Sabtu, 31 Agustus 2013

Segala Hal Tentang Batuk.


Batuk bukanlah suatu penyakit. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya.

Batuk sangat bermanfaat untuk membersihkan jalan nafas atau mengeluarkan benda2 asing,baik yang berupa cairan maupun yang berbentuk padat dari saluran pernapasan yang menganggu proses pernafasan kita.Pada penderita asma,dahak kental dapat menyubat saluran pernapasan sehingga penderita mengalami kesulitan dalam bernapas.Disini batuk berperan penting karena dahak tersebut dapat dikeluarkan sehingga melegakan kembali saluran pernapasan penderita.Demikian juga dalam kasus lain seperti hidung tersumbat,flu,maupun bronkitis



Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat syaraf ke pusat batuk yang berada di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk.

Penyebab batuk.
Ada beberapa macam penyebab batuk :
  1. Umumnya disebabkan oleh infeksi di saluran pernapasan bagian atas yang merupakan gejala flu.
  2. Infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA).
  3. Alergi
  4. Asma atau tuberculosis
  5. Benda asing yang masuk kedalam saluran napas
  6. Tersedak akibat minum susu
  7. Menghirup asap rokok dari orang sekitar
  8. Batuk Psikogenik. Batuk ini banyak diakibatkan karena masalah emosi dan psikologis.


Akut dan Kronis.

Batuk dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu batuk akut dan batuk kronis, keduanya dikelompokkan berdasarkan waktu.
  1. Batuk akut adalah batuk yang berlangsung kurang dari 14 hari, serta dalam 1 episode. Bila batuk sudah lebih dari 14 hari atau terjadi dalam 3 episode selama 3 bulan berturut-turut, disebut batuk kronis atau batuk kronis berulang.
  2. Batuk kronis berulang yang sering menyerang anak-anak adalah karena asma, tuberkolosis (TB), dan pertusis (batuk rejan/batuk 100 hari). Pertusis adalah batuk kronis yang disebabkan oleh kuman Bordetella pertussis. Pertussis dapat dicegah dengan imunisasi DPT.FM JB


Batuk Efektif.

Batuk Efektif adalah metode batuk yang dilakukan dengan benar untuk mengeluarkan lendir yang terdapat dalam saluran pernapasan secara maksimal.


Berikut metode batuk efektif,sangat sederhana kok langkahnya 
  1. Terlebih dahulu minumlah segelas air hangat untuk mengencerkan dahak maupun lendir yang terdapat pada saluran pernapasan
  2. Setelah itu lakukan pernapasan dalam dengan mengambil udara banyak2 melalui hidung sambil mengembangkan dada dan mengangkat bahu,lalu tahan beberapa detik,dan keluarkan udara melalui mulut secara perlahan
  3. Lakukan pernapasan dalam seperti diatas setidaknya 3 - 4 kali.Pada yang 5 setelah menahan udara dalam rongga dada nenerapa detik,lalu keluarkan dengan membatukkannya dengan tekanan yang kuat hingga lendir dahak keluar secara maksimal.

Cara Menghilangkan Batuk
  • Jeruk Nipis

Peras jeruk dan ambil airnya, anda bisa juga mencampur jeruk nipis dengan madu atau juga dengan kecap untuk lebih mendapatkan manfaat yang komplit. Lalu silakan anda minum air jeruk tersebut 3 kali sehari. 

  • Daun Sirih

Menggunakan daun sirih sebagai obat batuk, sangatlah mudah anda gunakan. Caranya, silakan anda rebus lalu diminum selama 1 kali sehari.

  • Kunyit

Silakan ambil kunyit lalu tumbuk, bisa menggunakan susu atau juga madu. Lalu hidangkan dalam 1 gelas dan diminum 1 kali sehari.

Sumber : 
  1. http://id.wikipedia.org/
  2. http://www.kaskus.co.id/
  3. http://kesehatan96.blogspot.com/