Benarkah Anak Perempuan Lebih Unggul dalam Aritmatika?


Selama ini banyak anggapan bahwa anak laki-laki akan selalu lebih unggul dalam segala bidang termasuk ilmu pengetahuan, namun ada penelitian mengenai anak perempuan lebih unggul dalam aritmatika. Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Psychological Science, sebuah jurnal dari Association for Psychological Science, menemukan bahwa keunggulan anak perempuan dalam bidang matematika berdasarkan kemampuan bahasa atau verbal yang lebih unggul.

"Orang-orang selalu berpikir bahwa anak laki-laki lebih unggul dalam bidang matematika dan kemampuan imajinasi visual atau spasial sementara anak perempuan hanyalah unggul dalam bidang linguistik atau bahasa saja,” kata Xinlin Zhou dari Beijing Normal University, yang menulis penelitian dengan Wei Wei, Hao Lu, Hui Zhao, dan Qi Dong Beijing Normal University dan Chuanseng Chen.

Dari University of California, Irvine mengatakan, “Namun, beberapa orang tua dan guru di Cina mengatakan anak perempuan lebih unggul dalam bidang matematika ketimbang anak laki-laki pada saat sekolah dasar,”
Zhou dan rekan-rekannya melakkan serangkaian tes dengan anak usia 8 sampai 11 pada 12 sekolah dasar sekitar Beijing. Memang ternyata perempuan mengungguli anak laki-laki di banyak soal matematika. Mereka juga lebih baik pada tugas seperti pengurangan sederhana, dan perkalian kompleks.

Anak perempuan juga lebih baik pada perbandingan angka dan membuat perkiraan mengenai kecepatan, anak perempuan juga mengungguli anak laki-laki dalam menyelesaikan soal kelipatan angka. Sementara anak laki-laki lebih unggul pada persoalan bangun ruang tiga dimensi.

Anak perempuan juga lebih baik dalam menilai dan membuat kata berirama. Zhou dan rekan-rekannya berpikir mungkin ini kunci dari mengapa anak perempuan lebih unggul dalam aritmatika ketimbang anak laki-laki. “Aritmatika membutuhkan pengolahan verbal,” kata Zhou. Menghitung adalah kegiatan lisan, tabel perkalian dihafalkan melalui lisan dan ketika orang melakukan perhitugan beberapa digit angka mereka menyebutkan hasilnya dan menggunakan ingatannya dirangkai dalam bentuk kata-kata,”

Editor : Syafrina Syaaf
Sumber : Intisari Online, dikutip dari : http://female.kompas.com/, Minggu, 24 Agustus 2014, 20:30 WIB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??