Aturan Berpuasa untuk Ibu yang Tengah Menyusui.


Tak ada larangan untuk berpuasa bagi ibu yang sedang menyusui di bulan Ramadhan. Namun memang para ibu harus lebih memperhatikan asupan kalori saat sahur dan buka puasa. 

“Ibu yang sedang menyusui membutuhkan lebih dari 500 kalori setiap harinya, dan protein sebanyak 20 gram lebih tinggi dari ibu lainnya yang tidak menyusui,” ujar dr. Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK, pada acara perilisan tiga varian buah Nusantara dari Buavita, di The Patio, Jalan Wijaya XIII No. 45, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (15/7/14).

 Lebih lanjut dokter yang akrab disapa Fi ini mengatakan, ibu menyusui yang ingin menunaikan ibadah puasa, saat buka puasa dan sahur harus mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang lebih besar dibandingkan saat tidak berpuasa. Disarankan,  usai ibadah tarawih, para ibu menyusui sebaiknya  kembali menyantap makanan berat yang kaya gizi.

Namun, pastikan agar kandungan lemak dan karbohidrat jangan sampai berlebihan, tapi perbanyaklah protein dari telur, ikan, daging ayam, dan daging merah. Selain kesehatan fisik, dr Fi mengatakan agar para ibu menjaga emosi dan pikiran, karena tekanan dan stres dapat mempengaruhi jumlah produksi ASI. "Jangan terlalu stress, karena air susu dapat berkurang," ujarnya. 

Penulis : Silvita Agmasari
Editor : Syafrina Syaaf
Sumber : http://female.kompas.com/, Selasa, 15 Juli 2014, 21:45 WIB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??