Senin, 16 Februari 2015

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?


Sebuah penelitian membeberkan fakta bahwa pasangan suami istri di mana pihak istri dinilai lebih menawan ketimbang suami, memiliki pernikahan yang lebih harmonis dan langgeng. Mengapa demikian?

Para peneliti mengakui bahwa kecantikan dan penampilan fisik merupakan hal yang subyektif. Namun, studi menunjukkan, terdapat standar kecantikan dalam lingkungan sosial yang meliputi mata bulat, wajah lembut, bentuk wajah simetris, dan lingkar pinggang kecil.

Selain itu, peneliti juga mengatakan bahwa pria memposisikan kecantikan dan penampilan fisik wanita sebagai syarat utama. Sementara itu, wanita lebih memprioritaskan pria dengan kemampuan mumpuni dalam mendukung dan memenuhi kebutuhan keluarga.

Dahulu, James McNulty, University of Tennesse, pernah merilis hasil penelitian yang menguak bahwa pernikahan antara pasangan suami istri yang sama-sama memiliki daya pikat cenderung langgeng di awal pernikahan. Namun, kondisi tersebut berubah saat pernikahan menginjak tahun ke lima dan seterusnya.

Sekarang, sebuah studi terbaru yang dipublikasikan oleh Journal of Family Psychology, mengungkapkan bahwa magnet daya tarik antar pria dan wanita masih menjadi indikasi utama sebuah hubungan pernikahan. Namun, tidak melulu berdasarkan penampilan fisik.


Penelitian tersebut mengatakan bahwa suami dan istri berperilaku lebih harmonis dan memiliki daya juang mempertahankan rumahtangga lebih tinggi, ketika penampilan istri relatif cantik dan menarik ketimbang suami.

“Penemuan ini sangat beralasan,” ujar Dan Ariely, Profesor of Behavioral Economics, MIT’s Program in Media Arts and Sciences and Sloan School of Management. “Pria sangat sensitif terhadap wanita yang menarik secara fisik. Lalu, wanita cenderung lebih sensitif pada pria bertubuh tinggi dan memiliki penghasilan yang baik,” imbuhnya.

Sebaliknya, pasangan suami istri, di mana suami cenderung lebih memesona dibandingkan istri, suhu pernikahan lebih “panas” dan kurang harmonis. Sebab, menurut studi, suami tampan kurang mampu mencukupi kebutuhan istri dan keluarga.

“Pria dengan penampilan biasa-biasa saja, memiliki semangat tinggi dalam mempertahankan rumahtangga dengan cara bekerja lebih baik untuk memenuhi tanggung jawab sebagai kepala keluarga. Sebab, mereka merasa beruntung dan akan selalu berusaha lebih keras dalam memberikan kebahagiaan pada istri mereka,” urai James McNulty dari University of Tennesse.

Disamping beberapa hal di atas, beberapa alasan kenapa "wanita cantik" lebih memilih "pria yang kurang menarik" sebagai pasangannya (walau hanya sebatas pacar) diantaranya adalah :


1.Pria yang kurang menarik akan lebih menghargai kecantikan
Pria yang tampangnya kurang menarik dari si wanita akan lebih menghargai kecantikan wanitanya. Pria ini juga akan selalu berusaha "memberi yang terbaik" untuk pasangan wanitanya.

2. Pria yang kurang menarik lebih setia dengan wanita cantik
Dalam menjalin hubungan kesetiaan terhadap pasangan menjadi hal yang sangat penting. Soal kesetiaan, Pria yang tampangnya kurang menarik lebih setia dibandingkan dengan pria yang cakep. Karena pria yang tampangnya kurang menarik akan lebih menghargai dan "merasa beruntung" telah mendapatkan kekasih atau isteri yang cantik.

3. Tidak susah dan repot
Salah satu alasan wanita cantik mencari pria yang kurang cakep adalah cara mencarinya tidak terlalu susah. Selain itu, wanita cantik juga akan lebih mudah diterima oleh para pria yang "merasa" kurang cakep. Jadi, proses PDKT-nya tidak terlalu ribet.


4. Pria yang Kurang Menarik yang penting kaya
Khusus yang satu ini adalah alasan yang sering diungkapkan oleh para wanita cantik yang hanya mementingkan harta dan uang saja alias cewek matre. Asalkan kaya dan pakai mobil mewah, tampang jelek tidak akan menjadi masalah untuk wanita cantik yang satu ini. Mengenai tujuannya, hal ini juga masih menjadi misteri.

5. Sudah jatuh cinta
Inilah alasan yang paling tidak bisa dipungkiri, jatuh cinta. Seseorang jika sudah jatuh cinta maka tidak akan pernah memperdulikan yang namanya tampang. Entah itu cowok ganteng, cakep atau bahkan jelek, jika sudah cinta maka dia akan tetap bersamanya. Karena cinta itu bukan muncul dari kebaikan tampang, tapi cinta itu muncul dari kebaikan hati.

Penyusun : Yohanes Gitoyo, S Pd.
Sumber :
  1. live science, dikutip dari : female.kompas.com, Minggu, 15 Februari 2015,  19:30 WIB
  2. http://www.lintas.me/go/memekee.blogspot.com/mau-tau-kenapa-cewek-cantik-milih-cowok-jelek-ini-alasannya
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...