Hal-hal Sepele Penyebab Kebakaran !


Semakin sulitnya kawasan hunian di kota-kota besar memaksa sebagian besar penduduk Jakarta tinggal di perumahan sangat padat. Saking padatnya, antara rumah yang satu dan dan rumah lainnya hampir tidak berjarak. Istilahnya, atap rumah depan dan belakang hanya sejengkal jaraknya!

Tidak heran, ketika musibah kebakaran melanda satu rumah, si jago merah akan terus merambat ke tempat lain dan menyebabkan kerugian tidak sedikit. Untuk itu, pastikan Anda memperhatikan beberapa penyebab kebakaran berikut ini, yang mungkin kerap dianggap sepele. Pasalnya, benda-benda ini kemungkinan besar berada di rumah Anda dan jangan sampai, benda atau tindakan ceroboh akan merugikan Anda dan keluarga.

Perlengkapan memasak

Bukan hanya kompor harus Anda perhatikan. Perlengkapan memasak seperti wajan dan panci dapat terlalu panas ketika memiliki kontak langsung dengan api. Untuk itu, teruslah tinggal di dapur selama Anda memasak, terutama jika memasak dengan minyak atau temperatur tinggi.

Kebanyakan kebakaran di dapur terjadi karena orang-orang yang tengah memasak mengalami gangguan dan meninggalkan dapur tanpa adanya pengawasan. Selain itu, perhatikan juga pemasangan gas pada kompor Anda. Waspadai adanya bau gas bocor di rumah. Pun, Anda harus berhati-hati dengan lap atau keset yang dapat dengan mudah terbakar karena api kompor.

Merokok

Jika anda seorang perokok, keinginan merokok dapat terjadi sepanjang waktu, termasuk di kamar tidur. Padahal, rokok yang hanya memiliki sedikit api tersebut dapat menyulut api membesar, terutama terkena perabotan Anda, seperti tempat tidur, sofa, gorden, keset, karpet, atau furniture lain yang terbuat dari kayu.

Alat-alat elektronik

Pastikan alat elektronik Anda tidak memiliki bagian yang longgar atau tidak pada tempatnya. Jangan biarkan stop kontak di rumah terhubung dengan banyak alat elektronik.

Jangan lupa, jauhkan kabel dari bawah karpet. Kabel yang terkelupas dan mengalami korsleting akan mudah menyambar karpet.

Lilin

Lilin yang Anda gunakan, jika terjadi mati lampu, atau bahkan lilin aromaterapi dapat menyebabkan kebakaran. Terutama, jika api lilin ini menyambar barang-barang elektronik maupun bahan lain yang mudah terbakar.

Untuk itu, hindari menyalakan lilin ketika Anda tidur. Pastikan lilin berada di bawah pengawasan Anda. Satu lagi, jauhkan benda ini dari jangkauan anak kecil dan binatang peliharaan Anda.

Larang anak Anda bermain api

Jauhkan korek atau pemantik api, petasan, lampu minyak, dan bahan-bahan lain yang dapat terbakar dari anak permainan Anda. Kejadian kebakaran di Otista III Jakarta Timur, Kamis (9/8/2012) kemarin, terjadi hanya lantaran seorang anak kecil bermain api. Kebakaran tersebut dilaporkan sampai meratakan empat rumah dan satu rumah rusak sebagian.

Memang, ini bukan kejadian pertama kali. Untuk itu, jangan sampai anak Anda menjadi penyebab kejadian berikutnya!

Sistem kabel tidak layak


Hati-hati dengan sistem kabel yang tidak layak di rumah Anda. Beberapa tanda ini sebaiknya Anda perhatikan. Kemungkinan besar, jika hal ini terjadi di rumah Anda, sistem kabel di rumah sedikit, hampir, atau bahkan sudah rusak. 

Tanda tersebut adalah:
  1. Anda harus melepaskan satu alat elektronik sebelum menyalakan alat elektronik lain.
  2. Menggunakan banyak panjangan kabel, stop kontak sering memercikan api, dan lampu tampak meredup jika anda menyalakan alat elektronik.
  3. Kabel rol yang sering digulung, ditarik, atau dibiarkan menggantung, serat serabut di dalamnya dapat terputus.

Cairan mudah terbakar

Jika yang ada di pikiran Anda adalah bahan bakar seperti solar, minyak tanah, dan bensin, tentu saja Anda tidak salah. Cairan-cairan tersebut memang bahan-bahan yang mudah terbakar. Namun, perhatikan juga lem, thinner, pembersih, sampai parfum Anda, karena semua itu adalah cairan yang juga mudah terbakar.

Daun-daun kering
Hati-hati dengan daun kering di sekeliling rumah Anda. Daun akan dengan mudah tersambar, terutama jika ada sedikit saja api. Rokok dan petasan dapat menjadi penyebab kebakaran besar saat menyambar daun kering.

Penulis : Tabita Diela, Editor : Latief
Sumber : http://properti.kompas.com/, Jumat, 10 Agustus 2012, 14:20 WIB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??