NASA: Letusan Gunung Agung Adalah Kabar Bahagia Bagi Kehidupan Manusia


Masyarakat Bali mungkin sedang merasa "harap-harap cemas". Bukan tanpa alasan, Gunung Agung yang tengah aktif ini sudah beberapa kali mengalami erupsi. Salah satunya terjadi pada Senin (2/7/2018) malam, pukul 21.04 WITA.

Berdasarkan data PVMBG, Gunung Agung menyemburkan abu setinggi 2.000 meter di atas puncak, atau 5.142 meter di atas permukaan laut.

Berbeda dengan masyarakat Bali—dan mungkin masyarakat Indonesia—yang tengah was-was, para peneliti NASA justru merasakan hal yang bertokak belakang.

Para peneliti NASA mengatakan bahwa letusan Gunung Agung berpotensi sebagai penyelamat dunia dalam permasalahan perubahan iklim.


Letusan Gunung Agung dari satelit NASA
  
Dengan meneliti peristiwa alam ini, NASA berharap dapat menemukan banyak gambaran terhadap bagaimana bahan kimia yang dilepaskan ke atmosfer dapat digunakan untuk melawan perubahan iklim.

Setelah Gunung Agung bangun dari tidur dan kemudian meletus pada akhir November tahun lalu, secara konsisten gunung itu menyemburkan uap dan gas ke atmosfer.

Walaupun beberapa gunung berapi pernah mengalami letusan yang lebih besar dan menyebabkan "musim dingin vulkanik", namun Gunung Agung memiliki keunikan yang membuat para peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut.

Sekadar info, Gunung Tambora pada tahun 1815 meletus dan menyebabkan musim dingin sepanjang tahun. Bahkan Albany, New York mengalami musim salju selama setahun. Kelaparan pun terjadi di banyak tempat akibat adanya kerusakan tanaman pangan.

Letusan ini pun kemudian tercatat sebagai letusan gunung berapi terbesar dalam sejarah.

Bagi para peneliti, Gunung Agung bisa menjadi kesempatan mereka untuk mengetahui bagaimana gunung berapi mampu memengaruhi iklim seperti Gunung Tambora.



Penelitian terhadap Gunung Agung sebenarnya bermula pada tahun 1991. Saat itu para peneliti tengah meneliti Gunung Pinatubo, di Filipina yang sedang meletus. Letusan ini disebut-sebut sebagai letusan terbesar di abad ke-20.

Gunung Pinatubo memuntahkan satu kubik mil batu dan abu ke udara beserta 20 juta ton gas belerang dioksida ke atmosfer. Letusan ini tidak hanya berimbas pada masyarakat sekitar, namun juga memengaruhi Bumi.

Ketika Pinatubo meletus, sejumlah besar gas yang dikeluarkan menyebar ke seluruh dunia. Hal ini kemudian berimbas pada terjadinya sebuah reaksi kimia. Gas yang bercampur dengan uap air, menghasilkan tetesan “super dingin” yang dikenal sebagai aerosol.

Aerosol ini kemudian memantulkan sinar matahari menjauhi Bumi. Peristiwa ini lantas membuat suhu Bumi turun (rata-rata) sebanyak 1' F selama beberapa tahun. The New York Times menyebut letusan ini sebagai influencer alami Bumi.

Sementara itu, karakter Gunung Agung dinilai identik dengan Gunung Pinatubo. Oleh sebab itu para peneliti NASA mengincar letusan Gunung Agung untuk dijadikan "laboratorium" penelitian mereka.

Para peneliti kemudian merencanakan untuk menerbangkan balon berisi perangkat teknologi untuk mengukur dampak letusan di atmosfer Bumi.

Bila kekuatan letusan Gunung Agung sama dengan letusan yang pernah terjadi pada tahun 1963, maka Gunung Agung dipastikan akan memompa belerang dioksida dengan jumlah besar ke atmosfer.

(Left) Composite global mean surface temperature anomaly from the Community Earth System Model Large Ensemble (CESM) during the three volcanic eruptions Agung 1963, El Chichón 1982, and Pinatubo 1991. Anomalies are relative to the 5-year mean preceding the eruption. The CESM simulations have 40 members, yielding 120 simulations of the 3 eruptions. Once the 120 simulations are subsampled according to ENSO state during the eruption, they reveal how El Niños dampen and La Niñas exacerbate the volcanic cooling. Time series are filtered with a 1-2-1 filter, the shading shows 5-95% uncertainty range, the lines are the ensemble mean, and the blue and red bars indicate when the ‘El Niño’ and ‘La Niña’ cases differ significantly from the ‘All’ cases. 
(Right) Scenarios of annual mean global temperature evolution if an Agung­-like eruption occurred in 2017, constructed by adding the ensemble of temperature anomalies from the left panel to random ensemble members from CESM in 2017. Observations are from the Berkley Earth Surface Temperature (BEST) dataset.

Walau dampak awalnya akan merusak lapisan ozon, namun hal ini akan mampu menciptakan efek pendinginan Bumi. Namun permasalahan yang kemudian muncul adalah para peneliti tidak mengetahui kapan gunung ini akan meletus.

Source : The New York Times,intisari
Penulis : Gregorius Bhisma Adinaya
Sumber : nationalgeographic.grid.id, Kamis, 5 Juli 2018, 15:15 WIB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??