Innocence of Muslims, Film Kontoversial Yang Kontroversial


 File:Innocence of bn Laden movie poster.jpg
Poster film asli dari film "Innocence of Bin Laden" pada Bulan Juni 2012 di the Vine Theatre in Hollywood California

Innocence of Muslims adalah sebuah film amatir Amerika Serikat tahun 2012 yang disutradarai oleh Nakoula Basseley Nakoula yang melecehkan agama Islam dan Nabi Muhammad SAW. Sebulan setelah pemutaran perdananya (sekaligus satu-satunya) di Hollywood Theater, dua trailer film dirilis di YouTube pada bulan Juli 2012. Trailer film ini di alih-suarakan ke dalam bahasa Arab, dan kemudian disebarkan oleh seorang blogger Koptik keturunan Mesir-Amerika bernama Morris Sadek.

Nakoula Basseley Nakoula (lahir 1957) adalah seorang Mesir-Amerika Koptik Kristen dianggap penulis, produser dan distributor dari Innocence film anti-Islam Muslim. Trailer untuk film, dipublikasikan di YouTube 2 Juli 2012, setelah mereka didubbing ke dalam bahasa Arab.

Meskipun Nakoula membantah menjadi sutradara film "Sam Bacile", Associated Press melaporkan bahwa Bacile nomor ponsel yang digunakan untuk wawancara cocok alamat Nakoula itu. Di antara alias Nakoula ini adalah nama-nama yang terdengar mirip dengan Sam Bacile. Seorang pejabat penegak hukum federal yang anonim diidentifikasi Nakoula sebagai pembuat film kunci. Polisi dikirim untuk melindungi Nakoula setelah ia diangkat menjadi tokoh kunci, dan kolega menyatakan Nakoula takut pembalasan. Beberapa film tampaknya telah difilmkan di rumah Nakoula itu. Menurut pihak berwenang, Nakoula menulis naskah selama di penjara. Ia mengatakan ia diproduksi dengan anaknya, Abanob Basseley, dan uang untuk itu (antara $ 50.000 sampai $ 60.000) berasal dari keluarga istrinya di Mesir. Pada tanggal 15 September, pemerintah federal mengambil Nakoula dalam untuk wawancara tentang pelanggaran masa percobaan yang mungkin terkait dengan distribusi film tersebut di Internet.

Pada tanggal 8 September 2012, cuplikan sepanjang dua menit dari film ini ditayangkan di Al-Nas TV, sebuah stasiun televisi Islami di Mesir. Protes keras, diduga atas penayangan film ini, pecah pada tanggal 11 September 2012, bertepatan dengan peringatan 11 tahun serangan 11 September 2001. Protes ini kemudian menyebar ke Libya, Yaman dan negara-negara Arab lainnya selama hari-hari berikutnya, termasuk serangan terhadap Kedutaan Besar Amerika Serikat di Benghazi, Libya, yang menewaskan 14 orang, termasuk Duta Besar Amerika Serikat, Christopher Stevens, dan tiga warga AS lainnya. Film ini juga telah memicu berbagai aksi protes di seluruh dunia.



Innocence of Muslims merupakan film yang dari awal hingga proses release sangat kontrovesial. Salah satu dari yang kontroversial adalah banyaknya perubahan judul film dari film awal, berikut adalah perubahan judul film "aneh" tersebut.
  1. Judul Asli :  Innocence of Bin Laden
  2. Judul produksi: Desert Warrior
  3. Judul di YouTube : The Real Life of Muhammad and Muhammad Movie Trailer
  4. Judul Release :  Innocence of Muslims


Produksi


Berdasarkan pengakuan dari para pemeran film Innocence of Muslims, diketahui bahwa pada awalnya konsep film itu adalah genre drama dengan judul Desert Warriors. Film ini sendiri seharusnya bercerita tentang peristiwa kuno yang terjadi 2 ribu tahun yang lalu. 

Para pemeran film tersebut juga merasa terkejut setelah penulisan skenario yang berubah secara drastis. Saat proses syuting, Muhammad (Nabi ) disebut dengan nama "Master George". Namun, setelah film ini diproduksi, pengisi suara mulai memainkan peranannya. Menurut pemberitaan CNN, pembuat film Innocence of Muslims sendiri adalah seorang yang bernama Nakoula Basseley Nakoula yang menggunakan nama samaran Sam Bacile. Nakoula tercatat sebagai warga Southern California, Amerika Serikat, dan dari biografi hidupnya diketahui bahwa ia pernah dihukum atas kasus penyelewengan perbankan pada tahun 2009 dan pernah dikenal sebagai tahanan luar selama 5 tahun.


Protes
Penayangan trailer film ini menimbulkan protes yang menyebabkan kematian dan ratusan cedera di beberapa kota di dunia.


Mesir
Aksi demo mengutuk peneyangan film ini berlangsung di luar Kedubes AS di Kairo, Mesir. Protes ini dilaporkan telah menelan satu korban jiwa. Menurut sumber-sumber keamanan, 53 polisi juga mengalami luka-luka dalam bentrok tersebut. Bahkan 7 polisi di antaranya menderita luka-luka tembakan.(CNN) (BBC) (The Atlantic) (Ahram).

Libya
Protes yang terjadi di Kantor Konsulat AS di Benghazi, Libya, menewaskan empat warga AS, termasuk Duta Besar Christopher Stevens.

Sudan
Sementara di Sudan dilaporkan juga telah menelan korban tewas dalam protes film Innocence of Muslims. Menurut sebuah laporan Radio berbahasa Sudan, sebanyak tiga orang tewas saat terjadi gelombang unjuk rasa memprotes film ini di luar gedung Kedutaan Besar Amerika Serikat di Sudan pada tanggal 14 September 2012.(BBC).

Yaman
Sehari sebelumnya, di Yaman juga dilaporkan telah terjadi bentrokan setelah demonstran menyerbu Kedutaan Besar AS. Peristiwa ini menewaskan empat pengunjuk rasa dan 48 orang cedera. Korban termasuk 10 anggota pasukan keamanan yang ditugasi untuk menjaga kedutaan tersebut. (BBC), (AFP via Google News)

Tunisia
Protes film Innocence of Muslims di Tunisia juga dilaporkan telah merengut korban. Menurut laporan Kementerian Kesehatan Tunisia seperti dilansir kantor berita AFP pada tanggal 15 September 2012, sebanyak 28 orang para demonstran luka-luka dan 3 lainnya tewas.(BBC)

Gelombang protes juga berlangsung di Indonesia


Tanggapan Amerika Serikat

Nakoula Basseley Nakoula, sang sutradara yang telah "diproses" oleh kepolisian Amerika Serikat.


Pada tanggal 15 September, pemerintah federal mengambil (menangkap) Nakoula Basseley Nakoula dalam untuk wawancara tentang pelanggaran masa percobaan yang mungkin terkait dengan distribusi film tersebut di Internet.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton menyebut film Innocence of Muslims yang dibuat oleh orang Israel di AS, Sam Bacile, sebagai video yang menjijikkan dan tercela. Clinton menegaskan, pemerintah AS tidak ada hubungannya dengan film (produksi film merupakan inisiatif pribadi) yang dimaksud. 

"Film itu adalah upaya sinisme untuk menyerang orang lain atas keyakinan relijiusnya. Bagi kami, khususnya bagi saya secara personal, video ini benar-benar menjijikkan dan sangat tercela. Nampaknya memang sengaja memiliki tujuan menghina, untuk merendahkan sebuah agama yang besar dan memprovokasi kemarahan," kata Clinton, pada tanggal 13 September 2012. Meski demikian, Clinton menyatakan semestinya film tersebut tidak dapat dijadikan pembenaran untuk merusak fasilitas dan menyerang diplomat AS. Sejauh ini, Clinton masih bungkam atas tuntutan para pengunjuk rasa untuk menghukum para pembuat film itu.

Lebih lanjut silahkan kunjungi link sumber : 
http://id.wikipedia.org/, 16 September 2012, 02.07 UTC.
http://en.wikipedia.org/wiki/Innocence_of_Muslims, 16 September 2012 at 05:54 UTC.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??