Ingin Segera Hamil? Ini 6 Rahasia Besar Yang Wajib Anda Ketahui !


Bagi pasangan muda adalah impian yang sudah dimiliki sesaat setelah pernikahan. Memiliki momongan dalam rumah tangga adalah sebuah kelengkapan baru yang menunjang keharmonisan pernikahan. Tapi apa daya, tidak semua pasangan muda beruntung bisa mendapatkan kehamilan dengan cepat, seberapa keraspun mereka mencoba. Sebenarnya, untuk mendapatkan kehamilan (bagi beberapa pasangan khususnya) dibutuhkan setidaknya pengetahuan dasar tentang bagaimana terjadinya kehamilan tersebut.

Kenapa pengetahuan ini kemudian menjadi penting?


Karena dengan pengetahuan ini, pasangan muda akan menyadari adanya beberapa faktor yang dapat berpengaruh terhadap cepat tidaknya kehamilan itu datang. Ada beberapa variabel yang harus terpenuhi untuk bisa segera mendapatkan kehamilan. Di artikel ini, akan saya coba berikan beberapa pengetahuan dasar yang setidaknya harus dimiliki pasangan yang baru menikah untuk segera mendapatkan keturunan.

Berikut ini beberapa faktor penting yang berpengaruh terhadap seorang perempuan agar cepat mendapatkan keturunan.

a. Masa Subur Perempuan.
Benny Johan Marpaung, dokter spesialis kandungan dan kebidanan menyampaikan agar cepat hamil salah satu cara yang dilakukan adalah melakukan hubungan suami istri di masa subur.

Apakah Masa Subur  itu ?
Masa subur merupakan penanda seberapa besar peluang kehamilan terjadi. Pada saat masa subur, sel telur berada pada keadaan yang matang, serta sudah siap untuk dibuahi. Namun apabila pembuahan tidak terjadi, sel telur yang matang tersebut akan luruh dan terjadilah menstruasi. Masa subur merupakan saat di mana sel telur siap dibuahi sperma. Bagi pasangan yang sedang program hamil, sebaiknya mengenali sinyal masa subur dari tubuh perempuan.

Mengetahui Masa Subur



Masa subur akan mudah diketahui jika siklus haid anda setiap bulannya lancar dan normal. Ada ahli yang berpendapat sikulus haid normal 28 hari, pertengahan siklusnya hari ke – 14 ( 28 : 2 ), masa suburnya 3 haari sebelum hari ke -14, yaitu ( 14 – 3 ) dan 3 hari setelah hari ke -14 yaitu hari ke -17 ( 14 + 3 ) adi masa subur terjadi pada hari ke -11 dan hari ke -17 Ada pula cara / rumus lainnya dalam menghitung masa subur dengan sistem kalender, seperti berikut ini : Masa Subur = Hari Terakhir Haid Menstruasi + 13 Masa Prasubur = Masa Subur -3 & Masa Subur + 3 jika siklus haid teratur ( 28 hari ) :
  • Hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1 
  • Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid Jika siklus haid tidak teratur : 
  • Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya. 
  • Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.


Secara sederhana, masa subur bisa diketahui dengan melihat siklus haid perempuan. Siklus haid perempuan umumnya 25 sampai 35 hari, sejak hari pertama menstruasi terakhir.

Benny Johan Marpaung, dokter spesialis kandungan dan kebidanan menyebut, jarang sekali perempuan memiliki siklus datang bulan tepat 28 hari. Kemungkinan, masa subur berlangsung antara 12 hingga 16 hari sebelum waktu haid periode depan.

Dengan demikian, pasangan bisa merencanakan berhubungan intim pada hari ke-10 hingga hari  ke-17 setelah hari pertama haid bulan sebelumnya.

Namun Benny lebih menyarankan perempuan untuk peka terhadap alarm masa subur yang dikirimkan tubuh daripada mengikuti aturan kalender siklus haid. Pasalnya, tiap orang bisa berbeda.

“Tanda-tanda masa tubuh bisa dilihat dari suhu basal tubuh (yang) lebih hangat, lebih tinggi,” ujar Benny ditemui dalam acara perayaan lima tahun Orami di Jakarta pada Rabu (21/2/2018).

Penyebab / masalah masa subur wanita
  • Infeksi Infeksi atau peradangan yang sudah lalu atau kronis dapat merusak indung telur dan menghambat kelangsungan pertemuan antara sel telur dengan sel sperma
  • Terganggunya sel Telur Adanya kelainan atau gangguan pada sel telur yang menghambat pembuahan seperti: Kista, Endometriosis atau Tumor
  • Ketidak seimbangannya Hormon Ketidakseimbangan hormon dapat mengakibatkan teadinya pelepasan sel telur dari indung telur dan berpengaruh pada produksi hormon Progesteron. Salah satunya hormon Hipopysa ( terletak di kelenjar bawah otak ) yang dapat membantu perangsangan pada sel telur, tetapi jika terdapat tumor atau penykit lainnya yang meradang pada kelenjar Hipopysa, stimulasi pertumbuhan pad sel telur tidak dapat terjadi dan produksi sel telur terganggu.
  • Getah Serviks Kehamilan sulit dicapai apabila getah serviks yang mengandung antibodi atau anti-imun, zat penolak sperma. Keadaan ini dapat diketahui setelah melakukan aktivitas seksual, getah lendir diambil usai hubungan seksual. Lendir yang mengandung antibodi mengakibatkan banyak sel sperma mati dan tidak bergerak.
  • Kerusakan Struktural Kerusakan Struktural biasanya terjadi pada rahim ( tempat dimana tumbuhnya janin ). Janin dapat karena teridentifikasinya infeksi, permukaan yang abnormal, fibroid ( tumor jinak ), kanker dsb.

Masa Subur dan Kehamilan Tidak Direncanakan.


Pengetahuan tentang masa subur bagi remaja begitu besar kaitannya dengan kasus Kehamilan yang Tidak Direncanakan (KTD). Berdasarkan data yang diperoleh dari Klinik Perhimpunan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Bali, tercatat jumlah remaja yang mengakses pelayanan dengan kasus KTD pada tahun 2012-2014 sebesar 584 kasus (usia 10-24 tahun). Kasus KTD terbanyak terjadi pada rentang usia 15-19, yakni sebesar 334 kasus.

Hal tersebut tentu saja sangat memprihatinkan. Dengan pengetahuan kesehatan seksual dan reproduksi yang masih rendah, menyebabkan munculnya rasa ingin tahu dan coba-coba berdasarkan atas ketidaktahuan. Disamping itu juga masih banyak adanya mitos-mitos yang beredar di kalangan remaja, seperti halnya melakukan hubungan seksual saat sedang menstruasi tidak akan menyebabkan kehamilan. Tentu saja hal tersebut tidak benar! Kehamilan dapat terjadi kapan pun, selama terjadi pertemuan antara sel telur dengan sperma. Namun, kemungkinan terjadinya kehamilan lebih tinggi apabila seseorang melakukan hubungan seksual pada masa subur dibandingkan periode waktu lainnya.


b. Perubahan sekresi lendir leher rahim ( Serviks )


Masa subur juga bisa diketahui lewat pemeriksaan getah lendir (mukus) mulut rahim (serviks). Ini pun dapat kita lakukan sendiri. Caranya, lendir dari mulut rahim diperiksa setiap hari. Hormon Estrogen mencapai puncaknya pada saat ovulasi biasanya lendir rahim jadi agak encer dan bila diraba dengan jari telunjuk atau ibu jari, lalu rekatkan lendir tersebut seperti membentuk benang dengan jarak 2 – 3 cm, jika lendir tersebut terputus tandanya tidak subur, dan apabila lendir tersebut tidak terputus maka ada dalam masa subur, tingkat keberhasilan dengan cara ini hanya sekitar 60% – 70%.

Lendir rahim berwarna bening, mungkin elastis, mudah pecah, lembut, licin seperti putih telur yang mentah. Elastisitas ini dikenal sebagai efek Spin yng menunjukkan lendir subur. Untuk lebih yakin lendir yang keluar dari mulut rahim dapat diperiksa oleh ahli pada objek gelas dibawah mikroskop, apabila lendir yng terjadi pada masa subur akan terlihat seperti daun pakis.

Ada yang perlu diingat selama pemeriksaan lendir serviks, yaitu :
  • Jumlah dan kualitas lendir bervariasi pada perempuan satu dengan lainnya, termasuk dengan siklus itu sendiri. 
  • Setiap perubahan sensasi, jumlah lendir juga harus diperhatikan 
  • Jika sulit untuk mendeteksi lendir dari luar, bisa diketahui setelah berolahraga atau setelah buang air besar 
  • Kegel ( gerakan mengerutkan otot pinggul bagian bawah seperti sedang menahan kencing ) terkadang dapat membantu pengeluaran lender.
Benny juga membenarkan tanda lain masa subur adalah cairan yang membasahi vagina sehingga memenuhi celana dalam perempuan. Lendir yang dikeluarkan serviks meningkat dan berwarna bening, serta elastis seperti lem dan lengket. Jika menemukan tanda seperti ini, berarti sel telur perempuan telah matang dan siap dimasuki sperma.

“Kalau pasien saya sedang proses inseminasi seperti bayi tabung, saya juga lihat ketebalan dinding rahim,” imbuhnya.

Menurut Benny, ketebalan dinding rahim menentukan keberhasilan perlekatan janin. Umumnya, rahim dikatakan siap dibuahi saat periode ketebalan 8-13 milimeter.

Selain itu, perubahan mood juga menjadi tanda seorang memasuki periode masa subur. Biasanya, perempuan kerap mengalami perubahan mood mendadak dan menjadi lebih sensitif ketika masa ini.


c. Ukur suhu tubuh
Suhu tubuh normal basanya 35,5 – 36 derajat celsius. Pada waktu ovulasi turun dulu dan naik kembali mencapai 37 – 38 derajat celcius dan tidak akan kembali ke suhu normal 35 derajat. Kenaikan suhu tubuh terjadi apabila sudah terbentuknya Progesteron yang bertugas menyiapkan jaringan dalam rahim untuk menerima sel telur yang telah di buahi. Caranya lakukan pengukuran suhu tubuh pada pagi hari setelah bangun tidur sebelum melakukan aktivitas apapun, kemudian masukkan termometer ke dalam dubur atau mulut vagina selama 5 – 6 menit. Tutup kembali mulut vagina selama pengukuran berlangsung, lakuakn hal ini setip hari pada jam yang selama 3 bulan.

Jangan lupa untuk mencatat setiap hasil pengukuran sampai membentuk kurva dengan syarat selama menentukan masa subur dengan mengukur suhu selama 3 bulan : suhu tubuh tidak boleh dalam kondisi demam, jangan tidur dibawah lampu yang panas, dan jangan tidur dengan menggunakan AC dalam suhu yang sangat tinggi.

Benny meminta agar para perempuan mencatat temperatur tubuh harian dengan mengukur suhu permukaan di bawah lidah. Jika perempuan sedang masa subur, suhunya akan meningkat 0,5 derajat Celsius hingga satu derajat Celsius.


d. Pentingnya Pengecekan Kesehatan

Kesehatan dan kondisi fisik kedua belah pihak sangat menentukan cepat atau tidaknya kehamilan itu datang. Maka dari itu, sangat penting untuk melakukan pengecekan kesehatan menyeluruh sebelum menjalankan program kehamilan Anda. Diantara semua pengecekan kesehatan yang perlu dilakukan, yang paling penting adalah pemeriksaan kesuburan.

Cepat atau tidaknya kehamilan datang sangat bergantung pada kondisi kesuburan suami istri. Bukan hanya itu, bisa tidaknya pasangan mendapatkan kehamilan juga bergantung pada kondisi kesuburan keduanya. Jadi sangat penting untuk memastikan bahwa tidak ada kondisi pada kesuburan istri maupun suami yang dapat menghalangi terjadinya kehamilan.


e. Makanan yang Baik Dikonsumsi


Apa yang Anda dan suami makan juga adalah faktor yang bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan. Maka dari itu, ketahui dengan seksama makanan-makanan yang baik untuk cepat hamil.

Semua makanan tentu saja mengandung gizi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Tapi ada beberapa kandungan makanan yang memang memberikan efek khusus terhadap kesuburan pria dan wanita. Asam folat atau folic acid misalnya bisa meningkatkan kesuburan wanita dan juga meningkatkan jumlah dan kualitas sperma pria.

Asam folat atau folic acid ini juga biasa disebut dengan vitamin B9. Vitamin ini bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi kacang-kacangan atau buah-buahan tertentu, misalnya alpukat.


f. Diet dan Olahraga


Olahraga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga nutrisi yang Anda dapatkan dari makanan dan bisa menyebar dengan cepat dan baik di seluruh tubuh. Tidak hanya itu, aliran darah yang baik akan segera membawa segala bentuk racun yang tercerna ke hati untuk dinetralisir dan dilanjutkan ke organ pembuangan sebagai kotoran.

Kesehatan metabolisme ini secara tidak langsung dapat meningkatkan kemungkinan cepat hamil Anda. Selain itu, wanita dengan berat badan yang tidak ideal juga memiliki kecenderungan untuk sulit hamil. Karena alasan ini, sangat disarankan bagi wanita yang sedang menjalankan program kehamilan untuk melakukan diet rendah kalori. Dengan dibarengi olahraga ringan namun rutin, efek besar bisa segera nampak pada kesuburan Anda dan pasangan.


Semua pengetahuan tentang bagaimana kehamilan dapat terjadi bisa memudahkan Anda untuk memutuskan apa yang baik dilakukan dan yang tidak baik dilakukan untuk bisa segera hamil. Semoga informasi yang di atas dapat bermanfaat bagi anda.

Penyusun : Yohanes Gitoyo, S Pd.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Jika Naga Hidup di Dunia Nyata, Bagaimana Cara Mereka Semburkan Api?