


6. Menurut para peneliti dari The World Database of Happiness dari Erasmus University di Belanda, Denmark merupakan negara paling berbahagia di dunia, diikuti oleh Malta, Switzerland, Iceland, Irlandia, dan Kanada.


7. Dalam klinik-klinik kesehatan di Amerika Serikat, tingkat depresi masyarakat meningkat 3-10 kali lebih banyak dibanding 2 generasi terdahulu.


8. Pendatang atau kaum imigran cenderung dipengaruhi karakter bahagia dari negara tujuan ketimbang negara asal mereka.


9. Pekerja yang lebih kaya cenderung lebih bahagia daripada mereka yang ‘miskin’, namun para peneliti memperkirakan mereka yang berbahagia cenderung memiliki potensi lebih besar untuk menjadi kaya.


10. Penderita stroke atau penyakit mengerikan lainnya memang sangat menderita dalam jangka waktu pendek, sesaat kemudian tingkat bahagia yang mereka rasakan tak jauh beda dari orang sehat rata-rata.


11. Saat menikah, kebahagiaan seseorang membubung tinggi, namun sesaat kemudian kebahagiaan mereka segera kembali ke level ketika sebelum menikah.


12. Kaum wanita cenderung mengalami titik puas terendah pada usia 37, sementara pria baru mengalaminya ketika berumur 42 tahun.


13. Tertawa sampai ‘perut’ sebanyak 100-200 dalam sehari memiliki dampak yang sama dengan olahraga keras, yaitu mampu membakar hingga 500 kalori.


14. Emas tidak menjamin kebahagiaan. Studi yang dilakukan terhadap para atlet Olimpiade menemukan bahwa pemenang medali perunggu lebih bahagia daripada peraih medali perak, dan kadang-kadang malah lebih bahagia daripada peraih medali emas.

Menurut tim psikolog asal Australia, Graham Winters, adalah lebih membahagiakan menjadi juara ketiga di saat Anda tak menduganya dibanding mendapatkan keistimewaan sebagai yang pertama.


15. Professor Michael Argyle yang banyak memimpin studi tentang kebahagiaan, mendapati bahwa di antara aneka kegiatan yang bisa membuat orang bahagia, seperti olahraga dan musik, yang paling berpengaruh adalah menari.

Hal ini dikarenakan menari atau berdansa melibatkan olahraga, musik, komunitas, sentuhan, dan aturan, yang meningkatkan kebahagiaan secara drastis.


16. Beberapa studi menunjukkan hewan peliharaan bisa mengurangi tekanan darah dan stres, serta mendongkrak kesehatan dan kebahagiaan.


17. Setelah kebutuhan dasar terpenuhi, sisa kekayaan hanya memiliki sedikit efek (atau tidak sama sekali) terhadap kepuasan atau kebahagiaan seseorang.


18. Seseorang yang memiliki hubungan stabil umumnya merasa bahagia daripada mereka yang single.


19. Dalam negara dengan tingkat pendapatan tinggi, seperti negara-negara Skandinavia, tingkat kebahagiaan cenderung lebih tinggi dibanding negara dengan tingkat penghasilan tak merata seperti USA.

Masyarakat cenderung memilih daerah dengan otonomi mandiri dan demokrasi langsung untuk meningkatkan pendapatan.

20. Menurut studi 40 tahun yang telah diperbarui oleh Universitas Harvard, bayi yang sering dipeluk dan ditimang cenderung tumbuh dalam kebahagiaan.



Sumber : uniqpost.com, diakses Kamis, 24 Februari 2011, 06:15 WIB.

Rabu, 23 Februari 2011

Mitos-mitos Kreativitas

ARTIKEL PSIKOLOGI


Di kalangan pakar manajemen, barangkali tidak ada orang yang seintensif Teresa Amabile dalam mempelajari kreativitas manusia. Selama hampir 30 tahun, guru besar Harvard Business School ini melakukan berbagai riset untuk mengkaji bagaimana inovasi-inovasi dalam bisnis bisa dikembangkan.

Dibandingkan isu kepemimpinan, strategi, atau pemasaran, misalnya, kreativitas memang kurang memperoleh perhatian. Karena itu, beberapa temuannya terlihat menonjol. Misalnya saja, ia menyebutkan ada sejumlah mitos yang melingkupi isu kreativitas. Mitos-mitos ini diyakini kebenarannya oleh banyak orang. Nah, dari risetnya, Amabile mengatakan bahwa banyak hal yang diyakini orang sebagai kebenaran hanyalah mitos belaka.


Mitos pertama, kata Amabile, adalah anggapan bahwa kreativitas itu lahir dari tipe-tipe orang kreatif tertentu. Di perusahaan, mereka biasanya ada di departemen pemasaran, promosi, atau desain (yang seringkali juga ditambahi dengan atribut kreatif). Sedangkan orang-orang akuntansi dianggap kurang kreatif karena pekerjaannya sangat standar.

Dari studinya, Amabile menemukan bahwa siapapun dengan kecerdasan normal mampu melakukan pekerjaan kreatif. Kreativitas ini bergantung kepada sejumlah hal, seperti pengalaman, pengetahuan, ketrampilan, kemampuan berpikir dengan cara baru. Siapapun yang terbuka terhadap gagasan baru, ia mungkin bersikap dan berpikir kreatif.

Mitos kedua, Uang juga sering dianggap sebagai motivator yang mendorong lahirnya kreativitas. Amabile menyimpulkan dari studinya bahwa uang bukanlah segalanya. Banyak orang yang melahirkan gagasan kreatif ini lebih menghargai lingkungan di mana kreativitas didukung, dihargai, dan diakui. Banyak orang yang ingin memperoleh kesempatan untuk terlibat secara mendalam dengan pekerjaan mereka dan membuat kemajuan nyata bagi perusahaan.

Mitos ketiga, Orang menganggap bahwa bekerja di bawah tekanan deadline akan melahirkan kreativitas. Ini juga mitos. Justru, kata Amabile, orang menjadi kurang kreatif manakala mereka berpacu dengan waktu. Kreativitasnya bukan hanya turun pada hari deadline itu, tapi berlangsung hingga dua hari berikutnya.

Kreativitas itu memerlukan periode inkubasi. Orang membutuhkan waktu untuk mendalami masalah, memikirkan berbagai kemungkinan, melihat persoalan dari beragam sudut, dan mendorong agar gagasan keluar. Jadi, muskil bahwa sebuah gagasan kreatif akan muncul ketika seseorang berada di bawah tekanan waktu. Orang-orang bisa menjadi kreatif saat berada di bawah todongan senjata, tetapi hanya bila mereka mampu fokus pada pekerjaan.

Mitos keempat, Ada pula pemahaman bahwa ketakutan dan kesedihan mendorong kreativitas. Sebagian literatur psikologi menyatakan bahwa insinden depresi yang lebih tinggi ditemukan pada penulis dan seniman kreatif. Namun, Amabile tidak menemukan hal ini di dalam populasi yang ia pelajari bersama tim risetnya.

Google image

Mitos kelima, Mitos lainnya, kata Amabile, ialah anggapan bahwa kompetisi internal mempercepat inovasi. Ia menemukan bahwa tim yang paling kreatif ternyata tim yang memiliki keyakinan untuk berbagi gagasan dan memperdebatkannya. Orang akan berhenti berbagi gagasan bila mereka berlomba memperebutkan pengakuan. Jelas, ini destruktif sebab orang cenderung menyimpan informasi untuk dirinya sendiri ketimbang bersama-sama memecahkan persoalan.

Temuan Amabile itu bisa membantu kita mengonstruksi kembali pemahaman mengenai kreativitas dan bagaimana menerapkannya dalam aktivitas kerja dan bisnis kita. Mitos terakhir mengenai kompetisi internal itu memperkuat kecenderungan kolaboratif yang kini dianggap berkontribusi besar bagi inovasi dalam bisnis. Siapapun bisa mencobanya di lingkungan kerja masing-masing.

Penulis : Dian
Sumber : http://blog.tempointeraktif.com/portal/mitos-mitos-kreativitas-2/, 18 Februari 2011, diakses 23 Februari 2011, 06:05WIB