Americium-241, Limbah Nuklir Yang Dijadikan Baterai



Bahan sisa pembuangan reaktor nuklir, americium-241, di Inggris akan dijadikan material bahan bakar pesawat ruang angkasa milik Badan Luar Angkasa Eropa (ESA). Hal ini dilakukan oleh The British Sellafield karena americium-241 dapat menghasilkan panas selama beberapa tahun. Dengan begitu, limbah nuklir akan dapat didaur ulang.

Panas yang dihasilkan oleh amecirium-241 digunakan sebagai pemanas kapal di tengah dinginnya ruang angkasa. Serta memberikan panas kepada sistem listrik kapal tersebut. Cara ini juga telah digunakan pada penjelajah Mars teranyar, Curiousity.


The British National Nuclear Laboratory telah memanen americium-241 dari plutonium sisa. ESA ingin mencari pengganti plutonium-238 yang sekarang ini hanya terdapat di Amerika Serikat dan Rusia. ESA pun percaya bahwa americium-241 akan menggantikan plutonium.

Setiap baterai nuklir hanya membutuhkan lima kilogram material, hal ini mengindikasikan bahwa program nuklir Inggris bisa menyediakan semua kebutuhan ESA di masa mendatang.


Selain sebagai material untuk bahan bakar pesawat ruang angkasa, americium-241 telah menarik negara lain, seperti China dan India untuk tujuan yang berbeda. Mereka tertarik untuk menjadikan americium-241 sebagai pelampung yang kelak memantau kondisi laut.

Arif Sujatmoko
Sumber : National Geographic Indonesia, dikutip dari http://sains.kompas.com/, Senin, 24 September 2012, 10:49 WIB .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??