Sejak Kapan Dinosaurus Jadi Besar? Fosil Ingentia prima "Dinosaurus Raksasa Pertama "Menjawab.

Fosil Ingentia prima

Tahukah Anda bahwa dinosaurus tidak selalu raksasa. Mereka, termasuk sauropodomorpha yang merupakan hewan darat terbesar dalam sejarah, awalnya bertubuh kecil. Menurut teori yang ada sebelumnya, dinosaurus tiba-tiba menjadi besar pada periode Jura. 

Akan tetapi, fosil yang baru-baru ini ditemukan di situs Balde de Leyes, provinsi San Juan, Argentina membantah teori itu. Fosil dinosaurus besar tersebut berasal dari periode Trias akhir, yang berarti dinosaurus menjadi raksasa lebih awal dari dugaan sebelumnya. 

Salah satu anggota tim peneliti, Cecilia Apaldetti dari National University of San Juan di Argentina, mengatakan, begitu kami menemukannya, kami tahu ini sesuatu yang berbeda. “Kita menemukan sebuah bentuk, raksasa pertama di antara semua dinosaurus. Itu adalah sebuah kejutan,” ujarnya. 


Para paleontolog pun menamai dinosaurus tersebut Ingentia prima yang berarti raksasa pertama. I prima bersama fosil-fosil serupa di sekitarnya juga diberi nama famili baru, yakni Lessemsauridae. 

Ingentia prima (Agencia CTyS) Ketika hidup, I prima memiliki berat badan sekitar 10 ton. Berat ini kira-kira sama dengan dua atau tiga gajah Afrika, walaupun masih jauh dari Sauropoda yang beratnya mencapai 70 ton. 



Dengan leher dan ekor yang panjang, I prima yang panjangnya kira-kira 10 meter ini memiliki kemiripan bentuk dengan famili Sauropodomorph. 

Melalui fosil ini, para paleontolog juga menemukan beberapa petunjuk mengenai bagaimana dinosaurus bisa menjadi besar dalam waktu yang tergolong singkat. 

I prima memiliki sistem pernapasan seperti burung yang bisa menyimpan udara beroksigen. Ini membuat dinosaurus tersebut lebih cepat dingin. Ingentia prima (Jorge A. González) Tulang-tulang juga menunjukkan pertumbuhan yang tidak merata bila dibandingkan dengan Sauropodomorph yang pertumbuhannya lebih bertahap. 



Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal Nature Ecology & Evolution. 

Penulis : Shierine Wangsa Wibawa
Editor : Shierine Wangsa Wibawa
Sumber: Science Alert, dikutip dari : sains.kompas.com, 14 Juli 2018, 21:08 WIB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??