8 Tips aman mengambil uang di ATM Bank.


Cara mengambil uang melalui ATM (Anjungan Tunai Mandiri) memang mudah, namun perlu berhati-hati. Sebaiknya, perhatikan beberapa tips aman mengambil uang di ATM bank untuk menghindari kelalaian Anda. Kelalaian nasabah adalah kelakuan nyata berefek pada hilangnya saldo pada rekening. Meskipun yang paling menyeramkan adalah pembobolan rekening oleh para cybercrime.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini bank negara maupun swasta di Indonesia sudah memiliki sistem keamanan canggih untuk menanggulangi tindakan kriminal dunia maya khususnya keamanan rekening para nasabah.

Berhati-hati dan waspada merupakan dasar dari tindakan aman ketika Anda menarik uang di mesin ATM, sebab kejahatan terjadi karena adanya kesempatan. Hal ini dimanfaatkan sepenuhnya oleh para pelaku “kriminal dadakan” istilahnya begitu. Misal; Anda lupa tidak mengambil kembali kartu ATM setelah melakukan transaksi, Anda hanya mengambil uangnya saja.

Kelalaian ini mengakibatkan orang yang antri di belakang Anda memiliki kesempatan untuk bertindak jahat menguras uang dalam rekening Anda. Namun tindakan seperti ini sudah tidak berlaku, rata-rata mesin ATM sekarang menggunakan sistem terbaru.

Jika kartu sudah keluar dan belum di cabut, saat di masukkan lagi akan meminta nomor PIN ulang. Jadi, kesempatan itu tidak bisa digunakan oleh orang yang tidak mengetahui PIN dari kartu ATM tersebut.

Video : "Tips Aman Bertansaksi ATM"

Apa saja tips aman mengambil uang di ATM bank agar tidak lupa?


1. Hindari mesin ATM yang kelihatan sepi pengunjung

Banyak modus kejahatan yang terjadi melalui mesin ATM, ada cara modern menggunakan micro hardware yang di tempatkan di mulut tempat memasukkan kartu ATM. Biasanya ditempel dengan isolatip dan kasat mata, alat ini akan mengcopy semua data transaksi.

Ada juga pelaku kejahatan menggunakan hipnotis, ini yang paling parah. Jika area mesin ATM terdapat orang-orang mencurigakan, kira-kira bukan nasabah sebaiknya cari tempat lain saja.



2. Menutup area keyboard saat memasukkan nomor PIN

Meskipun tidak ada yang antri di belakang Anda, tutup dengan tangan atau benda lain di area keyboard. Dikhawatirkan, ada yang dengan sengaja memasang micro kamera di sekitar mesin.


3. Mengganti nomor PIN secara berkala

Ini merupakan tips aman mengambil uang di ATM bank paling mudah namu juga paling menyusahkan, mengapa? jika Anda lupa nomor PIN terbaru setelah penggantian berkala, meu tidak mau harus mengurus ke bank untuk aktivasi ulang PIN.


4. Jangan mudah percaya dengan orang yang baru Anda kenal dan menawarkan bantuan utk menelpon costumer service bank dari handphone orang yang baru Anda kenal tadi, karena diduga itu bukan nomor costumer service dari bank ATM tersebut.

 

5. Jika kartu ATM Anda tertelan mesin, maka cobalah raba lubang masuknya kartu ATM pada mesin yang Anda pakai. Jika memang itu permainan dari penjahat dengan modus telan kartu ATM, maka Anda akan dapat menemukan suatu alat seperti sejenis jepitan, batang korek api atau lidi, cobalah tarik benda itu, maka kartu Anda akan kelihatan terkait disana.


6. Jika kartu ATM Anda tertelan dalam mesin langsung lapor ke Security setempat, dan mintalah ke pihak keamanan untuk segera mengisolir lokasi tersebut dengan memberikan pengumuman “Mesin ATM ini rusak”, dan segeralah hubungi nomor yang dapat dihubungi untuk menampung keluhan Anda.

Jika kantor bank yang bersangkutan bersebelahan dengan mesin ATM yang menelan kartu Anda tadi, sebaiknya mintalah print out rekening untuk mengetahui Outstanding saldo rekening anda pada jam tersebut, untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan. (Misalnya kesalahpahaman mengenai sisa saldo tabungan yang masih anda miliki).

Usahakan setiap anda menelepon menyampaikan keluhan Anda, dan Anda wajib mengetahui identitas orang yang anda hubungi tersebut.


7. Diharamkan memberitahukan nomor PIN kepada orang lain

Meskipun itu saudara Anda sendiri sebaiknya jangan, takutnya saudara Anda ini yang lupa menaruh sembarangan catatan nomor pin ATM Anda. Apalagi orang yang tidak Anda kenal, simpan dalam catatan pribadi Anda di rumah.


8. Tidak perlu mencatat nomor PIN di Handphone

Saudara saya sendiri pernah mengalami ini, semua catatan penting termasuk nomor rekening dan PIN ATM ada di dalam Handphone. Tidak sengaja Handphone hilang, kurang tau itu di copet atau jatuh.

Seminggu setelah kejadian itu, ketika mau menarik uang dari rekening ternyata tidak bisa. Ternyata saldo sudah kosong. Kebiasaan kurang baik di point nomor 8 ini perlu diwaspadai.

Tips aman mengambil uang di ATM bank ini perlu Anda ingat setiap waktu, mengingat modus-modus kejahatan di mesin ATM semakin beragam. Yang pasti, usahakan mengambil uang selalu mengajak teman atau saudara untuk menemani.

Video : "Kenali dan hindari Bertransaksi di ATM Bank yang mencurigakan"

Waspadalah…! 
Kejahatan saat ini bukan karena ada niat, melainkan karena adanya berbagai kesempatan, tergantung iman dari masing-masing orang. Semoga berguna dan silahkan bagikan.

Penulis : Dewi Probowati
Sumber : FB Polda Banten, dikutip dari : juragantips.com, 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Jika Naga Hidup di Dunia Nyata, Bagaimana Cara Mereka Semburkan Api?