Selamat Ulang Tahun ke-4, Android !



Google akan merayakan ulang tahun ke-4 dari sistem operasi mobile andalannya, Android. Dalam waktu relatif singkat itu, lebih dari 500 juta perangkat Android telah diaktifkan di seluruh dunia, dengan 1,3 juta perangkat Android baru diaktifkan tiap harinya.

Android pun berhasil menjadi sistem operasi mobile yang paling dominan, dengan pangsa pasar global 68 persen atau empat kali lebih besar dari market share Apple, menurut data kuartal kedua dari IDC. Kedua sistem operasi mobile paling populer ini memiliki pangsa pasar gabungan sebesar 85 persen.

Sejarah Android sendiri bisa ditelusuri hingga jauh sebelum waktu kemunculan perdananya, ke saat di mana Rich Miner, Andy Rubin, Nick Sears, dan Chris White bersama-sama mendirikan perusahaan bernama Android pada Oktober 2003, hampir sembilan tahun yang lalu.

Android kemudian bergabung dengan Google ketika raksasa internet itu membeli perusahaan tersebut senilai 50 juta dollar AS pada Agustus 2005.

Android dikembangkan mulai tahun 2008, dengan mengusung perbaikan dan penambahan fitur baru menyusul kemudian. berikut perkembangan sistem operasi Android dari waktu ke waktu.

  • Versi pertama sistem operasi ini, Android 1.0, dirilis tanggal 23 September tahun 2008, 
  • Android 1.1 (Februari 2009),
  • Android 1.5 "Cupcake" (30 April 2009),
  • Android 1.6 "Donut" (1 September 2009),
  • Android 2.0/ 2.1 "Eclair" (26 Oktober 2009),
  • Android 2.2 "Froyo" (20 Mei 2010),
  • Android 2.3 "Gingerbread" (6 Desember 2010),
  • Android 3.0 "Honeycomb" (22 Februari 2011),
  • Android 4.0 "Ice Cream Sandwich" (19 Oktober 2011), dan
  • Android  4.1 "Jelly Bean" (27 Juni 2012).

Ponsel Android pertama yang dirilis ke pasaran adalah HTC Dream, yang dikenal dengan nama T-Mobile G1 di pasar Amerika Serikat. Meski terbilang lamban bahkan untuk ukuran masa itu, ponsel yang dibekali dengan prosesor berkecepatan 384 MHz dan keyboard QWERTY slide-out ini berhasil dijual sebanyak 1 juta unit pada April 2009.

Kini, perangkat-perangkat Android tercanggih seperti LG Optimus G dan Samsung Galaxy Note II masing-masing sudah diperkuat dengan prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon dan Samsung Exynos.

Bersama dengan iOS, Android telah menjelma menjadi sistem operasi mobile terpopuler di dunia. Kecuali Microsoft berhasil mengambil porsi cukup besar dengan Windows Phone 8 mulai akhir tahun ini, trend itu kemungkinan akan terus berlanjut.

Penulis: Oik Yusuf
Editor :Wicaksono Surya Hidayat 
Sumber :http://tekno.kompas.com/, Minggu, 23 September 2012, 07:45 WIB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??