Jumat, 11 Juli 2014

Awas ! Penyakit Yang Menderita Hampir Semua Pria : Caligynephobia (Penyakit Takut Pada Wanita Cantik)...


Anda merasa deg-degan saat bertemu wanita cantik ?
Anda merasa berkeringat dan lutut anda lemas saat berhadapan dengan wanita cantik ?
Anda kehilangan akal dan tidak bisa berkata-kata saat didekat wanita cantik ?

Jika anda menjawab "ya" pada pertanyaan di atas, hati-hati anda pengidap penyakit  Caligynephobia ( takut khusus pada wanita cantik) atau lebih parah lagi penyakit Gynophobia (takut pada semua wanita) !

Artikel ini bukan lelucon, artikel ini membahas sebuah penyakit psikologi yaitu phobia terhadap wanita. Penyakit phobia terhadap wanita ada 2 jenis yaitu :
  1. Gynophobia (dari bahasa Yunani γυνή - gune, "wanita" dan φόβος - phobos, "takut", juga dieja sebagai gynephobia) adalah ketakutan abnormal perempuan. Di masa lalu, Latin feminae horor jangka digunakan, yang berarti "takut wanita". 
  2. Caligynephobia adalah takut wanita cantik. Asal usul kata cali adalah bahasa Yunani (artinya cantik), gyne adalah Yunani (berarti wanita atau perempuan) dan fobia adalah Yunani (berarti takut). Caligynephobia dianggap fobia spesifik, yang dibahas di halaman rumah. Caligynephobia juga dikenal sebagai Calligyniaphobia, Venustaphobia dan Venustraphobia dan terkait dengan Gynephobia dan Gynophobia (takut wanita).

Sejarah.

Gynophobia sebelumnya dianggap sebagai kekuatan pendorong ke arah homoseksualitas . Pada tahun 1896 ia Studi di Psikologi Sex, Havelock Ellis menulis:

Hal ini, mungkin, tidak sulit untuk menjelaskan kengerian - jauh lebih kuat daripada yang biasanya dirasakan menuju orang berjenis kelamin yang sama - dengan yang invert sering menganggap organ seksual dari orang-orang dari lawan jenis. Hal ini tidak bisa dikatakan bahwa organ seksual baik seks di bawah pengaruh gairah seksual yang estetis menyenangkan; mereka hanya menjadi emosional diinginkan melalui kegembiraan paralel yang melihatnya. Ketika tidak adanya kegembiraan paralel disertai dalam melihatnya dengan rasa pahaman seperti di masa kanak-kanak, atau oleh hypersensitiveness neurotik, kondisi yang hadir untuk produksi horor intens feminae atau masculis horor , sebagai kasus mungkin. Ada kemungkinan bahwa, sebagai Otto Peringkat berpendapat dalam studi yang menarik itu, "Die Nacktheit di Sage und Dichtung," [sic] horor ini dari organ seksual lawan jenis, sampai batas tertentu dirasakan bahkan oleh orang normal, diwujudkan dalam Melusine jenis legenda. 

Dalam bukunya Sadisme dan masokisme: The Psychology of Kebencian dan Kekejaman, Wilhelm Stekel membahas feminae horor dari laki-laki masokis .

Beberapa penulis menganggap abad pertengahan penyihir-perburuan dan mitos tentang Amazon dan menjadi manifestasi dari Gynophobia dalam kebudayaan manusia. Sebagai contoh, Eva Keuls menyatakan bahwa Amazon kekerasan adalah bukti Gynophobia di Classical Athens . 

Wanita memang makhluk yang indah dan mempesona. Hampir setiap orang suka memperhatikan wanita yang cantik. Tapi tidak bagi penderita caligynephobia, paras wanita yang cantik justru membuatnya ketakutan alias fobia. Menurut American Psychological Association, fobia adalah salah satu gangguan mental yang paling umum, yang mempengaruhi lebih dari 11 persen pria dan wanita. Tapi mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa ada orang yang fobia dengan wanita berparas cantik, yang dikenal dengan caligynephobia atau venustraphobia.

Seperti ketakutan atau fobia lainnya, caligynephobia diciptakan oleh pikiran bawah sadar sebagai mekanisme perlindungan. Hal ini mungkin disebabkan oleh peristiwa masa lalu yang menghubungkan wanita cantik dengan trauma emosional.

Fobia wanita cantik ini juga bisa dipicu oleh berbagai peristiwa selain trauma pribadi, seperti kejadian di film dan televisi atau melihat pengalaman orang lain yang berhubungan dengan wanita cantik. Orang dengan caligynephobia akan menganggap wanita berparas cantik sebagai makhluk yang sangat berbahaya. Orang dengan kelainan ini akan sangat panik bila bertemu dengan wanita cantik.


Apa penyebab?

Hal ini berlaku umum bahwa fobia timbul dari kombinasi kejadian eksternal (peristiwa traumatis yaitu) dan kecenderungan internal yang (yaitu keturunan atau genetika).

Banyak fobia spesifik dapat ditelusuri kembali ke peristiwa yang memicu tertentu, biasanya pengalaman traumatis pada usia dini.

Fobia sosial dan agoraphobia memiliki penyebab yang lebih kompleks yang tidak sepenuhnya diketahui pada saat ini. Hal ini diyakini bahwa keturunan, genetika, dan kimia otak menggabungkan dengan pengalaman hidup untuk memainkan peran utama dalam pengembangan fobia. (Wikipedia - fobia).


Apa saja gejalanya?


Seperti halnya fobia, gejala bervariasi oleh orang, tergantung pada tingkat ketakutan. Gejala biasanya meliputi kecemasan yang ekstrim, ketakutan dan apapun yang berhubungan dengan panik seperti sesak napas, napas cepat, denyut jantung tidak teratur, berkeringat, keringat berlebihan, mual, mulut kering, mual, ketidakmampuan untuk mengartikulasikan kata-kata atau kalimat, mulut kering dan gemetar.

Gejala lain yang dialami penderita caligynephobia saat melihat wanita cantik baik langsung maupun di televisi, foto atau video adalah:
  1. Sesak napas, napas menjadi cepat dan pendek
  2. Detak jantung tidak teratur
  3. Berkeringat dingin
  4. Mual
  5. Ketakutan secara menyeluruh
Meskipun gejala-gejala ini berbeda antara sesama penderita caligynephobia, tapi efeknya jelas akan membuat penderita tidak dapat berkonsentrasi dan kinerja menurun bila berada di dekat wanita cantik. Fobia ini tidak hanya kambuh bila berhadapan langsung dengan wanita cantik, tapi juga bisa terjadi bila si penderita melihat wanita cantik di televisi, foto atau video. Sekitar 6 persen penderita mengaku mengalami masalah yang cukup signifikan.


Dapatkah penyakit ini di obati ?

Tapi belum ada obat yang pernah dikembangkan secara khusus untuk mengobati fobia wanita cantik, obat-obatan yang ada hanya mampu menekan ketakutan untuk sementara waktu.


Obat dapat diresepkan, tetapi harap dicatat bahwa obat ini dapat memiliki efek samping dan / atau sistem penarikan yang bisa parah. Hal ini juga penting untuk dicatat bahwa obat-obatan tidak menyembuhkan fobia, paling banter mereka hanya sementara menekan sistem. Namun, ada pengobatan untuk fobia, yang meliputi konseling, hipnoterapi, psikoterapi, dan program Neuro-Linguistic.

Penulis : Yohanes Gitoyo
Sumber : 
  1. http://en.wikipedia.org/wiki/Gynophobia
  2. http://common-phobias.com/Caligyne/phobia.htm
  3. http://forum.viva.co.id/, 10 Pebruari 2012, 10:46 WIB.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...