20 Tips Untuk Mengamankan Sepeda Motor Anda !

ARTIKEL UMUM
Penyusun : Yohanes Gitoyo, S Pd.


Tanggal 3 Juni 2010 adalah tanggal tersuram bagi kehidupan saya, sepeda motor Yamaha Vega ZR merah saya raib dicuri maling motor. Langit serasa runtuh motor yang selalu menemani berangkat kerja selama 1 tahun hilang lenyap, ditambah lagi uang untuk membeli motor tersebut adalah uang pinjaman, saya belikan cash, lalu tiap bulan nyicil ke si peminjam uang tersebut. Dari dealer sepeda motor tidak dapat tukar/ ganti rugi, masih nyicil utang tersebut sampai Nopember 2011 pula (kisah nyata). Saya berharap kisah pahit ini jangan terjadi pada anda, tips ini saya kumpulkan sebagai pembelajaran bagi anda dan saya untuk menjaga aset pribadi kita yang berharga itu.

Untuk motor yang dibeli untuk dipakai selamanya (tidak dijual lagi). Pergi ke tukang stiker, tutup sebagian permukaan sepeda motor anda dengan stiker sesuai selera, motor yang ditempeli stiker akan mencolok dan sangat khas, sehingga ketika seseorang mencuri sepeda motor akan sangat mencolok.


Lakukan modifikasi pada sepeda motor anda (custom), maling motor tidak tertarik mencuri sepeda modifikasi, karena menjualnya susah dan saat mencuri akan menarik perhatian orang sekitar.


Ganti kunci motor standar anda dengan kunci khusus, dapat anda temukan di toko penjual sparepart motor, dengan pengantian kunci standar si maling motor akan kesulitan untuk menyalakan motor dan membawa lari sepeda motor anda(bisa mungkin dituntun).  Maling motor biasanya menggunakan kunci T, Disebut kunci T karena bentuknya menyerupai huruf T. Gagangnya dapat dibuat dari kunci busi, sedangkan kakinya dari obeng. Bagian kaki, yang kemudian dicolokkan ke lubang kunci sepeda motor, dibentuk pipih dan runcing.


Perlu anda ketahui kunci motor dengan Secure Key Shutter pun bisa dibobol maling, silahkan baca di http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090923100644AA1S9M0, atau produk tersebut diragukan kualisnya baca di : http://odong2r.wordpress.com/2010/08/31/recall-diam-diam-kunci-kontak-skutik-dan-bebek-2010/



Jangan pernah lupa untuk mengambil kunci kontak anda saat meninggalkan sepeda motor anda diparkiran.
Parkir pada tempat yang terang dapat di lihat banyak orang. lebih aman dari pada ditempat sepi dan ga ada orang lalu lalang, maling lebih punya banyak waktu untuk mengakali motor incarannya.

Jika parkir di tempat parkir usahakan cari tempat terdekat dengan pos jaga / loket.biasanya motor yang diincar maling adalah motor yang agak jauh dari pos  jaga.

Usahakan parkir di sebelah motor yang lebih bagus dari motor kita, karena kalo malingnya mo nyolong motor kita...pasti si maling lebih tergoda buat nyolong motor disebelah motor kita.

Tutup kran bensin (off), sepele memang tapi kalaupun maling sudah dapat menghidupkan motor dalam beberapa meter motor tsb akan mogok.


Lepas  tutup busi, masukan dalam kantong selama anda pergi, Maling juga tidak akan menyiapkan tutup busi motor yang akan dia incar.


Pasang alarm sepeda motor, kalau ini anda pasti tahu apa manfaatnya.

Bila bukan motor matik maka jangan tinggalkan motor dalam posisi gigi netral.



Jangan membiarkan motor dalam keadaan terbuka seperti ini, ingat menghidupkan motor bisa dilakukan dengan menghubungkan kutub listrik dibawah kunci dengan mudah.



Pasang kunci ganda (tambahan) misalnya:  gembok atau kunci cakram pada lubang rem cakram atau  gir belakang sepeda motor anda atau di standar tengah (tipe motor Honda lama).

Pada malam hari, masukan motor didalam rumah.

Jangan meminjamkan motor anda ke sembarang orang dengan mudah.

Tempel motor anda dengan stiker anggota aparat yang “sangar”, misal Polisi, TNI, Marinir, atau anak bos mafia, si maling akan mikir 200 x untuk nyuri motor anda.

Jika motor anda ditinggal agak lama, rantai motor anda pada bagian rangka motor dengan tiang rumah anda, mana ada maling motor maling sekalian tiang rumah anda? 

Jika motor anda diparkir di parkiran umum seperti ruko, mall, sebaiknya sarankan tukang parkir untuk memeriksa STNK pada setiap motor yang keluar masuk, karcis  parkir dengan catatan no kendaraan.

Buat motor anda setidak menarik mungkin, misal jangan dicuci, ganti body motor dengan body motor lain (bekas), atau trik lain misalnya mudah mogok, boros bensin atau trik lain yang dapat anda cari sendiri.


Langkah terakhir ikat hewan “buas “ pada motor anda.

Demikian tips  dari saya, jika anda kurang setuju atau mau menambahkan mohon tulis di komentar di bawah, terima kasih.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??