Selasa, 31 Juli 2012

Benda Diduga UFO Muncul di Langit Inggris Saat Pembukaan Olimpiade.


Di tengah hingar-bingar pesta pembukaan Olimpiade 2012 di London, Inggris, tampak sebuah benda di langit yang mencurigakan. Benda yang terbang di dekat stadion Olympic Park di Stratford ini diduga UFO.


Benda mencurigakan ini tertangkap kamera yang tengah menyiarkan pesta pembukaan Olimpiade 2012 pada Jumat (27/7) malam waktu setempat. Di antara letusan kembang api yang berwarna-warni, benda yang bergerak cenderung perlahan ini terlihat sekitar pukul 00.30 waktu setempat. Demikian seperti dilansir oleh Daily Mail, Selasa (31/7/2012).


Adalah Examiner.com yang pertama kali melaporkan keberadaan benda mencurigakan ini. Berbagai spekulasi pun muncul. Ada yang menyebut benda mencurigakan ini merupakan balon udara yang digunakan sebuah stasiun televisi untuk merekam gambar pesta pembukaan Olimpiade dari udara. Sedangkan saluran olahraga NBC menyebut benda tersebut merupakan balon udara milik Goodyear yang sengaja mengudara untuk memeriahkan pesta pembukaan Olimpiade.
 

Namun sejumlah pihak meragukannya. Sebabnya, jika diperhatikan dengan seksama, benda tersebut sama sekali tidak mirip dengan balon udara. Sejumlah pengguna internet yang mengomentari keberadaan benda mencurigakan ini di situs YouTube, justru menyebutnya sebagai helikopter atau sebenarnya bukan apa-apa melainkan hanya efek kamera belaka.

Pendapat berbeda diungkapkan oleh Nick Pope yang dikenal sebagai salah satu pakar UFO ternama di Inggris. Dalam prediksinya beberapa minggu lalu, pagelaran akbar Olimpiade di London dinilai akan menjadi saat yang tepat bagi makhluk di luar bumi untuk menampakkan diri kepada manusia.

Pope yang telah bekerja selama 20 tahun terakhir di Kementerian Pertahanan Inggris ini, diketahui telah sejak lama melakukan investigasi dan penelitian khusus soal keberadaan UFO, terutama pada tahun 1991-1994 silam. Akibat penelitiannya tersebut, Pope yang awalnya sangat skeptis terhadap keberadaan UFO berubah menjadi yakin. Menurutnya, sejumlah laporan penambakan UFO justru menjadi isu yang penting dalam meningkatkan keamanan nasional dan keselamatan udara.

"Telah menjadi kepercayaan luas dalam lingkungan Kementerian Pertahanan bahwa 'alien' mampu mendeteksi keberadaan manusia sejak beberapa dekade, melalui siaran televisi dan radio. Hal yang tampak seperti sains fiktif ini sebenarnya mulai disadari oleh pemerintah sebagai hal yang nyata. Jika memang alien telah mempelajari psikologi manusia, mereka mungkin memilih untuk menampakkan diri di wilayah udara kita pada saat-saat yang signifikan," jelas Pope.

"Upacara penutupan Olimpiade mungkin juga menjadi saat-saat yang penting bagi mereka," imbuhnya.

Sumber : http://news.detik.com/, Selasa, 31 Juli, 2012 14:37 WIB

Senin, 30 Juli 2012

11 Peristiwa dalam Sejarah Islam yang Terjadi di Bulan Ramadan



Bulan Ramadhan tidak sebatas sebagai bulan suci bagi umat Muslim. Dalam sejarah Islam, sejumlah peristiwa besar yang sangat menentukan dan bermakna bagi umat Muslim terjadi di bulan ini. Sedikitnya, ada 11 peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam, baik klasik ataupun modern. Apa sajakah peristiwa-peristiwa tersebut?

Berikut 11 Peristiwa Bersejarah Islam di Bulan Ramadhan :


1. Pembebasan Makkah (Fathul Makkah)


Apa itu Fathul Makkah? Peristiwa Fathul Makkah adalah sebuah peristiwa di mana akhirnya Nabi Muhammad dan para sahabat berhasil menguasai Makkah dan menghancurkan berhala-berhala di sekitarnya. Sehingga Ka'bah kembali suci. Peristiwa ini bermula dari perjanjian Hudaibiyah tahun 628 M. Ini adalah perjanjian antara kaum muslimin dan kaum Quraisy. Perjanjian ini terjadi ketika satu rombongan yang dipimpin langsung oleh Nabi Muhammad hendak melaksanakan haji di Baitullah. Namun, pihak Quraisy melihatnya sebagai sebuah ancaman. Jika orang-orang dari Madinah, yang notabene adalah rival dari kafir Quraisy datang ke Makkah, maka apa tanggapan orang-orang nanti? Untuk itulah, pemuka-pemuka Quraisy dengan segala daya upaya menyusun sebuah strategi, yaitu mengikat kaum muslimin dalam suatu perjanjian agar tidak dapat leluasa mengunjungi Makkah. Dan terjadilah perjanjian Hudaibiyah. Ketakutan kaum kafir Quraisy ini wajar muncul, sebab setelah Nabi saw dan beberapa ratus sahabat hijrah dari Makkah menuju Yatsrib (Madinah), antara kaum Muslimin dan kaum Quraisy hampir selalu terjadi peperangan yang tak terelakkan. Dalam pengepungan selama 20 hari oleh 10 ribu pasukan Quraisy terhadap Madinah pada tahun 627 M, Nabi Muhammad saw dan 3.000 umat Islam berhasil mempertahankan Madinah.

Isi perjanjian Hudaibiyah antara lain :
  •  Pertama, gencatan senjata selama sepuluh tahun
  •  Kedua, orang Islam dibenarkan memasuki Makkah pada tahun berikutnya, tinggal di sana selama tiga hari saja dengan hanya membawa sebilah senjata.
  •  Ketiga, bekerja sama dalam perkara yang membawa kepada kebaikan.
  •  Keempat, orang Quraisy yang lari ke pihak Islam harus dikembalikan ke Makkah.
  •  Kelima, orang Islam yang lari ke Makkah tidak dikembalikan ke Madinah,
  •  keenam, kedua belah pihak boleh membangun kerja sama dengan kabilah lain tapi tidak boleh membantu dalam hal peperangan.
Akhirnya pada tahun 630 tepatnya pada tanggal 10 Ramadan 8 H, Nabi Muhammad beserta 10.000 pasukan bergerak dari Madinah menuju Makkah, dan kemudian menguasai Makkah secara keseluruhan tanpa pertumpahan darah sedikit pun, sekaligus menghancurkan berhala yang ditempatkan di dalam dan sekitar Ka'bah.


2. Bulan Diturunkan Alquran


Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Alquran: “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)..." (QS Al Baqarah: 185)

Imam Ibnu Katsir menjelaskan: “Allah SWT memuji Ramadan di antara bulan-bulan lainnya, karena Dia telah memilihnya di antara semua bulan sebagai bulan yang padanya diturunkan Al-quran yang agung". Sebagaimana Allah mengkhususkan Ramadan sebagai bulan diturunkannya Alquran, sesungguhnya telah disebutkan oleh hadits bahwa pada bulan Ramadhan pula kitab Allah lainnya diturunkan kepada para Nabi sebelum Nabi Muhammad saw.

Imam Ahmad bin Hanbal dalam Musnadnya meriwayatkan: "Lembaran-lembaran (shuhuf) Nabi Ibrahim diturunkan pada permulaan malam Ramadan dan kitab Taurat diturunkan pada tanggal enam Ramadan, dan kitab Injil diturunkan pada tanggal tiga belas Ramadan, sedang Alquran diturunkan pada tanggal dua puluh empat Ramadhan.” (HR. Ahmad dalam Musnad, dan dinyatakan hasan oleh Syaikh Al-Albani dalam As-Silsilah Ash-Shahihah, no. 1575)


3. Peristiwa Perang Badar


Pada hari Jumat 2 Ramadhan tahun ke-2 H terjadi perang pertama dalam Islam yang dikenal Perang Badar. Badar adalah nama tempat di sebuah lembah yang terletak di antara Madinah dan Makkah. Tentara Islam mengontrol lokasi strategis dengan menguasai sumber air yang ada di daerah tersebut.

Perang ini melibatkan tentara Islam sebanyak 313 anggota berhadapan dengan 1.000 tentara musyrikin Makkah yang lengkap bersenjata. Dalam perang ini, tentara Islam memenangkan pertempuran dengan 70 tentara musyrikin terbunuh, 70 lagi ditawan. Sisanya melarikan diri.



Perang ini adalah suatu yang luar biasa ketika tentara Islam yang kurang jumlah, lemah dari sudut kelengkapan dan berpuasa dalam bulan Ramadan memenangkan pertempuran Perang Badar. Ini membuktikan puasa bukan penyebab umat Islam bersikap lemah dan malas sebaliknya berusaha demi mencapai keridhaan Allah. Orang yang berjuang demi mencapai keridhaan Allah pasti mencapai kemenangan yang dijanjikan.

"Sungguh Allah telah menolong kamu dalam peperangan Badar, padahal kamu adalah (ketika itu) orang-orang yang lemah. Karena itu bertakwalah kepada Allah, supaya kamu mensyukuri-Nya" (QS Al-Imran:123)


4. Islam Masuk ke Yaman


Yaman terletak di selatan semenanjung tanah Arab. Nabi Muhammad mengutus Ali bin Abi Thalib dengan membawa surat beliau untuk penduduk Yaman khususnya suku Hamdan. Dalam periode satu hari, semua mereka memeluk agama Islam secara aman. Peristiwa bersejarah itu terjadi pada bulan Ramadan tahun ke-10 hijrah.


5. Khalid bin Walid Meruntuhkan Berhala Al ‘uzza


Setelah umat Islam membebaskan kota Makkah, Nabi Muhammad saw menyucikannya dengan memusnahkan 360 patung di sekeliling Ka'bah. Lima hari sebelum berakhirnya Ramadhan tahun ke-9 H, Rasulullah mengirim Khalid bin Walid untuk memusnahkan patung al 'Uzza di Nakhla. Menurut kepercayaan Arab jahiliyah, al 'Uzza adalah patung dewi terbesar di daerah tersebut. Khalid bin Walid melaksanakan tugas itu dengan bergerak menuju ke Nakhla lalu menghancurkan patung al 'Uzza. Setelah itu, penyembahan patung pun berakhir.


6. Penyerahan Kota Taif


Kota Taif pernah mencatat sejarah ketika penduduknya mengusir Nabi Muhammad saw saat berdakwah di sana. Setelah beliau dan umat Islam berhasil membebaskan Makkah, kaum Bani Thaqif bersikeras tidak mau tunduk kepada Nabi Muhammad.

Nabi muhammad dan tentara Islam lalu maju ke Taif dan mengepungnya dalam waktu lama. Akhirnya kaum Bani Thaqif datang ke Makkah di bulan Ramadan tahun ke-9 H dengan menyerahkan kota Taif sebagai tanda menyerah.


7. Pembebasan Andalusia (Spanyol)


Andalus adalah nama Arab yang diberikan kepada wilayah-wilayah bagian semenanjung Liberia yang diperintah oleh orang Islam selama beberapa waktu mulai tahun 711 sampai 1492 M. Pada 28 Ramadan tahun ke-92 H, panglima Islam bernama Tariq bin Ziyad dikirim pemerintahan Bani Umayyah untuk menawan Andalus.

Tariq memimpin armada Islam menyeberangi laut yang memisahkan Afrika dan Eropa. Setelah pasukan Islam mendarat, Tariq membakar kapal-kapal tentara Islam agar mereka tidak berpikir untuk mundur. Akhirnya pasukan Tariq berhasil menguasai Andalus dan menyelamatkan rakyat Andalus yang dizalimi. Islam bertapak di Andalus selama delapan abad.


8. Peperangan Zallaqah di Portugal


Peristiwa ini terjadi setelah subuh hari Jumat, bulan Ramadan tahun 459 H. Ketika itu, terjadi kebangkitan dinasti Murabit di Afrika Utara. Gubernur Cordova, Al Muktamin meminta bantuan Sultan Dinasti Murabit, Yusuf bin Tasyifin untuk memerangi Alfonso VI.

Tentara yang dipimpin oleh Alfonso VI yang berjumlah 80.000 tentara berhasil dikalahkan. Dalam waktu yang singkat Sultan Yusuf berhasil menguasai seluruh Spanyol dan menyelamatkan umat Islam. Setelah itu, Dinasti Murabit di Spanyol berdiri sejak 1090 sampai 1147 M.


9. Tentara Islam Mengalahkan Tentara Mongol


Pada tahun 126 sampai 1405 M, kaum Mongol melebarkan penaklukannya hampir semua benua Asia. Menurut sejarah, kekaisaran penaklukan mereka seluas 33 juta kilometer persegi. Jenderal tentara Mongol dikenal sebagai Genghis Khan. Dalam misi penaklukan itu, mereka membunuh lebih sejuta rakyat negara yang dikalahkan. Penaklukan mereka menjangkau sampai ke Moscow dan Kiev.

Pada tahun 1258, tentara pimpinan jenderal Hulagu Khan menyerbu kota Baghdad yang menjadi kemegahan Dinasti Abbasiah. Dalam serangan itu, banyak umat Islam terbunuh dan banyak buku karangan sarjana Islam dibuang ke dalam Sungai Eufrat dan Dajlah sehingga airnya menjadi hitam karena tinta. Pada 15 Ramadan 658 H bersamaan 1260 M, tentara Islam bangkit membuat serangan balas. Tentara Islam dan para ulama pimpinan Sultan Qutuz dari dinasti Mamluk, Mesir menyerbu ke Palestina setelah Mongol menguasainya. Kedua pihak bertemu di Ain jalut. Terjadilah Perang Ain Jalut.

Dalam pertempuran itu, tentara Islam meraih kemenangan dan berhasil menawan Kitbuqa Noyen, penasihat Hulagu Khan yang menasihatinya untuk menyerang Baghdad. Kitbuqa akhirnya dieksekusi. Kemenangan itu adalah suatu yang luar biasa saat Mongol yang terkenal dengan kekerasan akhirnya kalah pada tentara Islam.


10. Peperangan Yakhliz


Pada 15 Ramadan 1294 H, tentara Islam dari Dinasti Ottoman yang dipimpin oleh Ahmad Mukhtar Basya dengan jumlah 34.000 anggota mengalahkan tentara Rusia yang berjumlah 740.000. Sebanyak 10.000 tentara Rusia tewas dalam pertempuran itu. Ia menjadi kebanggaan umat Islam mempertahankan agama yang diancam oleh pemerintah Tzar di Rusia.


11. Direbutnya Garis Bar Lev, Israel


Dalam sejarah modern, terjadi Perang Yom Kippur yang melibatkan tentara Islam (Mesir dan Syria) dengan tentara Israel pada 10 Ramadan 1390 H bertepatan dengan 6 0ktober sampai 22 atau 24 Oktober 1973 M. Perang Yom Kippur, juga dikenal sebagai perang Arab-Israel 1973, Perang Oktober, dan Perang Ramadan.

Ia adalah bagian dari konflik Arab-Israel sejak dari tahun 1948. Pada bulan Juni 1967, terjadi perang enam hari antara Israel dengan Mesir, Syria dan Yordania. Dalam pertempuran itu, Israel berhasil menduduki bukit Golan, Syria, di utara dan semenanjung Sinai, Mesir, di selatan hingga ke kanal Suez. Setelah itu, Israel membangun barisan pertahanan di Sinai dan bukit Golan. Pada tahun 1971, Israel mengalokasikan USD 500 juta untuk membangun benteng dan kerja tanah raksasa yang dinamai Garis Bar Lev, mengambil nama jenderal Israel, Haim Ber Lev.


Tentara Islam berhasil merebut benteng itu sekaligus mengalahkan Israel. Antara peristiwa menarik dalam perang ini adalah peran seorang sarjana Islam merangkap sebagai Imam Masjid kota Suez, Syeikh Hafiz Salamah yang memimpin peperangan.

Sumber : http://www.kaskus.co.id/, 25 Juli 2012, 04:39 PM

Sabtu, 28 Juli 2012

Actinobacteria, Nenek Moyang Semua Makhluk Hidup di Bumi !!!


Lewat analisis menggunakan data bank gen, William Duax, pakar kimia dari State University of New York di Buffalo, berhasil mengidentifikasi nenek moyang dari semua makhluk hidup di Bumi.

Actinobacteria

Menurut analisis tersebut, nenek moyang semua makhluk hidup di Bumi adalah jenis bakteri Actinobacteria, jenis bakteri yang selama ini banyak menghasilkan antibiotik yang dibutuhkan manusia.

Analisis Duax dilakukan dengan membandingkan protein ribosom, protein yang bersama asam ribonukleat menyusun organ sel bernama ribosom, yang berperan dalam pembentukan protein itu sendiri.


Penelitian dilakukan dengan data bank gen. Protein dari beragam kingdom makhluk hidup dibandingkan untuk mengetahui moyangnya. Hasilnya, moyang terakhir dari makhluk hidup adalah bakteri Actinobacteria.

Protein ribosom selama ini banyak digunakan dalam kajian evolusi sebab mudah diidentifikasi secara akurat dan hanya ditransfer ke individu lewat reproduksi.

File:TreeActinobacteria.svg


Dengan analisis protein itu, peneliti bisa menempatkan individu dalam pohon evolusi. Protein yang dibandingkan dalam studi ini disebut S19 dan S13.

Bank gen kini memiliki 600.000 gen milik lebih dari 6.000 spesies. Hasil studi ini akan dipresentasikan di pertemuan tahunan American Crystallographic Association.

Penulis : Yunanto Wiji Utomo , Editor :Kistyarini
Sumber : LIVESCIENCE, dikutip dari http://sains.kompas.com/, Jumat, 27 Juli 2012, 20:41 WIB

Misteri Nenek Moyang Ular Terpecahkan.


Ilmuwan menemukan fosil ular purba yang bisa menjelaskan asal usul atau evolusi ular. Kajian yang dilakukan pada fosil itu dipublikasikan di jurnal Nature, Rabu (25/7/2012).

Hasil studi menunjukkan, ular berasal dari daratan, bukan dari dari lautan seperti selama ini diperkirakan. Ular diperkirakan merupakan hasil evolusi dari kadal penggali liang yang kehilangan kakinya.

Selama ini, asal usul ular masih menjadi perdebatan. Studi sulit dilakukan karena minimnya fosil hewan perantara (hewan yang memiliki ciri antara ular dan moyangnya).
 

Ular berasal dari makhluk bernama Coniophis precedens, memiliki tubuh ular tapi kepala kadal.

Fosil ular purba Coniophis precedens yang baru ditemukan di timur Wyoming, Amerika Serikat, bisa membantu mengurai misteri itu. Fosil tersebut berasal dari masa 65-70 juta tahun yang lalu.

Analisis yang dilakukan Nicholas Longrich dari Yale University mengungkap bahwa Coniophis precedens hidup di wilayah basah dan tak memiliki kemampuan gerak di air. Fauna itu bisa dikatakan setengah ular setengah kadal.

"Hewan ini kemungkinan besar memiliki kaki yang kecil," ungkap Longrich seperti dikutip BBC, Kamis (26/7/2012).

Ular purba dengan ukuran kecil dan karakteristik tulang bekalangnya dikategorikan sebagai hewan penggali liang. Mangsa ular purba ini adalah fauna besar bertubuh lunak. 

Ciri lain, ular purba itu belum memiliki rahang yang fleksibel seperti ular modern sehingga belum bisa memakan mangsa yang lebih besar dari tubuhnya.
(bukan) anak keturunan ular di masa depan


"Genesis dari Serpentes (nama biologis ular) dimulai dari evolusi pergerakan, diikuti dengan adaptasi yang memfasilitasi aktivitas memakan mangsa lebih besar yang akhirnya memungkinkan ular mengeksploitasi relung ekologi yang lebih luas," ungkap peneliti dalam publikasinya.

Penulis : Yunanto Wiji Utomo, Editor :A. Wisnubrata
Sumber : BBC Indonesia, dikutip dari http://sains.kompas.com/, Jumat, 27 Juli 2012, 13:53 WIB.

Bersepeda (Bukan) Olahraga Paling Sehat !!

 Olahraga sepeda menjadi pilihan populer banyak kalangan di negara maju dan berkembang. Tetapi sebenarnya seberapa bagus olahraga sepeda bagi kesehatan, terutama kalau anda sudah lama tidak berolahraga? Apakah renang atau gimnastik dengan keragaman fasilitasnya menjadi alternatif yang lebih baik?

Kalau menghitung jumlah kalori yang terbakar, olahraga sepeda sebenarnya bukanlah pilihan yang cukup ideal.


"Kalau membandingkan lari dan bersepeda dengan intensitas yang sama-sama tinggi, lari membakar lebih banyak kalori karena Anda harus memindahkan massa tubuh Anda secara terus menerus. Namun ini seperti membandingkan apel dan jeruk," kata Profesor Jamie Timmons dari Universitas Loughborough di Inggris.

Hanya membandingkan jumlah kalori yang dibakar untuk menentukan jenis olahraga yang Anda pilih tetapi mengabaikan konsekuensi olahraga tersebut bagi tubuh secara keseluruhan, tentu bukan pilihan bijak, terutama ketika Anda baru mulai lagi berolahraga.

 
Beban sendi


Lari mungkin lebih baik untuk terus menerus menggerakkan massa tubuh. Tetapi dengan itu semua sendi di tubuh juga terus menerus akan menerima beban hentakan.

Prof Timmons mengatakan itulah sebabnya bersepeda, sebagai olahraga low impact--hentakan rendah--menjadi pilihan tepat untuk mereka yang baru berolahraga kembali.

Sekitar 70% berat tubuh disalurkan ke sadel dan stang sepeda ketimbang pergelangan kaki. Dan semakin berat tubuh Anda, semakin berat juga sendi Anda menerima hentakan.

"Anda bisa melakukan olahraga sepeda yang intens dan menghindari cedera, karena tubuh Anda tidak menghentak ke bawah," kata Prof Timmons.

Dr Simon Kemp, dari Fakultas Olahraga dan Obat-obatan di Inggris, adalah penggemar sepeda dan mampu melakukan perjalanan panjang hingga 150 kilometer tanpa masalah.

Ia mengatakan bahwa salah satu keunggulan bersepeda adalah memberi kesempatan perbaikan teknik tanpa banyak upaya. Berbeda misalnya dengan renang yang menuntut perbaikan teknik untuk bisa maksimal.

"Anda bisa pulang pergi bersepeda ke tempat kerja dengan mudah. Itu intensitasnya cukup rendah hanya menggunakan sekitar 60% detak jantung."

Tentu saja segala macam bentuk olahraga membantu meningkatkan kesehatan. Tetapi penelitian membuktikan bersepeda bisa dikatakan paling baik.

Sebuah penelitian selama 15 tahun terhadap 30.640 orang yang tinggal di Kopenhagen menunjukkan bahwa mereka yang tidak bersepeda, 39% mempunyai kemungkinan meninggal lebih cepat.

Dr Kemp mengatakan, "Ada bukti tak terbantahkan bahwa mereka dengan kondisi badan yang tidak fit mempunyai risiko kematian yang disebabkan penyakit cardiovascular yang lebih tinggi."
 

Jumlah sperma menurun


Bersepeda merupakan bentuk olahraga yang paling gampang masuk dalam aktivitas keseharian. Berbeda dengan renang misalnya, yang mengharuskan kita pergi ke kolam renang, atau kalau berduit ya membangun kolam renang. Mereka yang suka angkat bebas harus ke gim. Tetapi bersepeda ke tempat kerja bisa dengan mudah masuk dalam kegiatan keseharian.

Namun begitu, bersepeda bukannya tanpa risiko. Dr Kemp menunjukkan bahwa risiko itu akan dialami terutama menimpa para atlet.

Terlalu banyak bersepeda bisa membuat wilayah kelamin kehilangan sensitifitas sensasinya. Juga muncul dugaan jumlah sperma yang menurun di kalangan pembalap pria.

Ancaman lain tentu saja kecelakaan. Di negara maju seperti Inggris, dikenal istilah puncak kembar dengan kecelakaan fatal mencapai titik tertinggi di pagi hari ataupun saat jam pulang kantor.

Namun secara keseluruhan menurut Dr Kemp, keuntungan kesehatan bersepeda jauh lebih tinggi dari risiko yang dihadapi.

Hanya saja Prof Timmon memperingatkan, "Anda mungkin kelihatan lucu mengenakan pakaian bersepeda." Maklum pakaian bersepeda biasanya berwarna mencolok dan menyala serta super ketat.


Editor : Asep Candra
Sumber : BBC Indonesia, dikutip dari http://health.kompas.com/, Sabtu, 28 Juli 2012, 11:59 WIB

Untuk Mendidik : Jangan Beri Uang pada Pengemis !

13299514991788490278
Pengemis cilik menantang maut di pintu angkutan umum

Mengapa? Karena dengan memberi uang pada pengemis berarti anda telah berkontribusi dalam memupuk kebiasaan mengemis, kebiasaan malas bekerja. Contoh gambar-gambar ini, mereka asyik tidur  di siang hari bolong tatkala rekan-rekannya yang lain sedang sibuk menjajakan koran/ makanan / minuman, menjadi tukang rongsokan atau memulung atau mengerjakan pekerjaan halal lainnya.

1329948055984389980
"Kelompok Pengemis" asyik tidur siang di jalan A. Yani Bandung

Kasus pengemis memang beragam. Ada yang menjadikan itu sebagai profesi sehingga mereka mengerjakan dengan sungguh-sungguh. Ada yang malas bekerja seperti gambar-gambar diatas, tidur ketika ingin tidur, mengemis ketika tidak ada uang untuk membeli makanan dan marah-marah apabila diberi uang recehan dibawah nominal Rp 500,00.

Selain itu sebetulnya pemberian uang pada pengemis/pengamen/pengelap kaca mobil merupakan pelanggaran peraturan daerah setempat.  DKI Jakarta mempunyai Perda Nomor 8 tahun 2007 tentang Ketertiban Umum pasal 40 c yang menyebutkan bahwa setiap orang atau badan dilarang memberikan sejumlah uang atau barang kepada pengemis, pengamen dan pengelap mobil. Pelanggar pasal tersebut dapat dikenai ancaman pidana kurungan paling singkat 10 hari dan paling lama 60 hari atau denda paling sedikit Rp 100 ribu dan paling banyak Rp 20 juta.

Kotamadya Bandung  mempunyai Perda Nomor 03 tahun 2005 pasal 39a tentang  larangan menggelandang/mengemis di tempat dan di muka umum serta fasilitas sosial lainnya serta pasal 39c  tentang larangan mengamen, mencari upah jasa dari pengelapan mobil dan usaha lainnya di simpang jalan, lampu merah. Bagi pelanggar akan terkena ancaman pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan dan atau denda paling banyak Rp 50 juta. Kota lain silakan tanya pakde Google, umumnya ada. Baik ditujukan pada si pemberi atau pada si pengemis.

Tujuan disusun dan disahkan Peraturan Daerah tentunya baik. Tidak sekedar untuk keindahan kota tetapi juga untuk penertiban dan shock therapy. Karena tanpa ketrampilan mereka mampu meraup puluhan ribu rupiah per hari hanya dengan menengadahkan tangan dan bermodalkan “tebal muka”.

Apalagi apabila dia kebetulan penderita cacat tubuh (penyandang disabilitas). Uang yang diraupnya bisa lebih dari Rp 100 ribu per hari. Tetapi seperti halnya pengemis yang kebetulan berfisik lengkap, pengemis penyandang disabilitas sebetulnya mempunyai pilihan. Pilihan untuk tidak mengemis. Bahkan pilihan bekerja di sektor formal.

1329948377300696900
Pengemis di depan toko buku Gramedia-Merdeka, Bandung.

Sebagai contoh ibu tunanetra yang mengemis di depan toko buku Gramedia Bandung (gambar atas). Di rumahnya pasti dia mampu mengerjakan tugas rumah tangga sehingga dia bisa menjadi pembantu rumah tangga (nonskill) dan bekerja di sektor formal sesuai pendidikan yang dia tempuh.

Untuk bekerja di sektor formal, seorang penyandang disabilitas memang harus berjuang  2 kali lebih berat dibanding seseorang yang memiliki fisik normal. Karena pemerintah masih setengah hati menerapkan Undang-Undang Nomor 4 tahun 1997 yang mencantumkan bahwa penyandang disabilitas memperoleh hak ketenagakerjaan sebesar 1 persen. Artinya setiap 100 orang pekerja, perusahaan wajib menerima 1 orang penyandang disabilitas. Tapi jangankan di perusahaan swasta, seorang penyandang disabilitas harus tersaruk-saruk untuk meraih mimpi sebagai pegawai negeri.

Di tahun 2009, penulis mendampingi sekitar 20 penyandang disabilitas yang ingin mandiri. Mereka mengikuti berbagai pelatihan dengan tujuan membangun usaha sendiri. Hanya 3 orang yang mampu menyelesaikan semua latihan. Sayangnya karena kesulitan menjalankan aktivitas membeli bahan baku dan pemasaran, mereka gagal menjadi pelaku UKM dan memilih menjadi pelatih kerajinan. Sekarang di setiap kegiatan komunitas, merekalah pelatih kerajinannya. Penghasilannya memang tidak seberapa, tergantung ada kegiatan pelatihan atau tidak. Tetapi mereka telah berjasa melatih ribuan orang. Mulai dari ibu-ibu komunitas, anak-anak SMPN dan SMAN serta para tahanan dan narapidana wanita. Bahkan 2 orang dosen ITB pernah mereka latih.

 1329948529363070528
Sesama penyandang disabilitas menuju Majalaya, memilih jadi pengemis (kiri), Yani (kanan) menjadi pelatih kerajinan ibu2

Membanggakan bukan? Mereka memilih jalur yang menjungjung tinggi harga diri. Tidak hanya untuk dirinya tapi juga untuk anak-anaknya. Berkat mereka jugalah, penulis mengetahui banyak kisah. Diantaranya kisah tetangga salah seorang dari mereka yang kebetulan penyandang disabilitas dan  memilih menjadi pengemis. Berangkat “kerja” di pagi hari baju mereka rapi dan modis, berganti baju di WC stasiun kereta api, mengemis hingga sore kemudian pulang dengan baju modisnya. Penghasilan mereka? Wow, ……..  hitung saja 4 orang x Rp 100.000 (minimal) x 26 hari (merekapun punya hari libur kerja) = Rp 10.400.000. Itu jumlah minimal, jumlah riilnya mungkin 2-3 x lipat karena mereka mempunyai kendaraan roda empat yang tersimpan rapi di garasinya.

Tentu saja semua orang punya alasan dalam bertindak. Baik si pemilik uang maupun si pengemis. Tetapi untuk menyalurkan sedekah, umat Islam mempunyai BAZ, PKPU, Rumah Zakat dan lembaga zakat lainnya yang memudahkan urusan dengan penyediaan transfer ATM. Demikian juga umat Kristiani, Budha dan Hindu mempunyai sistemnya masing-masing.

Masih nggak sreg, ingin memberikan secara langsung? Ustadz Aam Amirudin memberikan kiatnya yaitu memberikan uang lebih besar dari yang seharusnya pada tukang koran, anak-anak/ibu-ibu penjual makanan dan anak kecil yang sering menyewakan payung (ojek payung). Sedangkan ustadz Budi Prayitno mengajak mengumpulkan uang dalam kencleng, membelikan nasi bungkus dan membagikannya pada para pemulung dan tukang sampah. Intinya sih mengajak kita untuk sedikit berusaha dan melangkahkan kaki dalam bersedekah yaitu memberi pada mereka yang telah mau bekerja dengan giat namun berpenghasilan minim. Dalam bentuk apapun.

13299492501754578416
2 pengemis, beda generasi, beda penampilan

Karena kemalasan kita berarti memupuk kemalasan pengemis. Pengemis akan tumbuh subur seiring makin melebarnya jurang si miskin dan si kaya. Pilihan si miskin untuk menjadi pengemis adalah haknya. Sama halnya dengan kita, si pemilik uang receh. Mau memberikan uang tersebut agar si pengamen bersuara sumbang segera pergi atau bersikukuh tidak mau memberi.

Ibarat orang tua yang mendidik anak manja yang terus-terusan menangis dan merengek minta uang jajan. Tidak diberi, menjengkelkan karena membuat sakit telinga. Diberi, akan menjadi kebiasaan buruk karena dia tahu dengan menangis meraung-raung maka uang jajan akan selalu diberi. Perbedaannya, kita bisa mengarahkan anak dengan kasih sayang. Tidak demikian halnya dengan pengemis. Perlu ketegasan, karena sebetulnya mereka mempunyai perasaan malu juga.

Contohnya gambar dibawah ini,  ketika memotret tiga orang pengemis yang sedang asyik tidur siang di jembatan penyeberangan jalan Asia-Afrika, Bandung, di depan gedung bersejarah Indonesia, tempat berlangsungnya Konferensi Asia Afrika 1955 ………..eh si pengemis perempuan bangun dan memarahi penulis: “Ngapain foto-foto?”  Sambil pergi dan tersenyum dalam hati,  penulis menjawab: ” Salah sendiri tidur di tempat umum”.

Penulis : Maria Hardayanto
http://lifestyle.kompasiana.com/, 23 February 2012,10:50

Jumat, 27 Juli 2012

Virus Mahdi, "Hakim Akhir Jaman" , Yang Memainkan Musik Cadas di Pusat Nuklir Iran


Perang cyber antarnegara bakal kembali memanas. Tak lama setelah virus Flame ketahuan mencuri data dari komputer-komputer milik pemerintah Iran, sebuah virus mata-mata lainnya kembali ditemukan. Virus dari jenis Trojan ini diberi nama "Mahdi", diambil dari nama file yang dikopi oleh virus tersebut ke komputer yang terinfeksi melalui e-mail.

Sejak 8 bulan terakhir, sudah sekitar 800 komputer telah terinfeksi, sebagian besar di antaranya berasal dari Iran (387 komputer) dan Israel (54) komputer, menurut data yang diperoleh dari situs teknologi Cnet.


Korban-korbannya termasuk komputer milik perusahaan infrastruktur penting, keduataan besar, serta milik perusahaan jasa keuangan.

Virus Mahdi menyebar melalui attachment berupa file Word dan PowerPoint dari e-mail. Ketika dibuka, attachment tersebut men-download virus ke dalam komputer pengguna. 

Data lain dari Symantec menunjukkan bahwa virus ini telah menyebar keluar dari daerah Timur Tengah dan menyerang negara-negara di Eropa, Amerika Latin, dan Amerika Utara.


Sama seperti Flame, virus Mahdi mampu merekam ketikan keyboard, mengambil screenshot layar, merekam audio, serta mencuri file gambar dan teks. Virus kemudian mengirim data ke server command-and-control. Sebagian string yang dipakai dalam komunikasi ini ditulis dengan bahasa Farsi dan kalender dalam format Persia.

Masih  belum diketahui apakah virus ini merupakan senjata cyber yang sengaja dilepas sebuah negara atau bukan. Symantec mensinyalir bahwa pelaku dibelakangnya adalah seorang hacker yang memiliki agenda tertentu dengan menyerang komputer-komputer di negara-negara seperti Iran, Israel, dan Arab Saudi.

http://killhipsters.com/wp-content/uploads/2012/07/iranian_nuclear_facility_cooling_towers_acdc-589x354.jpg

Sebelumnya, Timur Tengah dibuat heboh oleh penemuan virus mata-mata Flame yang beredar bertahun-tahun tanpa ketahuan sebelum akhirnya kepergok mencuri data. Selanjutnya Fasilitas nuklir Iran terkena serangan virus yang langsung mematikan komputer-komputernya sekaligus memainkan musik dari band rock AC/DC.

Menurut laporan dari situs F-Secure Security Labs, sebuah virus atau worm baru telah mematikan “automation network” pada fasilitas Natanz dan Fordo di Iran.

Situs itu mengutip e-mail yang dikirim oleh ilmuwan di Badan Energi Atom Iran.

Anehnya, virus itu juga mampu langsung memerintahkan sejumlah komputer di sana untuk memainkan lagu Thunderstruck dari band AC/DC dengan volume penuh di tengah malam.

F-Secure Security Labs merupakan bagian dari F-Secure Oyi yaitu produsen software keamanan dan cloud asal Finlandia. Situs itu mengatakan tak dapat memverifikasi detil serangan yang digambarkan oleh email dari Iran itu.

Program nuklir Iran dan fasilitas minyaknya telah menjadi sasaran serangan cyber. Bulan Mei lalu, Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan serangan itu dilakukan oleh pemerintah dari sejumlah negara sebagai bagian dari “soft war”.
http://i.imgur.com/FkcZT.png

Iran menuduh Amerika Serikat dan Israel mencoba menyabotase kemajuan teknologinya. Kedua negara itu telah mengatakan aktivitas nuklir Iran mungkin bertujuan militer, namun Iran selalu menyangkalnya.

Sumber : http://tekno.kompas.com/.

Mengenang 2 Calon Astronaut Asal Indonesia : Pratiwi Pujilestari Sudarmono dan Taufik Akbar

 
Pratiwi Pujilestari Sudarmono lahir di Bandung 31 Juli 1952, adalah ilmuwan Indonesia, ia adalah profesor mikrobiologi di Universitas Indonesia , Jakarta .

Pratiwi Sudarmono menerima gelar Master dari Universitas Indonesia pada tahun 1977, dan Ph.D. dalam Biologi Molekuler dari Universitas Osaka , Jepang , pada tahun 1984. Dia kemudian memulai karir ilmiah nya sebagai penerima WHO meneliti biologi molekuler dari Salmonella typhi . Dari tahun 1994 sampai 2000, ia adalah kepala Departemen Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Dari tahun 2001 sampai 2002, dia adalah seorang sarjana di Fulbright New Century Scholars Program.

Setelah melalui seleksi yang ketat pada tanggal 30 September 1985, pada bulan Oktober 1985, ia terpilih sebagai calon astronaut. Pratiwi Pujilestari Sudarmono terpilih untuk ambil bagian dalam NASA misi Space Shuttle STS-61-H sebagai Spesialis Muatan. Taufik Akbar adalah cadangan nya pada misi. 

Taufik Akbar lahir di Medan, 8 Januari 1951 adalah seorang insinyur, Setelah lulus di Institut Teknologi Bandung dengan gelar Bachelor of Science di bidang Electrical Engineering pada tahun 1975, ia bekerja sebagai insinyur telekomunikasi. Bekerja untuk Telkom dalam pengembangan Palapa sistem satelit telekomunikasi, pada Oktober 1985 ia terpilih untuk ambil bagian dalam misi Space Shuttle STS-61-H sebagai Spesialis Muatan. Sementara Pratiwi Sudarmono dipilih berada di awak pesawat, ia seharusnya menjadi cadangan dia pada misi.

Setelah karir astronot, ia terus bekerja untuk Telkom. Pada 1990-92 dia Planning Manager Telekomunikasi Umum, General Manager Eksekutif Palapa Satelit Operasi (1992-1993), Direktur Utama Aplikanusa Lintasarta (1994-2000). Pada tahun 2000, ia menjadi Direktur Sumber Daya Manusia.  

http://www.virginmedia.com/images/challenger-431x300.jpg

Namun setelah bencana Challenger penyebaran satelit komersial seperti bahasa Indonesia Palapa B-3 direncanakan untuk misi itu dibatalkan, sehingga misi tidak pernah terjadi. Satelit ini kemudian diluncurkan dengan roket Delta .

Sumber : http://en.wikipedia.org/, 21 Juli 2012 di 20:45 UTC.

Kamis, 26 Juli 2012

Awas, Lempar Isu SARA Terancam Penjara

Kampanye hitam dengan berbekal isu mengenai suku, agama, ras, dan golongan tidak henti-hentinya mewarnai putaran kedua Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2012. Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) DKI Jakarta, Ramdansyah, mengatakan bahwa dilarang keras melakukan fitnah, menghasut, dan menghina seseorang terkait masalah sara saat sedang berkampanye di depan publik.

"Itu ada undang-undangnya. Jadi tidak bisa berkampanye dengan cara seperti itu," kata Ramdansyah, Kamis (26/7/2012) di Jakarta.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 Pasal 78 huruf (b), dalam kampanye dilarang menghina seseorang, agama, suku, ras, golongan, dan calon kepala daerah atau wakil kepala daerah atau partai politik. Pada Pasal 116 ayat 2, dijelaskan bahwa bagi tiap orang yang dengan sengaja melanggar ketentuan larangan pelaksanaan kampanye sebagaimana dimaksud dalam Pasal 78 huruf (b), maka akan diancam dengan pidana penjara paling singkat tiga bulan atau paling lama 18 bulan dan atau denda paling sedikit Rp 600.000 dan paling banyak Rp 6.000.000.

"Jadi sebaiknya menghasut dalam kampanye sebaiknya dihindari," ujar Ramdansyah.

Beberapa waktu ini, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo-Basuki T Purnama, menjadi korban kampanye hitam yang membawa isu SARA. Tim sukses pasangan nomor urut tiga itu telah melaporkan kepada Panitia Pengawas Pemilu mengenai selebaran gelap di kawasan Jelambar Baru, Jakarta Barat, yang berisi pesan bahwa kemenangan Jokowi-Ahok adalah kemenangan etnis dan agama tertentu.

Penulis : Riana Afifah,  Laksono Hari W |
Sumber : http://pilkada.kompas.com/, Kamis, 26 Juli 2012, 14:05 WIB

Rabu, 25 Juli 2012

20 Mukjizat Puasa terhadap Kesehatan Manusia


Berbagai penelitian telah mengungkap adanya mukjizat puasa ditinjau dari perpekstif medis modern. Dalam penelitian ilmiah, tidak ditemukan efek merugikan dari puasa Ramadhan pada jantung, paru, hati, ginjal, mata, profil endokrin, hematologi dan fungsi neuropsikiatri.

Penelitian meta analisis atau penelitian terhadap berbagai Abstrak Terkait ini diperoleh dari Medline dan jurnal lokal di negara-negara Islam 1960-2009. Seratus tiga belas artikel yang memenuhi kriteria untuk pemilihan kertas dikaji secara mendalam untuk mengidentifikasi rincian bahan terkait.



Hasilnya, terdapat manfaat luar biasa dan tidak disangka sebelumnya oleh para ilmuwan tentang adanya mukjizat puasa Ramadhan bagi kesehatan manusia. Meskipun puasa Ramadhan aman untuk semua orang sehat dan beberapa kondisi sakit tertentu, namun dalam keadaan penyakit tertentu seseorang harus berkonsultasi dengan dokter dan mengikuti rekomendasi ilmiah.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling dinanti oleh umat muslim. Saat itu, dianggap sebagai bulan yang penuh berkah dan rahmah. Semua umat muslim yang sehat dan sudah akil balik diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh. Meskipun untuk sebagian orang ibadah puasa cukup berat, tetapi terdapat keistimewaan untuk mendapatkan hikmah dari Allah berupa kebahagian, pahala berlipat, dan bahkan suatu muhjizat dalam kesehatan.

Allah berjanji akan memberikan berkah kepada orang yang berpuasa. Seperti ditegaskan sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Suny dan Abu Nu'aim: "Berpuasalah maka kamu akan sehat." Dengan berpuasa, akan diperoleh manfaat secara biopsikososial berupa sehat jasmani, rohani dan sosial. Rahasia kesehatan yang dijanjikan dalam berpuasa inilah yang menjadi daya tarik ilmuwan untuk meneliti berbagai aspek kesehatan puasa secara psikobiologis, imunopatofisilogis dan biomolekular.
Para pakar nutrisi dunia mendefinisikan puasa atau kelaparan (starvasi) sebagai pantangan mengkonsumsi nutrisi baik secara total atau sebagian dalam jangka panjang atau jangka pendek. Sedangkan konsep puasa dalam Islam secara substansial adalah menahan diri tidak makan, minum dan berhubungan suami istri mulai terbit fajar hingga terbenam matahari dengan disertai niat. Sehingga puasa memiliki perbedaan dibandingkan starvasi biasa.


Inilah 20 Mukizat Puasa Terhadap Kesehatan Manusia

1. Keseimbangan anabolisme dan katabolisme
Berbeda dengan kelaparan atau starvasi dalam berbagai bentuk dapat mengganggu kesehatan tubuh. Namun sebaliknya, dalam puasa ramadhan terjadi keseimbangan anabolisme dan katabolisme yang berakibat asam amino dan berbagai zat lainnya membantu peremajaan sel dan komponennya memproduksi glukosa darah dan mensuplai asam amino dalam darah sepanjang hari. Cadangan protein yang cukup dalam hati karena asupan nutrisi saat buka dan sahur akan tetap dapat menciptakan kondisi tubuh untuk terus memproduksi protein esensial lainnya seperti albumin, globulin dan fibrinogen. Hal ini tidak terjadi pada starvasi jangka panjang, karena terjadi penumpukan lemak dalam jumlah besar, sehingga beresiko terjadi sirosis hati. Sedangkan saat puasa di bulan ramadhan, fungsi hati masih aktif dan baik.

2. Tidak akan mengakibatkan pengasaman dalam darah.
Kemudian juga berbeda dengan starvasi, dalam puasa Islam penelitian menunjukkan asam amino teroksidasi dengan pelan dan zat keton tidak meningkat dalam darah sehingga tidak akan mengakibatkan pengasaman dalam darah.

3. Tidak berpengaruh pada sel darah manusia
Dalam penelitian, saat puasa tidak berpengaruh pada sel darah manusia & tidak terdapat perbedaan jumlah retikulosit, volume sel darah merah serta rata-rata konsentrasi hemoglobin (MCH, MCHC) dibandingkan dengan orang yang tidak berpuasa.

4. Puasa pada penderita diabetes tipe 2 tidak berpengaruh
Puasa ramadhan pada penderita diabetes tipe 2 tidak berpengaruh dan tidak terdapat perbedaan protein gula, protein glikosilat dan hemoglobin glikosilat. Namun pada penderita diabetes tipe tertentu sebaiknya harus berkonsultasi dengan dokter bila hendak berpuasa. Diantaranya adalah penderita diabetes dengan keton meningkat, sedang hamil, usia anak atau komplikasi lain seperti gagal ginjal dan jantung.

5. Pengaruh pada Ibu hamil dan menyusui
Terdapat sebuah penelitian puasa pada ibu hamil, ibu menyusui, dan kelompok tidak hamil dan tidak menyusui di perkampungan Afika Barat. Ternyata dalam penelitian tersebut disimpulkan tidak terdapat perbedaan kadar glukosa serum, asam lemak bebas, trigliserol, keton, beta hidroksi butirat, alanin, insulin, glucagon dan hormon tiroksin.

6. Pengaruh pada janin saat ibu hami berpuasa
Penelitian di Departemen Obstetri dan Ginekologi dari Gaziantep University Hospital, terhadap 36 wanita sehat dengan kehamilan tanpa komplikasi berturut-turut dari 20 minggu atau lebih, yang berpuasa selama bulan Ramadhan untuk mengevaluasi efek Ramadan pada janin, pengukuran Doppler ultrasonografi dalam peningkatan diameter biparietal janin (BPD), peningkatan panjang tulang paha janin (FL), meningkatkan berat badan diperkirakan janin (EFBW), profil biofisik janin (BPP), indeks cairan amnion (AFI), dan rasio arteri umbilikalis sistol / diastol (S / D) rasio.
Kortisol serum ibu, trigliserida, kolesterol total, low-density lipoprotein (LDL), high density lipoprotein (HDL), very Low density lipoprotein (VLDL), dan LDL / HDL rasio juga dievaluasi sebelum dan sesudah Ramadhan. Hasil penelitian menunjukkan, tidak ada perbedaan signifikan yang ditemukan antara kedua kelompok untuk usia janin, berat badan ibu, perperkiraan kenaikan berat badan janin (EFWG), BPP janin, AFI, dan rasio arteri umbilikalis S / D.

7. Penurunan glukosa dan berat badan
Studi kohort dilakukan pada 81 mahasiswa Universitas Teheran of Medical Sciences saat berpuasa. Dilakukan evaluasi berat badan, indeks massa tubuh (BMI), glukosa, trigliserida (TG), kolesterol, lipoprotein densitas rendah (LDL), high density lipoprotein (HDL), dan Very Low density lipoprotein (VLDL), sebelum dan sesudah Ramadhan. Studi ini menunjukkan bahwa puasa Ramadhan menyebabkan penurunan glukosa dan berat badan. Meskipun ada penurunan yang signifikan dalam frekuensi makan, peningkatan yang signifikan dalam LDL dan penurunan HDL tercatat pada bulan Ramadhan. Tampaknya efek puasa Ramadhan pada tingkat lipid dalam darah mungkin berkaitan erat dengan pola makan gizi atau respon kelaparan biokimia.

8. Pengaruh pada fungsi kelenjar gondok
Ketika berpuasa ternyata juga terbukti tidak berpengaruh pada fungsi kelenjar gondok manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kadar plasma tiroksin (TS),tiroksin bebas, tironin triyodium dan hormon perangsang gondok (TSH) pada penderita laki-laki yang berpuasa.

9. Pengaruh pada hormon virgisteron
Sedangkan pada penelitian hormon wanita tidak terjadi gangguan pada hormon virgisteron saat melaksanakan puasa. Tetapi, 80% populasi penelitian menunjukkan penurunan hormon prolaktin. Penelitian ini menunjukkan harapan baru bagi penderita infertilitas atau kemandulan wanita yang disebabkan peningkatan hormon prolaktin. Sehingga saat puasa, wanita tetap berpeluang besar untuk tetap pada kondisi subur.

10. Bermanfaat Bagi Jantung
Beberapa penelitian menyebutkan sebenarnya tidak terdapat perbedaan yang mencolok saat berpuasa dibandingkan saat tidak berpuasa. Puasa Ramadhan tidak mempengaruhi secara drastis metabolisme lemak, karbohidrat dan protein. Meskipun terjadi peningkatan serum uria dan asam urat sering terjadi saat terjadi dehidrasi ringan saat puasa. Saat berpuasa ternyata terjadi peningkatan HDL dan apoprotein alfa1. Penurunan LDL sendiri ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Beberapa penelitian "chronobiological" menunjukkan saat puasa Ramadhan berpengaruh terhadap ritme penurunan distribusi sirkadian dari suhu tubuh, hormon kortisol, melatonin dan glisemia. Berbagai perubahan yang meskipun ringan tersebut tampaknya juga berperan bagi peningkatan kesehatan manusia.

11. Memperbaiki dan merestorasi fungsi dan kinerja sel
Saat puasa terjadi perubahan dan konversi yang masif dalam asam amino yang terakumulasi dari makanan, sebelum didistribusikan dalam tubuh terjadi format ulang. Sehingga, memberikan kesempatan tunas baru sel untuk memperbaiki dan merestorasi fungsi dan kinerjanya. Pola makan saat puasa dapat mensuplai asam lemak dan asam amino penting saat makan sahur dan berbuka. Sehingga terbentuk tunas-tunas protein , lemak, fosfat, kolesterol dan lainnya untuk membangun sel baru dan membersihkan sel lemak yang menggumpal di dalam hati. Jumlah sel yang mati dalam tubuh mencapai 125 juta perdetik, namun yang lahir dan meremaja lebih banyak lagi.

12. Sangat efektif meningkatkan konsentrasi urin dalam ginjal serta meningkatkan kekuatan osmosis urin
Penghentian konsumsi air selama puasa sangat efektif meningkatkan konsentrasi urin dalam ginjal serta meningkatkan kekuatan osmosis urin hingga mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air. Dalam keadaan tertentu hal ini akan memberi perlindungan terhadap fungsi ginjal. Kekurangan air dalam puasa ternyata dapat meminimalkan volume air dalam darah. Kondisi ini berakibat memacu kinerja mekanisme lokal pengatur pembuluh darah dan menambah prostaglandin yang pada akhirnya memacu fungsi dan kerja sel darah merah.

13. Dalam keadaan puasa ternyata dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Penelitian menunjukkan saat puasa terjadi peningkatan limfosit hingga sepuluh kali lipat. Kendati keseluruhan sel darah putih tidak berubah ternyata sel T mengalami kenaikkan pesat. Pada penelitian terbaru menunjukkan bahwa terjadi penurunan kadar apo-betta, menaikkan kadar apo-alfa1 dibandingkan sebelum puasa. Kondisi tersebut dapat menjauhkan serangan penyakit jantung dan pembuluh darah.

14. Penurunan berbagai hormon salah satu rahasia hidup jangka panjang
Penelitian endokrinologi menunjukkan bahwa pola makan saat puasa yang bersifat rotatif menjadi beban dalam asimilasi makanan di dalam tubuh. Keadaan ini mengakibatkan penurunan pengeluaran hormon sistem pencernaan dan insulin dalam jumlah besar. Penurunan berbagai hormon tersebut merupakan salah satu rahasia hidup jangka panjang.

15. Bermanfaat dalam pembentukan sperma
Manfaat lain ditunjukan dalam penelitian pada kesuburan laki-laki. Dalam penelitian tersebut dilakukan penelitian pada hormon testoteron, prolaktin, lemotin, dan hormon stimulating folikel (FSH), Ternyata hasil akhir kesimpulan penelitian tersebut puasa bermanfaat dalam pembentukan sperma melalui perubahan hormon hipotalamus-pituatari testicular dan pengaruh kedua testis.

16. Bermanfaat untuk penderita radang persendian (encok) atau rematoid arthritis
Manfaat lain yang perlu penelitian lebih jauh adalah pengaruh puasa pada membaiknya penderita radang persendian (encok) atau rematoid arthritis. Parameter yang diteliti adalah fungsi sel penetral (netrofil) dan progresifitas klinis penderita. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat korelasi antara membaiknya radang sendi dan peningkatan kemampuan sel penetral dalam membasmi bakteri.

17. Memperbaiki hormon testoteron dan performa seksual
Dalam sebuah jurnal endokrin dan metabolisme dilaporkan penelitian puasa dikaitkan dengan hormon dan kemampuan seksual laki-laki. Penelitian tersebut mengamati kadar hormon kejantanan (testoteron), perangsang kantung (FSH) dan lemotin (LH). Terjadi perubahan kadar berbagai hormon tersebut dalam tiap minggu. Dalam tahap awal didapatkan penurunan hormon testoteron yang berakibat penurunan nafsu seksual tetapi tidak menganggu jaringan kesuburan. Namun hanya bersifat sementara karena beberapa hari setelah puasa hormon testoteron dan performa seksual meningkat pesat melebihi sebelumnya

18. Memperbaiki kondisi mental secara bermakna
Seorang peneliti diMoskow melakukan penelitian pada seribu penderita kelainan mental termasuk skizofrenia. Ternyata dengan puasa sekitar 65% terdapat perbaikan kondisi mental yang bermakna. Berbagai penelitian lainnya menunjukkan ternyata puasa Ramadhan juga mengurangi risiko kompilkasi kegemukan, melindungi tubuh dari batu ginjal, meredam gejolak seksual kalangan muda dan penyakit lainnya yang masih banyak lagi.

19. Peningkatan komunikasi psikososial baik dengan Allah dan sesama manusia
Manfaat puasa bagi kehidupan psikososial memegang peranan penting dalam kesehatan manusia. Dalam bulan puasa terjadi peningkatan komunikasi psikososial baik dengan Allah dan sesama manusia. Hubungan psikologis berupa komunikasi dengan Allah akan meningkat pesat, karena puasa adalah bulan penuh berkah. Setiap doa dan ibadah akan berpahala berlipat kali dibandingkan biasanya. Bertambahnya kualitas dan kuantitas ibadah di bulan puasa akan juga meningkatkan komunikasi sosial dengan sesama manusia baik keluarga, saudara dan tetangga akan lebih sering. Berbagai peningkatan ibadah secara langsung akan meningkatkan hubungan dengan Pencipta dan sesamanya ini akan membuat jiwa lebih aman, teduh, senang, gembira, puas serta bahagia.

20. Menurunkan adrenalin
Keadaan psikologis yang tenang, teduh dan tidak dipenuhi rasa amarah saat puasa ternyata dapat menurunkan adrenalin. Saat marah terjadi peningkatan jumlah adrenalin sebesar 20-30 kali lipat. Adrenalin akan memperkecil kontraksi otot empedu, menyempitkan pembuluh darah perifer, meluaskan pembuluh darah koroner, meningkatkan tekanan darah arterial dan menambah volume darah ke jantung dan jumlah detak jantung. Adrenalin juga menambah pembentukan kolesterol dari lemak protein berkepadatan rendah. Berbagai hal tersebut ternyata dapat meningkatkan resiko penyakit pembuluh darah, jantung dan otak seperti jantung koroner, stroke dan lainnya.
Berbagai kajian ilmiah melalui penelitian medis telah menunjukkan bahwa ternyata puasa sebulan penuh saat bulan ramadhan bermanfaat sangat luar biasa bagi tubuh manusia. Sebaliknya banyak penelitian menunjukkan bahwa puasa berbeda dengan starvasi biasa, secara umum tidak akan mengganggu tubuh manusia. Dalam mencermati temuan ilmiah tersebut akan lebih diyakini bahwa berkah kesehatan yang dijanjikan dalam berpuasa ternyata bukan sekedar teori dan opini. Manfaat puasa bagi kesehatan sebagian telah terbukti secara ilmiah. Wajar saja, bahwa puasa adalah saat yang paling dinantikan oleh kaum muslim karena memang terbukti secara ilmiah menjanjikan berkah dan mukjizat dalam kesehatan manusia. 


Penulis : Dr. Widodo Judarwanto Sp.A 
http://health.kompas.com/, Rabu, 25 Juli 2012, 11:33 WIB

Selasa, 24 Juli 2012

Inilah Khasiat Kurma bagi Kesehatan !

Pohon Kurma
 
KURMA atau dalam bahasa Arab disebut Tamr adalah sejenis tanaman palma yang buahnya bisa dimakan. Pohonnya berukuran sedang, dengan tinggi sekitar 15-25 meter. Buahnya cenderung lonjong atau agak bulat dengan warna yang beragam. Ada yang warnanya kuning keemasan, kuning kecokelatan, merah hingga kehitaman.

Kurma pada jaman dahulu digunakan sebagai makanan pokok (bahkan mungkin sampai sekarang). Nutrisinya beragam, mulai karbohidrat, lemak, protein, air, vitamin C hingga mangan. Dalam 100 gram kurma segar, terdapat kandungan energi sebesar 230kcal, tak heran apabila kurma menjadi salah satu makanan pembuka puasa ringan. Selain kandungan karbohidrat yang membantu mensupport energi, buah kurma juga punya khasiat lain di bidang kesehatan.

Kasiat Kurma (Iklan)
 
Khasiat pertama, seperti dilansir oleh majalahkesehatan.com, kaum Arab Badui yang makan kurma secara teratur kabarnya memiliki tingkat kanker dan penyakit jantung yang rendah.

Khasiat kedua, buah kurma juga kaya akan serat sehingga dapat menyerap kolesterol jahat di dalam usus. Seratnya akan membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar.

Khasiat ketiga
, sebagai makanan laksatif, kurma dapat melancarkan buang air besar (BAB) dan mencegah sembelit.

Khasiat keempat, di dalam kurma juga ada kandungan antioksidan yang disebut tanin. Tanin ini bersifat anti-infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemoragik.

Khasiat kelima
, selain mengandung vitamin C, ada sedikit kandungan vitamin A pada kurma. Menjaga kesehatan mata dan kulit secara alami.

Khasiat keenam, merupakan sumber zat besi yang baik, kurma membantu melancarkan peredaran oksigen di dalam darah.

Khasiat ketujuh
, kurma juga kaya akan vitamin K dan vitamin B, yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, serta berperanan penting dalam pembekuan darah serta metabolisme tulang.


Sekarang, tak ada keraguan lagi untuk menambahkan kurma dalam menu berbuka puasa Anda, kan?

Sumber : http://www.http.com//www.vemale.com/, Dikutip dari : http://atjehpost.com/, Selasa, 24 Juli 2012 09:01 WIB