Jangan Salah, Puasa Terbukti Ringankan Gejala Penyakit Asam Lambung.


Kebalikan dengan anggapan banyak orang, berpuasa ternyata meringankan gejala maag dan penyakit asam lambung (GERD). Hal ini diungkapkan oleh Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, ahli gastroenterologi dan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang pernah terlibat dalam penelitian dengan topik tersebut. 

Penelitian yang telah dipublikasikan dalam Acta Medica Indonesiana - The Indonesian Journal of Internal Medicine pada 2016 tersebut dilakukan pada 130 pasien yang telah didiagnosis dengan GERD. 66 di antaranya berpuasa Ramadhan, sedangkan 64 sisanya tidak berpuasa Ramadhan. 

Rupanya, pasien yang menjalani puasa ditemukan merasakan keluhan GERD yang lebih ringan daripada ketika mereka tidak berpuasa. Pasien-pasien ini juga merasakan gejala GERD yang lebih ringan dibandingkan dengan pasien-pasien yang tidak menjalani puasa. 

Diwawancarai Kompas.com pada hari Jumat (18/5/2018), Ari menjelaskan bahwa penyebabnya adalah perubahan pola makan dan gaya hidup selama berpuasa. “Orang yang berpuasa itu makannya jadi normal dan teratur, yaitu saat sahur dan berbuka,” ujarnya. 

Dia melanjutkan, mereka juga tidak mengonsumsi camilan-camilan yang tidak sehat sepanjang hari, termasuk cokelat, keju dan gorengan. Kalau mereka merokok, rokoknya pasti berkurang. Kalau biasanya minum alkohol juga jadi tidak minum alkohol. Pembatasan asupan makanan dari tiga kali menjadi dua kali juga akan menyebabkan pembatasan kalori yang baik untuk tubuh. 

“Pembatasan makan akan membuat tubuh melakukan penhancuran lemak tubuh. Pembatasan makan juga menyebabkan pengurangan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh kita," ujarnya dalam tulisan yang diterima oleh Kompas.com pada Jumat (18/5/2018). 

"Jadi dengan adanya pembatasan makan, berat badan akan turun, kolesterol akan turun, kadar gula darah juga menjadi lebih terkontrol,” lanjutnya. Secara kejiwaan pun, kata Ari, orang yang berpuasa Ramadhan akan menjadi lebih tenang sehingga tingkat stresnya menurun dan mengurangi risiko naiknya asam lambung. Hal-hal ini jelas tidak hanya bermanfaat bagi mereka yang memiliki maag dan GERD, tetapi juga orang-orang yang sehat. 

“ Puasa akan membuat orang sehat menjadi tambah sehat, dan pada orang dengan penyakit kronis (hipertensi, kencing manis, kegemukan dan kolesterol tinggi), akan membuat penyakit menjadi lebih baik dan terkontrol,” katanya. 


Puasa bahaya untuk orang yang mengalami masalah asam lambung?


Banyak orang yang beranggapan bahwa dengan berpuasa akan menambah parah pada kondisi lambung yang di derita. Namun perlu anda ketahui bahwa anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar 100%.

Justru dengan anda melakukan yang namanya ibadah puasa, anda akan mendapatkan kesehatan lambung yang utuh. Kenapa demikian? Karena dengan anda membiarkan lambung anda kosong untuk sementara, maka sistem priduksi yang ada di dalam lambung akan di istirahatkan. Dan dengan demikian produksi asam lambung yang biasanya di produksi hampir 24 akan terhenti secara berkala.

Jadi intinya dengan anda berpuasa, secara tidak sadar ini akan menyehatkan lambung sekaligus mengistirahatkan lambung yang sehari-hari bekerja. Jadi sarankan untuk anda yang saat ini sedang mengalami masalah dengan asam lambung. Di anjurkan sekali untuk menjalankan yang namanya ibadah puasa ini. Selain beribadah, anda juga bisa mengatasi masalah asam lambung.


Cara Mengatasi Asam Lambung Saat Puasa.


Namun selain anda berpuasa tentunya anda juga perlu menerapkan aturan-aturan yang positif. Cara agar lambung anda aman saat anda berpuasa bisa anda ikuti langkah-langkah di bawah ini :
  • Sahur
Sahur merupakan sunnah Rosul dan tentu saja ini merupakan anjuran bagi anda yang saat ini ingin tetap sehat dalam berpuasa. Dengan sahur berarti lambung anda sudah di persiapkan untuk puasa. Dan manfaat lain dari sahur ini juga baik untuk menjaga stamina pada saat anda berpuasa. Jadi sahurlah untuk menjaga kesehatan lambung dan tubuh anda.
  • Menu Makanan Sahur
Bukan hanya sahur yang di anjurkan pada saat anda melakukan puasa, namun menu pada saat sahur pun perlu anda perhatikan. Untuk sahur tidak perlu yang mewah, namun pilihlah makanan yang sehat. Untuk anda yang memiliki riwayat penyakit asam lambung sebaiknya anda tidak memilih menu makanan yang berlemak tinggi. Pilihlah makanan dari sayuran komplitnya, 4 sehat 5 sempurna.
  • Menu Buka Puasa
Bukan hanya menu pada saat anda sahur saja perlu anda perhatikan, namun menu saat berbuka pun tidak kalah pentingnya dengan anda sahur. Banyak orang makan selahap-lahapnya pada saat berbuka puasa. Namun hal tersebut sangat tidak di anjurkan, terlebih menu makanan yang di pilih tidak sehat.

Mungkin itulah beberapa informasi mengenai cara mengatasi asam lambung pada saat berpuasa. Semoga dengan cara ini bisa menambah wawasan anda mengenai asam lambung pada saat berpuasa.

Dan kesimpulannya adalah dengan anda melakukan ibadah puasa, insya Allah penyakit asam lambung yang saat ini di derita akan mengalami kebaikan. Jadi anda tidak perlu menghawatirkan akan penyakit asam lambung ini pada saat puasa.


Penderita maag / asam lambung tinggi boleh berpuasa, justru akan lebih baik.


Menurut penjelasan dari Dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, konsultan saluran pencernaan dari Fakultas kedokteran Universitas Indonesia, memberitahukan bahwa “penderita maag / asam lambung tinggi (boleh berpuasa), justru akan lebih baik”.

Berpuasa dapat menjadi hal baik bagi penderita asam lambung tinggi / maag, namun tidak untuk semua penderita maag boleh berpuasa. Dr Ari menjelaskan bahwa penderita sakit maag bisa berpuasa namun tidak bagi penderita maag dispepsia yang belum terobati, terutama jika sering menimbulkan gejala.

Maag dispepsia ini terbagi menjadi dua, yakni maag fungsional dan dispepsia organik. Maag fungsional ini terjadi akibat ketidak aturan saat makan, mengonsumsi makanan berlemak, mengonsumsi soda, stres dan merokok, tanpa ada kerusakan parah dalam lambung.

Sedangkan dengan maag organik, penderita telah mengalami ketidak normalan di dalam lambungnya, seperti tukak lambung, tukak usus dua belas jari, GERD, polip atau kanker kerongkongan, usus dua belas jari dan lambung.

“Sakit maag fungsional dapat membaik seandainya berpuasa. Rata Rata jika siang ngemil cokelat, minum kopi padahal paginya di rumah telah ngopi 2 gelas, kelak sore ngemil lagi, cokelat atau keripik pedas. Kan sebenarnya itu yg bikin maag. Nah, kala berpuasa makannya menjadi rutin, mengurangi makan camilan yg berlemak, mengurangi rokok, mengurangi minum kopi, minuman bersoda dan pengendalian diri, contohnya seperti tidak sedikit berzikir. Itu dapat menciptakan maag-nya menjadi sembuh. Sedangkan terhadap maag organik, buat berpuasa benar-benar butuh dikonsultasikan lalu bersama dokter,” terang Dr Ari.

Efek puasa bagi penderita asam lambung / maag, khususnya maag organik apalagi jika sedang mengalami perdarahan disertai gejala muntah darah atau buang air besar hitam, dan setiap kali makan langsung muntah sebaiknya jangan berpuasa. Bahkan, orang dengan riwayat demikian harusnya dirawat di rumah sakit untuk mendapatkan perawatan khusus. Pasien yang memiliki masalah dengan saluran cerna juga sebaiknya jangan memaksakan untuk puasa.

Jika Anda merasa tidak nyaman ketika berpuasa karena memiliki penyakit asam lambung / maag, penderita akan di anjurkan oleh dokter untuk mengonsumsi obat antagonis reseptor H2 (ranitidine, famotidine, simetidine, nizatidine) atau penghambat pompa proton (omeprazole,lansoprazole, rabeprazole, esomeprazole, pantoprazole).

Efek puasa bagi penderita asam lambung / maag dapat ditekan dengan mengonsumsi obat antasida yang sudah beredar dipasaran, namun harus Anda ingat bahwa obat tersebut hanya untuk menghilangkan gejala sementara, sekitar 6-8 jam saja. Sehingga dapat membuat penderitanya ketergantungan dengan obat tersebut. Jika Anda benar benar ingin mengobati efek puasa bagi penderita asam lambung / maag, sebaiknya Anda konsumsi obat asam lambung yang terbuat dari bahan herbal.

Penyusun : Yohanes  Gitoyo, S Pd.
Sumber : 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??