Jumat, 07 Januari 2011

ASAL KATA NEGARA KITA INDONESIA





Dalam perebutan Piala AFF 2010, nama INDONESIA begitu berkumandang, banyak diantara kita merasa rasa nasionalisme kita terbakar. Kita juga tahu kita berada di negara INDONESIA yang telah berusia 65 tahun, sejak kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Negara kita dijajah oleh Negara Belanda selama 3,5 abad, selama itu pula “embrio” negara kita terbentuk. Ya, embrio negara kita, karena seluruh wilayah negara kita merupakan “bekas” wilayah jajahan Belanda. Para pendahulu kita mengklaim wilayah Negara Indonesia adalah seluruh wilayah jajahan Belanda, hal ini kita perjuangkan dari tahun 1945 hingga 1962 (pengabungan Papua Barat ke RI).

Namun tahukah anda dari mana negara kita memperoleh nama ? silahkan anda baca uraian berikut :
Kata "Indonesia" berasal dari kata dalam bahasa Latin yaitu Indus yang berarti "Hindia" dan kata dalam bahasa Yunani nesos yang berarti "pulau".1  Jadi, kata Indonesia berarti wilayah Hindia kepulauan, atau kepulauan yang berada di Hindia, yang menunjukkan bahwa nama ini terbentuk jauh sebelum Indonesia menjadi negara berdaulat.2  Pada tahun 1850, George Earl, seorang etnolog berkebangsaan Inggris, awalnya mengusulkan istilah Indunesia dan Malayunesia untuk penduduk "Kepulauan Hindia atau Kepulauan Melayu".3  Murid dari Earl, James Richardson Logan, menggunakan kata Indonesia sebagai sinonim dari Kepulauan India.4  Namun, penulisan akademik Belanda di media Hindia Belanda tidak menggunakan kata Indonesia, tetapi istilah Kepulauan Melayu (Maleische Archipel); Hindia Timur Belanda (Nederlandsch Oost Indië), atau Hindia (Indië); Timur (de Oost); dan bahkan Insulinde (istilah ini diperkenalkan tahun 1860 dalam novel Max Havelaar (1859), ditulis oleh Multatuli, mengenai kritik terhadap kolonialisme Belanda).5
Sejak tahun 1900, nama Indonesia menjadi lebih umum pada lingkungan akademik di luar Belanda, dan golongan nasionalis Indonesia menggunakannya untuk ekspresi politik).5  Adolf Bastian dari Universitas Berlin memasyarakatkan nama ini melalui buku Indonesien oder die Inseln des Malayischen Archipels, 1884–1894. Pelajar Indonesia pertama yang menggunakannya ialah Suwardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantara), yaitu ketika ia mendirikan kantor berita di Belanda yang bernama Indonesisch Pers Bureau di tahun 1913.2 

Demikian uraian asal kata negara kita, semoga bermanfaat. Sebagai tambahan berikut adalah bentuk rupa bumi negara kita dari waktu ke waktu :

Peta Indonesia tahun 1575.6
Ortelius, A. ‘INDIAE ORIENTALIS, INSULARUMQUE ADIACIENTIUM TYPUS’. India, East India and East India Islands, reaching to Japan, New Guinea and the North American West.


Peta Indonesia tahun 1845.6
Lizars, W. ‘EAST INDIA ISLANDS’. Map of the East India islands.

Peta Indonesia setelah kemerdekaan.7

Peta 33  Propinsi di Indonesia.8
Kata kunci : asal kata Indonesia, sejarah indonesia, sejarah peta indonesia, indonesia map history, peta 33 propinsi Indonesia.

  • Tomascik, T; Mah, J.A., Nontji, A., Moosa, M.K. (1996). The Ecology of the Indonesian Seas - Part One. Hong Kong: Periplus Editions Ltd.. ISBN 962-593-078-7.

  • Anshory, Irfan, "Asal Usul Nama  Indonesia", Pikiran Rakyat, 16 Agustus 2004. Diakses pada 5 Oktober 2006.

  • Earl, George S. W. (1850). "On The Leading Characteristics of the Papuan, Australian and Malay-Polynesian Nations". Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia (JIAEA): 119.

  •  Logan, James Richardson (1850). "The Ethnology of the Indian Archipelago: Embracing Enquiries into the Continental Relations of the Indo-Pacific Islanders". Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia (JIAEA): 4, 252–347.; Earl, George S. W. (1850). "On The Leading Characteristics of the Papuan, Australian and Malay-Polynesian Nations". Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia (JIAEA): 254, 277–278.

  • Justus M. van der Kroef (1951). "The Term Indonesia: Its Origin and Usage". Journal of the American Oriental Society 71 (3): 166–171. doi:10.2307/595186



Tidak ada komentar: