Mengapa Susu Kental Manis Tidak Cocok Dikonsumsi oleh Anak ?


Susu mengandung manfaat yang berguna untuk tubuh. Kalsiumnya baik untuk pertumbuhan dan menguatkan tulang. Akan tetapi, tidak semua susu baik untuk dikonsumsi. Susu kental manis (SKM), misalnya, lebih tepat digunakan sebagai salah satu bahan untuk mengolah makanan karena kandungan gulanya sebesar 40-50 persen. 

Namun, sayangya tak sedikit yang mengonsumsi SKM setiap pagi sebelum memulai aktivitas. Peneliti Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi Pangan dan Pertanian Asian Tenggara Institut Pertanian Bogor, Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN, mengatakan, SKM dalam pembuatannya ditambahkan gula agar susu menjadi lebih awet. 


Negatifnya, SKM tak cocok dikonsumsi oleh anak-anak. 

 “Karena gulanya terlalu tinggi. Kalau anak kurang menjaga kebersihan mulut bisa menjadi karies gigi,” kata Dodik dalam acara Diskusi Mari Menjadi Ibu Melek Nutrisi demi Wujudkan Generasi Emas 2045 di kawasan Cilandak Timur, Jakarta Selatan, Selasa (19/9/2017). 

Gula yang terlalu lama mengendap di mulut, sulit dinetralkan oleh air liur. Akibatnya, mulut dan gigi berubah menjadi asam sehingga dapat menimbulkan karies gigi. 


Selain itu, tingginya gula juga dapat menjadi pemicu obesitas pada anak. Kemudian, anak juga akan lebih memilih mengonsumsi makanan manis daripada buah dan sayuran. 

Dodik mengatakan, kandungan gizi SKM lebih rendah dibandingkan dengan jenis susu lainnya. 

Protein dan kalsiumnya saja lebih rendah daripada susu bubuk atau susu segar. “Karena itu bukan sumber minuman, dia untuk olahan. Rasa yang diharapkan,” kata Dodik. 

Untuk itu, kebiasaan mengonsumsi makanan manis perlu diubah. Tak seperti orang dewasa, mengubah kebiasaan anak lebih mudah dan orang tua dapat mengendalikannya. “Orang tuanya harus tahu, kalau tidak, anaknya tidak akan berubah juga,” kata Dodik. 

Penulis : Lutfy Mairizal Putra
Editor : Shierine Wangsa Wibawa
Sumber : sains.kompas.com, 19 September 2017, 21:47 WIB 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??