Sabtu, 14 Januari 2017

Waspada : Mainan Anak Dimasa Kini Bisa Membahayakan Putra-putri Anda !


Sejarah panjang mainan yang terpisah untuk anak perempuan dan laki-laki menunjukkan bahwa pemasaran berdasarkan gender memiliki dampak yang mendalam pada anak.

Bagi orang dewasa, bermain adalah istirahat dari kehidupan. Bagi anak-anak, terutama di tahap paling awal perkembangan masa kanak-kanak, bermain adalah kehidupan, dan mainan merupakan alat pembelajaran awal.

Mainan merupakan benda yang umumnya di mainkan oleh anak-anak maupun orang dewasa yang umumnya di tujukan untuk hiburan. Berbagai macam mainan beredar di toko-toko mainan. Kebanyakan anak kecil lebih tertarik kepada mainan di banding orang dewasa karena secara naluriah anak-anak ingin berkreatifitas.

Sebagai orang tua yang baik, mereka hanya ingin membelikan sebuah mainan yang anak mereka sukai. tetapi tidak banyak orang tua tau bahwa ada beberapa mainan yang tergolong membahayakan bagi sang buah hati.

Mainan anak, harusnya mengandung hiburan untuk mempersiapkan mereka mengenal dunia luar. Sayangnya, beberapa mainan justru terlampau sadis dalam memperkenalkan dunia bagi anak-anak.  Akhirnya, akibatnya bisa fatal pada anak. Bahkan tak jarang ada yang berujung kematian

Seperti 5 mainan ini, mainan-mainan yang tergolong berbahaya bagi sang anak dan membuat orang tua harus lebih selektif dalam memilah mana mainan yang baik bagi anak dan mana yang berbahaya bagi si anak.


1. Mainan Merk M*ttel


Mainan ini di buat di negri cina. Sekilas mainan ini tampak tidak berbahaya, ternyata cina membuat mainan ini dengan menggunakan cat ilegal dan berbahaya bagi balita yang memainkan mainan ini. Maka dari itu lebih dari sembilan juta mainan merk M*ttel ditarik kembali pada tahun 2007 karena mengandung timbal yang berlebih.

Penarikan mainan merk M*ttel terjadi karena ada anak kecil yang memainkan bayi Fisher-Price. Akibatnya ia mengalami keracunan timah dan meninggal. Sekitar 20 anak kecil melakukan operasi agar magnet didalam tubuhnya keluar. Dari kasus tersebut berbagai ahli berpendapat bahwa produk mainan merk M*ttel mengandung cat berbahaya dan magnet yang mereka gunakan sebagai aksesoris bisa membuat anak kecil menelan nya dan tersedak yang bisa mengakibatkan kematian.


2. Sky dancer ( Boneka Terbang)


Boneka sky dancer dianggap ide buruk sebagai mainan untuk anak kecil. Boneka ini dimainkan dengan cara menarik kabel pada pengungkit boneka dan membuat boneka ini terbang dengan sendirinya. Namun boneka ini tidak efektif karena sering terbang ke gigi dan mata anak- anak. Akibatnya Galoop menerima laporan 150 pengaduan diantaranya seperti tulang rusuk patah, luka wajah, gagar otak, patah gigi hingga kebutaan sementara. Buruknya perusahaan mainan ini tidak memperdulikan dan tidak melaporkan ke Komisi Keamanan Produk Konsumen AS. Hal ini membuat para orang tua marah, hingga mereka di denda sekitar $ 400.000 dan akibatnya perusahaan mereka sebagian besar hancur.


3. Poke Balls


Sekilas mainan ini tidak tampak berbahaya bagi anak kecil untuk memainkan nya. Tapi tau kah anda ternyata mainan ini sangat berbahaya. Beberapa anak kecil nyaris tewas karena tercekik bola pokemon yang mereka mainkan. Entah bagaimana caranya bola pokemon itu bisa menjebak wajah mereka, setengah bola diwajah mereka hingga menutupi mulut dan hidung mereka. Sebagai seorang yang dewasa mungkin ini tidak masuk akal. Namun jika bola pokemon ini di berikan kepada anak kecil maka pertanyaan kita akan terjawab. Mungkin ini terjadi karena diameter dari bola tersebut. Sehingga mengakibatkan lebih dari 25 juta bola pokemon ditarik dari pasaran.


4. Aq*a Dots


Aq*a dots adalah mainan buatan dari cina. Mainan ini di anggap berbahaya karena mengandung zat kimia yang jika di metabolisme akan berubah menjadi obat GHB. Obat GHB dalam dosis tinggi akan menyebabkan kejang,koma dan kematian. Namun dengan dosis rendah akan menyebabkan euforia. Dan jika anak- anak menelannya maka akan berakibat fatal baginya. Tiga anak di australia masuk rumah sakit setelah mengunyah atau memainkan Aq*a Dots. Sehingga pada tahun 2007 pejabat keamanan AS menarik lebih dari 4 juta mainan dari pasaran yang beredar.


5. Yo Yo Happy


Di awal tahun 2000an mainan Yo Yo sangat populer diseluruh dunia. Tapi kepopuleran Yo Yo tidak dengan keamanan nya. Lebih daru 400 laporan tentang mainan Yo Yo nyaris mencekik mereka yang di akibatkan oleh tali Yo Yo Happy. Laporan itu dibenarkan karena Consumer Report menyatakan ada 17 anak- anak pingsan akibat terhantam Yo Yo Happy. Lalu pemerintah Inggris dan Kanada melarang masyarakatnya untuk bermain Yo Yo karena berbaha untuk mereka.


6. Jarts! (Lawn Darts)



Bermain Darts di taman?
Menyenangkan sih, tapi rasanya bukan permainan yang bagus. Bayangkan saja, sudah ada 7000 kecelakaan yang disebabkan oleh permainan ini. Bahkan beberapa berdampak kematian.


7. Boneka Cabbage Patch Snacktime

mainan-berbahaya-mengerikan

Mempunyai mainan yang bisa mengunyah dan menelan makan sendiri mungkin ide yang bagus bagi anak-anak yang suka main bayi-bayian. Tapi apa yang terjadi bila boneka ini mengunyah sesuatu selain makanan?

Yap, itulah yang terjadi pada salah satu bocah Amerika yang rambutnya tak sengaja termakan oleh boneka ini. Karena jeratan mulut boneka ini cukup kuat dan mengunyah dengan cepat, si bocah terpaksa mendapatkan kebotakan permanen.


8. Easy Bake


Kebanyakan anak perempuan suka bermain masak-masakan. Tetapi Hasbro, salah satu produsen mainan terkenaldunia, ternyata pernah membuat kesalahan dalam menuruti kebutuhan mainan masak-masakan untuk anak.

Easy Bake generasi pertama yang mereka buat dilengkapi dengan oven dan kompor betulan. Masalahnya adalah pintu oven terlalu kuat dan bisa menjepit tangan anak. Parahnya lagi, panas oven bisa melukai tangan mereka yang sedang terjepit. Satu anak pernah diamputasi jarinya sebab luka bakar serius akibat mainan ini.


9. Austin Magic Pistol


mainan-berbahaya-mengerikan

Permainan tembak-tembakan memang seringkali dianggap berbahaya bagi para orang tua. Bila begitu, berarti pistol yang satu ini pasti dianggap sangat berbahaya. Sebab menggunakan reaksi kimia untuk menembakkan peluru.

Memanfaatkan reaksi antara kalsium karbonat dan air. Kita harus meludahi bagian belakang pistol dahulu kemudian mengocok-ngocok pistol ini. Kemudian liat sendiri apa yang terjadi.



10. Gilbert U-238 Atomic Energy Laboratory

mainan-berbahaya-mengerikan

Ide paling buruk untuk membuat mainan anak adalah dengan menyematkan bahan-bahan asli di mainan mereka. Walaupun sebagai sarana pengetahuan, tetapi dampak yang ditimbulkan terhadap anak yang memainkannya harus tetap diperhatikan.


Nah, untuk mainan semacam itu, sepertinya Gilbert U-238 Atomic Energy Laboratory akan menjadi yang paling buruk. Sebab mainan ini dilengkapi dengan uranium asli yang memancarkan sinar alpha dan beta. Hiii, kebayang nggak sih mainan anak kita ada radiasinya?

Agar keluarga dan si kecil jauh dari bahaya mainan yang beredar dipasaran, lebih baik selektif dalam memilih mainan tersebut, pilihlah mainan yang dinyatakan aman untuk di mainkan oleh si kecil. Karena mainan yang berbahaya bisa mengakibatkan cedera parah pada anak- anak tanpa disadari oleh para orang tua. Kelengahan orang tua bisa berbahaya bagi perkembangan si kecil.

Video : "Top 10 Dangerous Kids Toys"

Sumber :

  • http://citizen6.liputan6.com/read/2420113/waspada-5-mainan-anak-anak-ini-ternyata-membahayakan
  • http://ajaibbinladden.blogspot.co.id/2015/10/5-mainan-berbahaya-yang-berakibat-fatal.html