Inilah Tempat Terbaik Menempatkan Router Wifi, Menurut Sains.



Di zaman serba digital seperti sekarang, internet seolah menjadi kebutuhan pokok bagi banyak orang. Tak heran berlangganan internet sudah lazim dilakukan. Salah satunya adalah pemasangan router wifi. Seperti yang kita tahu, semakin jauh dari router, maka semakin sulit sinyal wifi menjangkau perangkat yang digunakan. 

Lalu, di mana tempat terbaik untuk menempatkannya agar setiap area rumah mendapatkan sinyal wifi? 
Mungkin pertanyaan ini terkesan sedikit aneh, apakah perlu kita menghitung tempat terbaik untuk menempatkan router. Tapi, inilah yang dikerjakan oleh Jason Cole, seorang fisikawan. Cole telah menemukan formula yang bisa menunjukkan tempat terbaik untuk memposisikan router nirkabel Anda. 



Menurutnya, penempatan router ini bergantung pada denah rumah Anda. Dilansir dari Science Alert, Minggu (29/04/2018), penyelidikan Cole ini dilakukan karena dia ingin mengoptimalkan sinyal wifi miliknya. Untuk itu, Cole memetakan denah rumahnya terlebih dahulu. Dia juga menetapkan nilai-nilai pembiasan ke dinding. 

Selanjutnya, menggunakan persamaan Helmholtz, dia memodelkan gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh router-nya. Dalam blognya yang bernama Almost Looks Like Work, Cole menjelakan matematika rumit yang digunakannya. Dia kemudian memberikan solusi yang sebenarnya tidak terlalu mengejutkan. Dia menyebut, tempat terbaik menempatkan router adalah di tengah-tengah rumah Anda. 

Namun, tak segera puas, dia menyebut menempatkan router di tengah-tengah rumah tak selalu membuat sinyal wifi bagus. Maka, lebih lanjut, Cole memodifikasi modelnya. Kali ini dia memperhitungkan penyerapan material dinding seperti benton dan menghentikan refleksi sempurna yang membentuk gelombang berdiri. Itu memberinya model yang lebih mirip dengan sinyal wifi. 

Video "Sebaran sinyal WIFI menurut Jason Cole"

Dia menyimpulkan, seperti yang sudah banyak diketahui, semakin jauh Anda dari router maka semakin sulit menangkap sulur sinyalnya. Meski begitu, jika router diposisikan dengan benar, gelombang wifi akan berosilasi dengan indah dan mengisi hampir setiap ruangan seperti video di bawah ini. 

Bagi Anda yang sedang mencari tempat terbaik untuk menempatkan router di rumah, tak perlu sulit menghitung persamaan seperti Cole. Karena, Cole telah membuat aplikasi Android bernama Wifi Solver yang memungkinkan Anda memetakan sendiri sinyal wifi di sekitar rumah Anda. 

Penulis : Resa Eka Ayu Sartika
Sumber :  Science Alert, dikutip dari : https://sains.kompas.com, 01/05/2018, 17:00 WIB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??