Bumi Tanpa Air Laut, Seperti Apa Wujudnya ? Anda Harus Tahu !

ARTIKEL ASTRONOMI
Penyusun : Yohanes Gitoyo, S Pd. 


Anda tentu tahu bahwa Bumi kita ini hampir 70,8  % terdiri atas air, air menutup hampir keseluruhan permukaan Bumi, air ini biasa kita sebut sebagai laut atau samudera. Kita tinggal di daratan yang biasa kita sebut sebagai pulau, kepulauan atau benua.  Prosentase ini belum termasuk air yang berada di dalam tanah sebagai air tanah, di udara sebagai awan, di daratan dalam bentuk danau, sungai atau dalam bentuk lain.
Air ini pulalah yang menyebabkan Bumi kita nampak sebagai bola yang bulat sempurna. Air telah menutup daratan bumi yang rendah, sehingga secara otomatis air ini membentuk kumpulan dan selalu bergerak menuju tempat yang lebih rendah. Area Bumi yang terdiri atas air ini disebut sebagai “hidrosfer” (Hydrosphere).
Bumi kita merupakan salah satu dari 8 planet anggota tata surya matahari, dari 8 planet tersebut ada 4 planet disebut “planet terestial” (terrestrial planet), yaitu planet yang memiliki permukaan berupa daratan : Merkurius, Venus, Bumi dan Mars. Sedangkan 4 planet berupa planet “gas raksasa” (Gas giant), karena keseluruhan permukaan planet tertutup gas tebal: Yupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus. Dari kedelapan planet tersebut planet Bumi merupakan planet yang paling kaya air. Air di permukaan bumi berwarna biru muda sehingga Bumi kita ini oleh NASA (Badan Antariksa Amerika Serikat) biasa disebut “The Blue Marble “ .
Namun sekarang dengan teknologi Radar Altimetri kita dapat memperoleh gambaran permukaan Bumi tanpa tertutup air. Ya tanpa air, teknologi radar ini menembus formasi awan, ketebalan permukaan air, sehingga yang nampak adalah citra permukaan Bumi. Dengan teknologi ini pula NASA dengan pesawat antariksa Magelan, awan venus yang tebal, bertekanan tinggi, dan panas yang luar biasa tidak mempengaruhi hasil dari proses pencitraan radar ini.

Berikut citra Bumi tanpa air, semoga bermanfaat.







Sumber :

  1. http://en.wikipedia.org/wiki/Earth, perubahan terakhir 18 Januari 2011 pada 06:54 diakses pada 18 Januari 2011 pada 20:30
  2. http://en.wikipedia.org/wiki/Solar_System, perubahan terakhir 16 January 2011  11:56, diakses pada 18 Januari 2011 pada 20:30
  3. http://www.ngdc.noaa.gov/mgg/image/globalimages.html, diakses pada 18 Januari 2011 pada 20:45




Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Jika Naga Hidup di Dunia Nyata, Bagaimana Cara Mereka Semburkan Api?