Mengenal Diluvicursor pickeringi, Dinosaurus Mini Seukuran Ayam Kalkun.


Beberapa fosil dinosaurus berhasil ditemukan di Selat Bass Australia sebelah tenggara, tepatnya di laut selatan negara bagian Victoria, sekitar 170 kilometer dari Melbourne. Setelah diteliti fosil itu merupakan dinosaurus yang dinamai Diluvicursor pickeringi.

Peneliti menemukan fosil dinosaurus tersebut memiliki dua kaki, berukuran seperti ayam kalkun. Dinosaurus tersebut diduga merupakan pemakan tumbuhan dan dulunya terbawa arus sungai yang sangat besar.



Dikutip situs Reuters, Jumat 12 Januari 2018, fosil dinosaurus tersebut ditemukan di antara fosil batang-batang pohon. Diluvicursor pickeringi yang ditemukan adalah hampir seluruh bagian buntut dan seluruh bagian kaki kanan belakang. Tinggi Diluvicursor pickeringi mencapai 2,3 meter. 

Paleontologi dari Universitas Queensland Australia, Matthew Herne mengatakan, dinosaurus ini merupakan bagian dari anggota Ornithopoda, kelompok dinosaurus yang ukurannya kecil. Salah satu dinosaurus lain dalam kelompok ini yakni Leaellynasaura, yang hidup di waktu yang sama dengan Diluvicursor. 

Video : "Turkey-Sized Dinosaur Diluvicursor pickeringi Lived 113 Million Years Ago, Found In Australia"

Ahli paleontologi mengatakan, Diluvircursor pickeringi ini diperkirakan hidup 113 juta tahun lalu. Penemuan ini juga menambah catatan habitat dinosaurus di Australia sejak zaman Cretaceous, masa saat dataran masih terhubung dengan Antartika sampai 45 juta tahun lalu. 

"Penemuan tulang belulang dinosaurus di Australia ini tergolong sangat jarang," kata Herne. 

Sumber : www.viva.co.id, Sabtu, 13 Januari 2018,06:30 WIB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??