Sabtu, 26 November 2016

6 Hal yang Harus Dilakukan Saat Ponsel Anda Hilang.


Sepuluh tahun yang lalu, kehilangan handphone bukanlah masalah besar. Namun, sekarang kehilangan ponsel bisa menjadi bencana yang merusak hari Anda. 

Dahulu rasa kehilangan tidak begitu menyakitkan karena Anda hanya kehilangan handphone, sim card, nomor telepon penting, dan sms dari orang terdekat. Untungnya, CLEO menemukan cara untuk mencegah mimpi buruk ini. Baca terus untuk mengetahui tips mengamankan ponsel dan hal-hal yang harus dilakukan jika ponsel tidak bisa ditemukan di dalam tas atau hilang. 


1. Calling yourself

Pinjamlah telepon teman dan cobalah menghubungi ponsel Anda yang hilang. Anda juga bisa mengirimkan pesan teks ke telepon Anda dan menawarkan hadiah untuk orang yang menemukan dan mau mengembalikan ponsel kepada Anda. Setelah menghubungi nomor sendiri, ada dua kemungkinan yang akan terjadi; seseorang telah menemukan telepon Anda atau Anda akan mendengar dering telepon di antara bantal dan sofa.


2. Hubungi Operator Seluler

Setelah Anda menelepon atau mengirim sms ke ponsel sendiri, telusurilah kembali perjalanan Anda dan coba mengingat kira-kira di mana Anda meninggalkan perangkat berharga itu. Jika setelah menunggu beberapa lama Anda tidak bisa menemukannya, segera hubungi operator seluler dan memberitahu mereka bahwa telepon Anda telah hilang atau dicuri. Minta mereka untuk menonaktifkan layanan data, pesan, dan panggilan telepon pada ponsel untuk sementara waktu. Hal ini bisa mencegah pencuri ponsel menghabiskan pulsa Anda untuk menelepon ataupun berbelanja online jika Anda belum logout dari online shop.


3. Ganti password

Anda mungkin akan kehilangan ponsel untuk selamanya, tetapi jangan sampai kehilangan akses ke semua akun online Anda. Jika ponsel hilang dalam keadaan terbuka (tidak tidak dilengkapi dengan password dan belum logout dari semua akun social media dan online shop), segeralah mengubah password semua akun. Jangan lupa menghubungi pihak bank jika Anda menggunakan online atau mobile banking.


4. Catat Nomor Penting

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Luangkanlah waktu untuk mencatat nomor ESN, IMEI, atau MEID ponsel Anda. Pada kebanyakan ponsel, nomor ini sering ditemukan di bagian dalam ponsel tempat baterai diletakkan, sedangkan pada iPhone terdapat di bagian belakang di dekat nomor FCC ID. Nomor ini akan berguna ketika melaporkan ponsel hilang atau dicuri kepada polisi atau operator seluler Anda.


5. Back up plan

Secara teratur mengopi dokumen penting yang ada di ponsel Anda ke perangkat lain (tablet atau laptop) bisa mencegah Anda kehilangan segalanya. CLEO menyarankan untuk melakukan back up sebulan sekali atau jika perlu seminggu sekali. Jadi, saat membeli handphone baru, Anda akan memiliki ponsel yang tidak kosong dan hanya perlu memindahkan data. Lalu untuk mencegah pencuriaan data pribadi, biasakan untuk menghapus history di internet browser Anda. 


6. Aplikasi Terpenting

Tidak perlu merasa frustasi dan takut kehilangan segalanya karena sekarang ada banyak aplikasi yang berhubungan dengan GPS dan memudahkan pencarian ponsel yang hilang. Anda hanya memerlukan beberapa menit untuk meng-install Find My iPhone (iOs), BlackBerry Protect (Blackberry), atau Prey, Mobile Defense, dan Lookout (Android). 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...