Rabu, 08 Agustus 2012

6 Cara Efektif Mengusir Tikus Dari Rumah Anda !


Bukan hanya menjijikkan, keberadaan tikus di rumah terkadang lebih ganas dari perkiraan. Jangankan makanan yang tersimpan di dalam lemari, tempat makan pun tak urung digigitnya hingga berbekas. Tikus memang menjijikkan, sekaligus menyeramkan!

Tikus rumah memang layak disebut omnivora yang oportunis. Ia akan memakan apapun di depan mata atau yang mudah tercium hidungnya, sehingga membuatnya terlihat ganas, baik di malam maupun siang hari. Tak heran, kehadirannya benar-benar sangat mengganggu, apalagi selain berbau tak sedap, hewan ini juga berpotensi penyebarkan penyakit seperti leptospirosis dan lain-lain.


Memang, banyak cara membasmi tikus, namun susah-susah gampang untuk dilakukan. Selain itu, harus dipilih cara paling aman dan tak membuat tikus penasaran datang kembali.

Langkah pertama mencegah tikus masuk adalah menutup lubang atau celah yang kerap menjadi jalan masuk tikus ke rumah. Namun, jika sudah terlanjur masuk ke dalam rumah, ada beberapa tips bisa Anda ikuti seperti berikut ini:


1. Mengusir dengan racun

Memanfaatkan umpan beracun, misalnya. Tikus adalah hewan pemakan segala sehingga memudahkan Anda menyiapkan umpan untuk tikus, misalnya ikan, roti, atau nasi. Anda bisa membubuhi racun pada makanan-makanan tersebut. Kemudian, tempatkan pada jalur yang biasa dilalui tikus.

Namun demikian, cara ini kerap dianggap kurang efektif. Biasanya tikus yang telah diracun tidak akan langsung mati di tempat Anda meracuninya. Jeda waktu saat racun bekerja membuat tikus mati di sembarang tempat sehingga mungkin sulit dicari bangkainya.

Masalah baru pun timbul, yaitu bau bangkai. Efek meracun tikus ini tak kalah menjengkelkan dan inilah kelemahan mengusir tikus dengan racun.


2. Jebakan


Mengusir tikus menggunakan jebakan atau menaruh umpan dalam kandang kecil membuat tikus mudah terperangkap dan sulit keluar dari sarang jebakan. Namun, seringkali tikus justeru lebih "pintar", karena mampu bergerak lebih cepat saat mengambil umpan sehingga tak termakan jebakan.

Kelemahan lainnya, biasanya satu kandang jebakan hanya cukup digunakan untuk menangkap satu atau dua tikus untuk sekali pakai. Sementara, berapa banyak tikus keluar masuk rumah Anda?


3. Gelombang ultrasonik


Boleh jadi, ini menjadi cara yang efektif, bersih dan simpel untuk mengusir tikus. Namun demikian, harga untuk mendapatkan cara ini cukup mahal. Selain itu, setelah beberapa waktu tikus-tikus akan terbiasa dengan suara gelombang tadi dan mungkin tak terpengaruh lagi.

Dafar Komponen
R1     : 1K8
R2     : 1K
R3     : 5K6
R4     : 480R
C1     : 2,2nF
C2     : 0,022uF/6V
IC     : 555
Q     : SC1162
Speaker 4 ohm

Untuk mengusir gangguan tikus tersebut dapat dibuat sebuah rangkaian elektronik yakni Rangkaian Pengusir Tikus. Dengan frekuensi 50Khz yang dihasilkan oleh rangkaian tersebut, dijamin tikus-tikus akan berlarian karena telinganya akan merasa sakit akibat getaran sinyal ferkuensi tersebut.


4. Dengan hewan "musuh besar"  tikus


Meskipun terkesan "norak", memelihara hewan yang dimusuhi tikus ternyata cukup mujarab. Jangkrik, kucing atau ular misalnya, dapat menjadi pengusir yang efektif.

Tikus memang tidak menyukai jangkrik, terutama dengan suara deriknya yang sangat menganggu pendengaran mereka. Kucing dan ular pun secara alami menjadi predator tikus sehingga keduanya membuat tikus lebih dulu kabur ketimbang menjadi mangsa.

Namun, memelihara kucing dan ular tentu membutuhkan persiapan dan pemeliharaan tersendiri dan belum tentu mudah untuk Anda melakukannya.


5. Minyak mint

Manfaat minyak mint juga dapat dipakai untuk mengusir tikus. Hal ini karena tikus tidak menyukai baunya. Caranya, Anda bisa mengoleskan minyak mint pada selembar kertas tebal dan menempatkannya di jalur yang biasa dilalui tikus.

 
6. Kapur barus

Kapur barus juga ampuh mengusir tikus. Caranya, hancurkan kapur barus dan sebarkan di beberapa jalur yang biasa dilalui tikus. Penggunaan kapur ini terbilang cukup efektif dan murah meriah. Selain tikus pergi, rumah pun jadi lebih harum.

 
Pencegahan

Selain kiat mengusir, ada baiknya tindakan mencegah yang lebih penting dilakukan agar tikus tidak lagi datang. Aturan ketat berikut ini perlu Anda terapkan di rumah mulai sekarang:


- Jangan beri makan
Memang, syarat pertamanya adalah tidak boleh sama sekali ada makanan di luar, seperti di meja, di lantai atau di kursi. Usahakan sisa makanan atau belum sempat dimakan untuk dimasukkan ke dalam lemari atau tempat makan khusus yang tertutup rapat.

- Jangan ada sampah
Sedikit saja tempat sampah menganga lebar, tikus pasti datang. Untuk itu, ada baiknya sampah yang sudah memenuhi tempat atau bak sampah segera ditaruh di luar rumah, terutama jika banyak sampah basah yang berbau. Hal terpenting, Anda harus mengupayakan tidak ada sampah di dalam rumah pada malam hari.

Penulis : M Latief
Sumber : http://properti.kompas.com/i, Rabu, 8 Agustus 2012, 14:12 WIB
Poskan Komentar