15 Tips Anti BBM Karena Kenaikan Harga BBM !


Menjelang tanggal 1 April 2012 "seluruh Bangsa Indonesia" menunggu saat-saat menegangkan. Harga BBM direncanakan akan naik dari Rp. 4.500, 00 menjadi Rp. 6. 000, 00.

Bagi sebagian besar kalangan (termasuk saya dan mungkin anda) kenaikan harga BBM tersebut bisa (dan pasti) bikin BBM juga (Benar-Benar Mabuk), karena kenaikan harga tersebut pasti akan diikuti akan diikuti kenaikan harga barang lain.

Dan tentunya kita tahu bagaimana besarnya demo yang kita lakukan, jika Pemerintah dan DPR berniat menaikan harga BBM tersebut, ya pasti harga BBM tetap naik.

Lalu supaya kita tidak BBM (benar-benar mabuk) akibat peristiwa tersebut (paling tidak 1/2 mabuk saja), kita harus mengambil langkah seribu. Salah satunya dengan cara mengirit BBM tersebut.

Berikut beberapa cara untuk mengiriiiit... BBM walau sedikit, semoga bermanfaat.

  • Kurangi kegiatan berpergian dengan kendaraan, paling hemat jalan kaki ( menyehatkan badan dan kantong anda...) (Top Score 1)

  • Pilih kendaraan yang anda yang ngirit BBM (merek tertentu terkenal hemat BBM), perhatikan pula usia pakai kendanaan anda, makin tua kendaraan biasanya makin boros
  • Perawatan kendaraan yang rutin baik harian maupun sekian ribu kilo meter (lihat buku petunjuk perawatan kendaraan anda)

  • Selalu pastikan kondisi kendaraan anda dalam keadaan baik setiap sebelum dipakai (rem, gas, tekanan ban, sebulan sekali cek posisi air aki, dll)
  • Selalu panasi mesin kendaraan anda sebelum digunakan secukupnya (kurang lebih 2 menit (lebih lama boros BBM coy!))
  • Selalu periksa tekanan ban sebelum berkendara (ban gembos lebih boros, kekerasan ban aus)
  • Selalu berkendara dengan kecepatan sesuai kemampuan anda dan sesuai keadaan medan, kurangi penggunaan gas "nyentak" dan terlalu sering mengerem (santai sajalah...)

  • Selalu patuhi peraturan lalu lintas dan sopan santun berkendara (safety is number one) dan jika berhenti agak lama (lampu merah/ macet) matikan mesin kendaraan (hati-hati gigi netralkan dulu)
  • Jangan berkendara dengan ugal-ugalan, disamping boros juga cari musuh coy...

  • Gunakan gigi presneling sewajarnya (gigi kecil untuk akselerasi, gigi besar untuk kecepatan tinggi) patuhi petunjuk RPM anda (jika kendaraan anda dilengkapi alat tachometer)
  • Untuk mobil hindari membuka kaca mobil, terbukanya kaca mobil akan menambah turbelensi udara yang berdampak menambah daya hambat udara dan pastinya menambah beban tarikan mesin

  • Patuhi beban maksimal muatan kendaraan (sepeda motor untuk 2 orang, mobil tergantung kapasitas tempat duduk (pas), truck sekian kilogram, dll.
  • Hindari meletakkan kaki di atas kopling dan rem (sambil menekan), menyebabkan ausnya kampas rem/ kopling anda
  • Selalu ingat "jaga jarak anda" dengan kendaraan lain di depan anda, disamping safety riding, juga mengurangi "kegiatan gas dan mengerem" kendaraan anda

  • Dan terakhir : Pastikan bahan bakar kendaraan anda cukup sampai di tempat tujuan, karena jika jika bahan bakar habis ditengah jalan berarti bahan bakar andalah yang habis karena menuntun / mendorong kendaraan... (habislah energi sarapan anda). Jangan lupa isi bahan bakar kendaraan anda di tempat pengisian bahan bakar "pasti pas", bukan promosi lho..

Penulis : Yohanes Gitoyo, S Pd.
Sumber : Ngarang sendiri

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??