Siapa Leluhur Manusia di Asia Tenggara? Tes DNA Manusia Purba Menjawabnya"


Asia Tenggara merupakan salah satu wilayah yang paling beragam secara genetik di dunia. Keunikan inilah yang pada akhirnya justru membuka perdebatan tak berujung di kalangan para ilmuwan. Lebih dari 100 tahun, mereka belum bisa memecahkan siapakah sesungguhnya moyang orang-orang Asia Tenggara ini. Sebuah teori yang terlontar menyebut jika moyang kita adalah masyarakat kuno berburu-meramu yang disebut dengan Hòabìnhian. 



Mereka berdiam di Asia Tenggara selama 40.000 tahun. Tapi kemudian ada yang menarik yang terjadi. Saat masa masa berburu meramu beralih menjadi menjadi masa masyarakat bercocok tanam, masyarakat prasejarah ini menghilang. 

Anehnya, tidak pernah diketahui bagaimana mereka lenyap dari muka Bumi ini. Apakah Hòabìnhian bisa beradaptasi dengan cara hidup yang baru sebagai masyarakat bercocok tanam ataukah tergeser oleh keberadaan populasi lain. 

Sebagai catatan pada masa itu terjadi migrasi petani besar-besaran dari Asia timur. Hipotesis Sehingga kedatangan para petani ini memunculkan teori baru lain yang dikenal dengan 'two-layer model'. 

Teori tersebut memandang jika kedatangan petani dari Asia timur ini menggantikan masyarat kuno Hòabìnhia. Namun kedua hipotesis tersebut nampaknya belum seluruhnya benar mengungkap asal-usul orang Asia Tenggara. 

Hingga sebuah penelitian internasional baru-baru ini berhasil mengungkap fakta baru. "Kami meneliti kerangka manusia purba mulai dari masa Hòabìnhian hidup hingga Zaman Besi. Dan kami menemukan jika populasi Asia Tenggara saat ini berasal dari setidaknya empat populasi kuno," jelas Fernando Racimo, peneliti genetika kuno dari University of Copenhagen, Denmark dikutip dari Science Alert, Selasa (10/07/2018). 

"Ini merupakan bentuk yang jauh lebih kompleks dari yang diperkirakan sebelumnya," tambahnya. 


Untuk penyelidikan mereka, peneliti mengekstraksi DNA dari sisa kerangka manusia purba berusia mulai 8000 tahun yang terdapat di Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, Indonesia, Laos dan Jepang. Secara total, 26 urutan genom manusia purba berhasil dipelajari. 

Hasilnya mengungkapkan jika pembentukan masa bercocok tanam serta catatan migrasi (keluar dan masuk) orang Asia tenggara lebih kaya daripada yang pernah ada sebelumnya. Kesimpulan Kompleks Mereka kemudian menyimpulkan jika tidak ada interpretasi yang sesuai dengan kompleksitas sejarah Asia Tenggara. Baik masyarakat berburu-meramu dan juga petani Asia Timur berkontribusi terhadap keragaman Asia Tenggara saat ini. 

Walapun belum sepenuhnya menjawab, tetapi hasil ini membantu menyelesaikan satu dari kontroversi yang berlangsung lama di prasejarah Asia Tenggara. Selain itu, para ilmuwan harus berjibaku dengan iklim Asia Tenggara. Panas dan kelembaban Asia Tenggara menjadi salah satu lingkungan yang paling sulit untuk pegawetan DNA. 

"Kami berusaha keras untuk mengambil DNA purba dari Asia Tenggara tropis yang dapat memberikan petunjuk baru," jelas pimpinan ahli genetika evolusioner, Eske Willerslev dari University of Cambridge di Inggris dikutip dari Science Daily, Jumat (06/07/2018). 

"Fakta bahwa kami dapat memperoleh 26 genom manusia dan menjelaskan kekayaan genetik luar biasa dari kelompok-kelompok di wilayah ini tentu sangat luar biasa," sambungnya. Studi ini dipublikasikan di Science. 

Penulis : Kontributor Sains, Monika Novena
Editor : Resa Eka Ayu Sartika
Sumber : Science Daily,Science Alert, dikutip dari : sains.kompas.com, 11 Juli 2018, 21:05 WIB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??