Motor Kehujanan? Segera Bersihkan 5 Bagian Ini agar Tetap Awet!


Memasuki musim penghujan, para pengendara motor perlu ekstra waspada di perjalanan. Tidak hanya itu motor yang jadi tunggangannya juga perlu diberi perhatian ekstra karena air hujan bersifat korosif dan lama-lama dapat merusak motor.


Berikut ini lima bagian motor yang perlu segera dibersihkan setelah terkena hujan.

1. Rantai motor 

Air hujan yang bersifat asam bisa memicu terjadinya karat pada rantai motor. Apalagi jika Anda tidak menggunakan penutup rantai.


2. Rem cakram 

Saat mengendarai motor dalam keadaan hujan kotoran bisa menempel di rem sehingga perlu segera dibersihkan agar tidak mengganggu fungsinya.


3. Knalpot 

Kotoran yang menempel di knalpot, apalagi yang bercampur dengan air hujan bisa sebabkan besi knalpot keropos.


4. Pelek 

Pelek perlu segera dibersihkan setelah terkena hujan dan lumpur agar tidak keropos. Terutama pelek jari-jari. Gunakan lap untuk membersihkannya. 


5. Ban 

Saat hujan, ban motor bisa melewati genangan air yang bercampur dengan minyak, oli, air sabun, dan cairan-cairan lain yang bisa merusak ban. Oleh karena itu, ban harus segera dibersihkan. Selain itu, Anda harus segera membersihkan lumpur yang menempel di celah kembangan ban sebelum mengering. Lumpur yang mengering di celah kembangan ban akan menyebabkan ban retak. Cek juga kondisi apakah ban sudah aus atau belum. Jika kembangan mulai menipis, ban tidak maksimal lagi untuk membelah air sehingga akibatnya terasa licin dan motor mudah tergelincir. 


Jika ban motor Anda mulai aus, ganti dengan ban FDR yang punya daya cengkeram maksimal. Ban asli buatan Indonesia ini punya banyak varian ban motor dengan berbagai inovasi. Salah satu diantaranya adalah ban FDR Genzi PRO yang dilengkapi dengan fitur Progressive TWI (tread wear indicator). FDR menambahan indikator keausan ban yang bias menjadi peringatan dini pada para pengguna sehingga lebih aman saat berkendara. 

Ada juga ban FDR yang dilengkapi teknologi Eco Smart Tire yang dapat membantu menghemat bahan bakar, yaitu FDR Facio EST. Teknologi yang sudah teruji di kontes kendaraan hemat energi di tingkat nasional dan Asia ini membuat ban punya hambatan gelinding rendah sehingga bahan bakar lebih irit. 

Sementara untuk pengendara yang menginginkan performa lebih, bisa mencoba ban FDR Blaze yang menggunakan intermediate compound untuk daya cengkeram yang lebih “menggigit.” 

Selain ban-ban tersebut di atas, FDR juga punya banyak varian ban lainnya untuk berbagai kebutuhan berkendara sehari-hari, modifikasi, hingga balap. 

Sumber : biz.kompas.com, Selasa, 6 Desember 2016, 21:38 WIB.