Jumat, 15 Juli 2016

14 Mitos tentang Dinosaurus, Jangan Sampai Anda Percaya!


Tahukah anda, bahwa tidak semua dinosaurus berukuran besar dan punah saat dihantam asteroid ?
Tahukah anda dinosaurus bisa di kloning?

Dinosaurus tidak diragukan lagi adalah salah satu makhluk yang sangat hebat dan mengesankan yang pernah berjalan di atas planet bumi ini. Kebanyakan orang percaya kalau hewan purbakala ini besar, pemakan daging, mengerikan dan ganas. Fosil dinosaurus ditemukan pertama kali pada 1676. Hingga 4 abad sesudahnya kini, pengetahuan manusia tentang hewan tersebut masih belum lengkap. Ada banyak mitos tentang dinosaurus yang tidak benar sama sekali.

Tentunya kebanyakan orang percaya dinosaurus adalah hewan yang ganas dari film terkenal Jurassic Park, film yang bagus tapi, ada banyak sekali ketidaksamaan yang terjadi dalam film tersebut dan berakhir menjadi sebuah mitos yang hingga kini banyak dipercaya masyarakat. Untuk merubah kepercayaan tersebut tentang dinosaurus, berikut adalah beberapa mitos yang keliru tentang dinosaurus.


1. Dinosaurus adalah kadal. 


Ini juga adalah mitos yang suka kita dengar tentang dinosaurus. Faktanya, dinosaurus itu bukan kadal. “Terrible Lizard” atau kadal mengerikan adalah suatu istilah yang sering merepresentasikan hewan purbakala ini. Namun sejak kita tahu yang sebenarnya kalau dinosaurus itu bukan kadal, seharusnya kata “Terrible lizard” pun jadi sudah tidak berguna.


2. Dinosaurus tidak bisa berenang. 


Dinosaurus selalu disebut sebagai hewan yang payah dalam air atau tidak bisa berenang dan kebanyakan dari mereka hanya berada di daratan. Bagaimanapun juga ada sebuah penelitian yang menemukan kalau dinosaurus berkaki dua pernah hidup di sekitar sungai di China.


3. Tak Semua Dinosaurus Berukuran Besar.


Dinosaurus dipercaya sebagai hewan yang berbadan besar-besar (raksasa) yang diidentikan sebagai hewan pemakan daging yang buas. T-rex misalnya, punya pajang 12 meter dan berat badan hingga 5 ton. Argentinosaurus diperkirakan punya panjang 30 meter dan berat 80 ton.

Namun kenyataannya ukuran dinosaurus yang paling besar sekalipun tidaklah terlalu besar. Setidaknya tidak benar-benar besar seperti seekor raksasa.

Namun ternyata tidak semua dinosaurus berukuran raksasa. Protoceratops hanya berukuran sebesar domba. Velociraptor berukuran sebesar anjing golden retriver, Hesperonychus raptor hanya seukuran kucing, dan Tianyulong pemakan tumbuh-tumbuhan seukuran kelinci.


4. Dinosaurus hidup dalam satu zaman sekaligus.


Ini adalah mitos paling ngaco yang biasanya sering kamu dengar tentang dinosaurus.
Kebanyakan orang percaya kalau semua dinosaurus itu hidup dalam satu periode bersama-sama, namun ini salah besar! Para dinosaurus memiliki zamannya masing-masing yang mana memiliki habitat dan spesies yang berbeda satu sama lain. Jadi gak bakal ada sejarahnya yang namanya T-Rex makan raptor seperti dalam film, karena zaman mereka sebenarnya berbeda. Fakta mengejutkan lain, ternyata Tyrannosaurus Rex (T-Rex) hidup lebih dekat dengan kita (manusia) dibandingkan Stegosaurus.


5. Lengan T-Rex tidak berguna.


Karena ukuran badan Tyrannosaurus Rex yang besar, kebanyakan orang berpikir kalau lengan kecil yang dimilikinya tidak berguna. Faktanya, dinosaurus besar ini dapat mengangkat objek atau hewan dengan lengannya yang mempunyai berat ratusan pound dengan mudahnya.


6. Dinosaurus bisa terbang.


Salah satu mitos yang sangat sering kita dengar tentang dinosaurus. Percaya atau tidak, tidak ada dinosaurus yang bisa terbang. Orang-orang hanya menyebut pterodactyl sebagai dinosaurus terbang, namun pada kenyataannya mereka bukanlah dinosaurus! Mereka hanyalah hewan bersayap yang sebenarnya adalah reptil.


7. Dinosaurus Belum Tentu Bersisik.


Dinosaurus dihubungkan dengan buaya atau kadal yang bersisik. Memang, banyak dinosaurus yang bersisik tetapi ternyata tak semua.

Tahun 1970-an, paleontolog mulai berpikir, beberapa dinosaurus mungkin berbulu dan memiliki hubungan kekerabatan dengan burung. Dinosaurus karnivora kecil Sinosauropteryx yang ditemukan tahun 1997 berbulu halus. 

Kenyatannya memang demikian. Dinosaurus berbulu pun terus bermunculan seiring penelitian dilakukan. Ornithopoda yang pemakan tumbuhan dan Heterodontosaurus adalah dinosaurus berbulu. Bahkan, T-rex pun mungkin bukan bersisik.


8. Tak Semua Dinosaurus Berwarna Hijau dan Coklat.


Dinosaurus kerap kali di gambarkan dengan warna abu-abu, hijau, dan coklat. Kenyataannya, dinosaurus juga punya warna lain, bahkan juga memiliki pola tertentu pada tubuhnya. 

Studi telah mengungkap bahwa dinosaurus juga memiliki melanin sehingga mereka memiliki variasi warna termasuk hitam, putih, dan warna menyerupai warna jahe. 

Tidak hanya itu, tubuh dinosaurus juga punya motif garis atau titik-titik di perut atau punggung untuk berkamuflase. Warna mencolok juga digunakan untuk menarik perhatian lawan jenis mereka.


9. Tak Semua Dinosaurus Punah.




ahool ahul 08
Foto kuno yang memperlihatkan para tentara pada masa lalu berhasil menembak dinosaurus jenis Pterosaurus, masih menuai perdebatan tentang keasliannya.

Banyak yang menyangka bahwa hantaman asteroid 66 juta tahun lalu yang memicu musim dingin panjang memusnahkan semua dinosaurus. Kenyataannya, tidak.

Diperkirakan kurang dari selusin spesies dinosaurus berbulu kecil selamat dari malapetaka itu. Moyang burung yang merupakan sepupu T-rex adalah dinosaurus yang selamat.

Video : "Ini Dinosaurus Yang Masih Hidup Hingga Sekarang "Evolusi Dinosaurus" !!"

Bukan hanya selamat. Mereka juga berkembang, berevolusi menghasilkan banyak spesies yang eksis hingga saat ini.


10. Bukan Makhluk Jahat !


Induk dinosaurus seringkali digambarkan jahat, meninggalkan anak-anaknya begitu saja. Tak ada bukti tentang asumsi yang sama sekali tak berdasar itu.



Ekspedisi Gurun Gobi yang menemukan adanya fosil dinosaurus di atas telur di sarangnya. Fosil itu diduga milik induk dinosaurus yang mati saat mengerami telur-telurnya. Terbukti, hewan itu juga peduli pada keturunannya.


11. Dinosaurus pernah hidup dengan manusia.


Mitos yang umum dan sering kita dengar tentang dinosaurus adalah orang-orang masih percaya kalau dinosaurus dan manusia pernah hidup dalam satu zaman di waktu yang bersamaan. Ternyata pernyataan ini adalah salah. Dinosaurus punah sekitar 62 juta tahun yang lalu bahkan sebelum manusia pertama pernah muncul di planet bumi.


12. Arkeolog mempelajari dinosaurus.


Banyak orang masih percaya kalau ilmu arkeologi itu mempelajari dinosaurus, namun pada kenyataannya tidak. Para professional arkeolog adalah orang yang mempelajari manusia dan terkadang hewan dan hubungannya dengan manusia di masa lampau. Ilmu yang ada hubungannya dengan dinosaurus adalah Paleontolog dan ilmu fosil yang mana juga termasuk mempelajari dinosaurus. Berarti kalau ingin jadi seperti Dr. Alan Grant harus jadi Paleontolog ya ???!!.


13. Dinosaurus bisa dikloning.


Meskipun dalam dunia Jurassic Park manusia bisa melakukan banyak manipulasi seperti mengkloning dinosaurus, namun kenyataannya DNA dinosaurus sangatlah rapuh dan tidak mampu menyimpan data untuk membuat dinosaurus hidup kembali seperti dalam film.


14. Jurassic Park = Periode Jurassic.


Jurassic Park adalah film tentang dinosaurus paling populer sepanjang masa. Mereka membawa banyak dinosaurus yang berasal dari zaman Jurassic ke dalam film itu hingga orang berpikir kalau Jurassic Park adalah film tentang dinosaurus yang hidup pada zaman Jurassic saja, namun sebenernya ini juga salah. Faktanya, ada banyak dinosaurus dalam Jurassic Park yang ternyata berasal dari zaman Cretaceous (kretasius) seperti T-Rex.

Dan sekarang tertawalah saat mengetajui fakta ini.

Penyusun : Yohanes Gitoyo, S Pd.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...