Selasa, 09 Agustus 2016

Menengok Kecanggihan Kokpit Pesawat Tempur SU-35, (Calon) Elang Tempur Masa Depan TNI-Angkatan Udara.


Anda pasti tahu kehebatan Su-35 saat bermanuver atau dalam posisi statis di pangkalan udara, tidak ada salahnya kali ini kita mengetahui jeroan kokpit Su-35, lengkap dengan fungsi tombol dan tampilan pada layar monitor multifungsinya.

77862f296e6f

Pada stik kontrol pilot, tersedia bermacam-macam tombol dengan fungsinya masing-masing.

  1. Tombol mematikan kontrol otomatis. Ada dua tombol termasuk satu lagi tuas di bawah jari kelingking pilot yang menonaktifkan kontrol otomatis secara berkala sesuai keinginan pilot.
  2. Swicth empat mode untuk memilih mode tempur dan navigasi avionic yang kompleks.
  3. Tombol ‘Zero Roll”. Dalam kasus kehilangan orientasi karena tekanan gravitasi pilot dapat menekan tombol ini untuk secara otomatis mengembalikan pesawat tempur ke posisi lurus.
  4. Kontrol joystick untuk menggerakkan posisi kursor pada layar monitor.
  5. Tombol “manuver” atau pesawat tempur dalam mode supermanuver.
  6. Tombol untuk menembakkan meriam GAU-30 mm, untuk persenjataan rudal, ada tombol berbentuk pelatuk didepan stik.

Pada tuas kontrol tenaga mesin di samping kiri pilot juga tersedia bermacam-macam tombol dengan fungsinya masing-masing.

0b2f5b14f8a0


  1. Empat Sistem kontrol switch dengan 14 fungsi yang berbeda (termasuk mode tempur atau pengintaian).
  2. Tombol ‘Enter’.
  3. Radio – satu switch dengan dua radio.
  4. Tombol untuk mengunci aksi pilot.
  5. Pemilihan senjata. Setiap mode pertempuran sudah disesuaikan persenjataannya, tetapi pilot juga dapat memilih sendiri senjata yang ingin digunakan.

Pada layar monitor di depan pilot juga tersedia screen monitor dengan beragam tampilan dan fungsi yang berbeda. Cukup dengan satu tangan di tongkat stik, pilot dapat memilih fungsi yang berbeda.

753a5db83506


  1. Layar multifungsi 15 inchi MFD-35. terdiri dari beberapa frame layar yang menginformasikan data penerbangan, navigasi, persenjataan dan kondisi teknis pesawat. Ada tombol tujuan multifungsi tergantung dari informasi yang ditampilkan, dengan petunjuk sesuai yang ditampilkan di sebelah tombol.
  2. Garis mode kontrol avionik kompleks. ada lima tampilan informasi: posisi target udara pada jarak dekat dan jarak jauh, posisi target permukaan pada jarak dekat dan jauh, dan tampilan navigasi. Setiap mode menyediakan satu set informasi yang ditampilkan pada layar, termasuk tampilan persenjataan yang dipilih pilot. Pilot dapat memilih mode yang diinginkan dengan ibu jari kanan yang berarti hampir semua fungsi dari pesawat dapat dikendalikan tanpa perlu melepaskan tangan dari stik.
  3. Sebuah perangkat sistem backup terintegrasi, adalah salah satu perangkat penting keselamatan pilot dan pesawat, termasuk indikator ketinggian pesawat. Perangkat akan membantu pilot untuk kembali ke pangkalan saat mengalami kegagalan avionik utama. Sebelumnya perangkat tersebut hanya tersedia dalam bentuk switch (alarm), sekarang memiliki layar multifungsi sendiri termasuk dengan baterai cadangan .
  4. Layar Inframerah Multi-fungsi IR-LED 4 x 5-inci dan push-tombol yang digunakan untuk mengkonfigurasi semua sistem pesawat, termasuk penampakan radar dan peralatan navigasi, persenjataan dan tampilan video.
  5. Tampilan indikator penerbangan dan screen control yang memberikan tampilan informasi dasar penerbangan, seperti ketinggian pesawat, kecepatan, indikator, dan pilihan persenjataan pada pesawat tempur .
  6. Kontrol traksi otomatis dan sistem kontrol otomatis. Yang memberikan pilot kemudahan mempertahankan kecepatan pesawat tempur, manuver yang dikendalikan secara otomatis oleh komputer pesawat, termasuk jalur penerbangan pesawat yang sudah di set sesuai dengan rencana penerbangan, termasuk saat pesawat tempur take-off dan landing, serta keputusan penggunaan persenjataan.

Sumber : jakartagreater.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...