Anggota Keluarga Terserang Flu? Lakukan 4 Hal Ini agar Tak Tertular...


Flu bisa menyerang siapa saja, termasuk orang terdekat Anda. Sayangnya, penyakit ini mudah sekali menular pada orang lain. Lalu, jika orang terdekat kita sedang menderita flu, bagaimana agar kita tidak tertular? 

Untuk menjawab hal ini, Kompas.com mencoba menghubungi dokter Reisa Kartikasari atau yang juga dikenal dengan Reisa Broto Asmoro. 

1. Vaksin 
Menurut Reisa, flu kebanyakan disebabkan oleh virus. Untuk itu, dia menyebut, agar terhindar dari flu bisa mencegahnya dengan vaksin. "Dokter biasanya merekomendasikan pemberian vaksin pada awal menjelang musim pancaroba dan diulang setiap tahun," kata Reisa. Baca juga: Banyak Minum hingga Olahraga, Ini Tips Cegah Flu ala Dokter Reisa 

2. Rajin Mencuci Tangan 
Sementara itu, untuk mencegah penularan antar-orang, Reisa menegaskan pentingnya kebersihan lingkungan. "Harus rajin mencuci tangan dengan bersih, menjaga lingkungan sekitar dengan bersih dan higienis juga," tuturnya. 

3. Kualitas Udara 
Salah satu yang menjadi perhatian Reisa untuk mencegah penularan flu antar-orang adalah kualitas udara. "Perhatikan kualitas udara ruangan, bisa dengan air disinfectant atau air purifier untuk membunuh kuman," tegasnya. 
4. Bersihkan Barang Bersama 
Dalam sebuah rumah, tentunya ada benda-benda yang digunakan atau dipakai bersama. Menurut Reisa, benda-benda tersebut bisa menjadi media penularan virus flu dari satu orang ke orang lain. 

"Bersihkan gagang pintu, pegangan tangga, remote, dan lain-lain, barang-barang yang digunakan bersama yang berhubungan dengan orang terkena flu," kata Reisa. 

"Karena virus flu dapat bertahan pada benda sampai dengan dua hari," imbuhnya.

Penulis : Resa Eka Ayu Sartika
Editor : Resa Eka Ayu Sartika
Sumber : sains.kompas.com, 10 Pebruari 2019, 20:41 WIB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Jika Naga Hidup di Dunia Nyata, Bagaimana Cara Mereka Semburkan Api?