Kamis, 02 Juni 2016

37 Fakta Unik Tentang Kota Surabaya.

Panorama wilayah pusat kota Surabaya dan pegunungan Arjuno-Welirang di kejauhan.

Anda warga Kota Surabaya?
Apakah anda memiliki pengetahuan yang mendalam tentang Kota Surabaya?
Apakah anda warga  Kota Surabaya atau bukan tidak ada salahnya jika anda membaca artikel ini, artikel ini membahas  tentang 37 Fakta Unik Tentang Kota Surabaya, yang bahkan warga Kota Surabaya-pun belum tentu  tahu...

Fakta Sejarah : 

Berkas:COLLECTIE TROPENMUSEUM Luchtfoto van Soerabaia in het midden de Roode Brug over de Kali Mas TMnr 10014813.jpg
Kawasan Jembatan Merah Surabaya sekitar tahun 1920-an.

  1. Kota Surabaya berasal dari bahasa Sanskerta. Suro (Hiu/Berani), Boyo (Buaya/Bahaya), jadi arti dari nama Surabaya adalah Berani dalam Bahaya.
  2. Kata Surabaya (bahasa Jawa Kuna: Śūrabhaya) sering diartikan secara filosofis sebagai lambang perjuangan antara darat dan air. Selain itu, dari kata Surabaya juga muncul mitos pertempuran antara ikan sura / suro (ikan hiu) dan baya / boyo (buaya), yang menimbulkan dugaan bahwa terbentuknya nama "Surabaya" muncul setelah terjadinya pertempuran tersebut. 
  3. Bukti sejarah menunjukkan bahwa Surabaya sudah ada jauh sebelum zaman kolonial, seperti yang tercantum dalam prasasti Trowulan I, berangka 1358 M. Dalam prasasti tersebut terungkap bahwa Surabaya (Churabhaya) masih berupa desa di tepi sungai Brantas dan juga sebagai salah satu tempat penyeberangan penting sepanjang daerah aliran sungai Brantas. Surabaya juga tercantum dalam pujasastra Kakawin Nagarakretagama yang ditulis oleh Empu Prapañca yang bercerita tentang perjalanan pesiar Raja Hayam Wuruk pada tahun 1365 M dalam pupuh XVII (bait ke-5, baris terakhir). Walaupun bukti tertulis tertua mencantumkan nama Surabaya berangka tahun 1358 M (Prasasti Trowulan) dan 1365 M (Nagarakretagama), para ahli menduga bahwa wilayah Surabaya sudah ada sebelum tahun-tahun tersebut.
  4. Pertempuran Surabaya (perang kemerdekaan) merupakan salah satu pertempuran paling berdarah yang dialami pasukan Inggris pada dekade 1940-an. Pertempuran ini menunjukkan kesungguhan bangsa Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan dan mengusir penjajah. Karena sengitnya pertempuran dan besarnya korban jiwa, Setelah pertempuran ini, jumlah pasukan Inggris di Indonesia mulai dikurangi secara bertahap dan digantikan oleh pasukan Belanda. Pertempuran pada tanggal 10 November 1945 tersebut hingga saat ini dikenang dan diperingati sebagai Hari Pahlawan.



Fakta Umum.

Berkas:Monumen Jalesveva Jayamahe.jpg
Monumen Jalesveva Jayamahe di Pantai Utara Surabaya.
  1. Surabaya secara geografis berada pada 07˚09`00“ – 07˚21`00“ Lintang Selatan dan 112˚36`- 112˚54` Bujur Timur. 
  2. Surabaya memiliki iklim tropis seperti kota besar di Indonesia pada umumnya di mana hanya ada dua musim dalam setahun yaitu musim hujan dan kemarau. Curah hujan di Surabaya rata-rata 165,3 mm. Curah hujan tertinggi di atas 200 mm terjadi pada kurun Januari hingga Maret dan November hingga Desember. Suhu udara rata-rata di Surabaya berkisar antara 23,6 °C hingga 33,8 °C.
  3. Kondisi geologi Kota Surabaya terdiri dari Daratan Alluvium; Formasi Kabuh; Pucangan; Lidah; Madura; dan Sonde. Sedangkan untuk wilayah perairan, Surabaya tidak berada pada jalur sesar aktif ataupun berhadapan langsung dengan samudera, sehingga relatif aman dari bencana alam. 
  4. Di wilayah Surabaya Selatan terdapat 2 bukit landai yaitu di daerah Lidah dan Gayungan yang ketinggiannya antara 25 – 50 m di atas permukaan laut dan di wilayah Surabaya Barat memiliki kontur tanah perbukitan yang bergelombang. 
  5. Di Surabaya terdapat muara Kali Mas, yakni satu dari dua pecahan Sungai Brantas. Kali Mas adalah salah satu dari tiga sungai utama yang membelah sebagian wilayah Surabaya bersama dengan Kali Surabaya dan Kali Wonokromo.
  6. Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya memiliki luas wilayah kurang lebih 374.8 km2 (144.7 mil²), dan memiliki jumlah penduduk lebih dari 3,123,914 jiwa.
  7. Secara administrasi pemerintahan Kota Surabaya dipimpin oleh seorang wali kota dan wakil wali kota yang membawahi koordinasi atas wilayah administrasi kecamatan yang dikepalai oleh seorang camat. Kota Surabaya terdiri atas 31 kecamatan dan 163 kelurahan.
  8. Surabaya memiliki dialek khas Bahasa Jawa yang dikenal dengan Boso Suroboyoan (Bahasa Ke-Surabaya-an).
  9. Surabaya adalah kota pertahanan militer yang sangat penting bagi Indonesia. Surabaya merupakan markas besar dari Kodam V/Brawijaya yang merupakan komando kewilayahan pertahanan dari TNI Angkatan Darat di wilayah Provinsi Jawa Timur. Kota Surabaya juga merupakan markas besar dari Armada Timur TNI Angkatan Laut yang berpusat di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Armada Timur TNI Angkatan Laut membawahi wilayah laut Indonesia bagian timur. Markas besar Polda Jawa Timur juga terdapat di Surabaya. 



Fakta Unik.

Berkas:Sparkling Surabaya.jpeg

  1. Surabaya, satu-satunya kota di dunia yang disebut sebagai Kota Pahlawan, hanya ada di Indonesia yaitu Surabaya.
  2. Untuk menghubungkan Surabaya dengan Pulau Madura, terdapat Jembatan Suramadu yang merupakan jembatan terpanjang di Indonesia.
  3. Selain kesenian di atas, budaya panggilan arek atau rek (panggilan khas Surabaya) juga menjadi ciri khas yang unik. Di samping itu, di Surabaya juga dikenal panggilan khas lainnya, yakni Cak untuk laki-laki dan Ning untuk perempuan. Sebagai upaya untuk melestarikan budaya, setiap satu tahun sekali diadakan pemilihan Cak & Ning Surabaya. Cak & Ning Surabaya dan para finalis terpilih merupakan duta wisata dan ikon generasi muda kota Surabaya.
  4. Ning Surabaya, sebutan bagi para perempuan Surabaya, memiliki prinsip "Senggol Bacok", maksudnya memiliki kemandirian, tegas, dan tangguh, namun tetap feminim selayaknya wanita Indonesia.
  5. Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno (Bung Karno), dilahirkan di Jalan Pandean IV No.40 Surabaya, Jawa Timur, bukan di Blitar seperti diketahui masyarakat luas selama ini.
  6. Rumah Guru Bangsa Indonesia yang berjasa pada awal pergerakan Nasional, yaitu Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto (H.O.S Cokroaminoto), terletak di Jalan Peneleh VII No 29-31 Surabaya.
  7. Patung Ikan Sura (hiu) dan Buaya juga ada di Busan, Korea Selatan sebagai bukti kerja sama dalam bentuk sister-city.
  8. Angguna, adalah transportasi umum khas di Surabaya.
  9. Surabaya memiliki sejumlah masakan khas, di antaranya: Rawon, Tahu Tek, Krengsengan, Tempe Penyet, Lontong Balap, Lontong Mie, Kupang Lontong, Tahu Campur, Sop Kikil, Kari Kambing, Bakwan Surabaya, Nasi Sayur, 
  10. Surabaya memiliki sejumlah salad tradisional khas, di antaranya: Urap, Pecel Semanggi, Rujak Cingur, Gado-gado. 
  11. Surabaya memiliki sejumlah jajanan khas, di antaranya: Roti Perut Ayam, Getas, Kue Leker, Kue Lapis Surabaya, Bikang, Jongkong, Onde-onde Surabaya, Lupis, Almond Crispy Cheese. 
  12. Surabaya memiliki sejumlah minuman khas, di antaranya: Angsle, Ronde, Tahwa, STMJ (Susu Telur Madu Jahe).
  13. Surabaya banyak melahirkan penyanyi dan grup musik besar di Indonesia. Sejumlah grup musik besar yang berasal dari Surabaya antara lain Dewa 19; Padi; TICband; dan Boomerang, Sedangkan penyanyi kelahiran Surabaya antara lain adalah Gisella Anastasia; Maia Estianty; Astrid Sartiasari; Ita Purnamasari; dan Joshua Suherman. Grup lawak Srimulat juga didirikan di Surabaya yang para pelawaknya telah populer di Jawa Timur selama puluhan tahun sebelum akhirnya pindah ke Jakarta.


Prestasi.


  1. Letak Kota Surabaya yang sangat strategis berada hampir di tengah wilayah Indonesia dan tepat di selatan Asia menjadikannya sebagai salah satu hub penting bagi kegiatan perdagangan di Asia Tenggara. 
  2. Surabaya pernah menjadi langganan peraih Piala Adipura Kencana sebagai Kota Metropolitan Terbersih di Indonesia.
  3. Taman Bungkul di Surabaya pernah mendapat penghargaan dari PBB sebagai taman terbaik se-Asia 2013.
  4. Walikota Tri Rismaharini adalah salah satu dari tiga kepala daerah dari Indonesia pada tahun 2012 yang masuk dalam daftar nominasi penghargaan kepala daerah terbaik dunia (World Mayor Prize) oleh City Mayors Foundation.
  5. Kota Surabaya diakui sebagai Kota Terbaik Se-Asia Pasifik versi Citynet pada tahun 2012
  6. Surabaya mendapat Penghargaan Kota Berkelanjutan ASEAN, Enviromentally Award 2012
  7. Walikota Tri Rismaharini masuk nominasi sebagai 10 wanita paling inspiratif 2013 versi Majalah Forbes pada tahun 2013
  8. Kota Surabaya meraih 2 kategori penghargaan tingkat Asia Pasifik dalam ajang FutureGov Award 2013, yakni data center melalui Data Center Pemerintah Kota Surabaya dan Data Inclusion melalui Broadband Learning Center (BLC). Menyingkirkan 800 kota di Asia Pasifik.
  9. Taman Bungkul mendapatkan penghargaan pada tahun 2013 The Asian Townscape Award dari PBB
  10. Walikota Tri Rismaharini mendapatkan penghargaan Mayor of the Month sebagai wali kota terbaik pada Februari 2014
  11. Kota Surabaya mendapatkan penghargaan Socrates Award kategori Future City dari European Business Assembly (EBA) pada April 2014. 


Penyusun : Yohanes Gitoyo, S Pd.
Sumber :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...