Crop Circle, Lingkaran Tanaman Misterius Buatan Siapa ?


ARTIKEL ASTRONOMI
Penyusun : Yohanes Gitoyo, S Pd.

  
Lingkaran tanaman dalam Bahasa Inggris disebut Crop circles   adalah suatu pola teratur yang terbentuk secara misterius di area ladang tanaman. Sebuah lingkaran tanaman adalah pola yang cukup besar yang diciptakan oleh mendatarkan suatu tanaman seperti gandum , barley , rye , jagung , atau lobak.
Istilah Crop circle pertamakali diperkenalkan oleh Colin Andrew, salah satu peneliti crop circle ternama di dunia. Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui, namun crop circle ternyata tidak hanya muncul di ladang gandum, melainkan juga di ladang jagung, keledai, lobak, dan kebun bunga. Sebagian besar lingkaran Crop Circle ini terjadi di lahan gandum sehingga ia sering disebut lingkaran ladang gandum. Tanaman juga disebut sebagai formasi tanaman, karena mereka tidak selalu dalam bentuk melingkar. 

Pada tahun 1991, dua pria dari Southampton, Inggris bernama Dave Chorley dan Doug Bower mengaku telah membuat Crop circle sejak tahun 1976. Mereka membuat crop circle tersebut hanya dengan menggunakan sebuah papan, patok dan tali. Menurut mereka, hanya dengan menggunakan alat sederhana itu, mereka dapat membuat sebuah lingkaran dengan diameter 12 meter hanya dalam tempo 15 menit.

Majalah Time edisi 23 September 1991 menyebut pengakuan Chorley dan Bower dengan kutipan seperti ini :
"Pengakuan ini mengakhiri sebuah misteri paling populer yang pernah disaksikan Inggris dan dunia"

Benarkah anggapan majalah Time ? Apakah misteri ini telah terpecahkan?

Memang, banyak dari crop circle adalah buatan manusia, namun para peneliti menemukan karakteristik-karakteristik yang kelihatannya mustahil dapat dibuat oleh manusia.

Crop Circle - tanda kemunculan.
Menurut para saksi mata, Sebelum Crop circle muncul, selalu ada tanda-tanda aneh yang mendahului :
  • Adanya lingkaran-lingkaran cahaya aneh yang melayang-layang diatas ladang. 
  • Terjadinya badai petir hebat. 
  •  Benda-benda elektrik tiba-tiba mati dengan sendirinya termasuk mesin mobil
Karena itu hingga saat ini, teori sains yang paling populer mengenai dugaan penyebab kemunculan crop circle adalah akibat medan elektromagnetik yang berasal dari petir. Namun para ilmuwan belum bisa memecahkan misteri mengapa petir dapat menciptakan pola-pola yang indah.

Karakteristik yang ditemukan pada crop circle yang asli adalah sebagai berikut :
  • Batang gandum tidak patah
Pada crop circle yang asli, tanaman gandum tidak patah. Ia hanya merunduk seperti sebuah sendok plastik yang dipanaskan. Menurut para peneliti, hal ini bisa diakibatkan oleh semburan elektromagnetik yang deras kearah tanaman gandum hingga menambah kelembaban batang gandum yang memungkinkannya untuk merunduk tanpa patah.

  • Lubang-lubang kecil pada batang gandum
Ciri lainnya adalah ditemukan lubang-lubang kecil di batang gandum. Para peneliti menduga bahwa lubang ini tercipta akibat adanya semburan gelombang mikro yang terus-menerus yang menyebabkan kelembaban batang gandum berubah menjadi uap panas yang kemudian mencari jalan keluar dari batang gandum.
  • Pola Rumit
Memang, manusia yang berusaha membuat crop circle mampu membuat pola yang rumit, namun tidak dalam semalam. Crop circle asli terkadang memiliki pola geometri yang asing bagi kebanyakan orang. Salah satunya adalah pola Phi yang hanya berhasil dipecahkan oleh seorang ahli astrofisika ! 
  • Partikel Besi Mikro bermagnet
Ciri lain yang hampir mustahil ditiru oleh manusia adalah adanya Partikel Besi bermagnet yang ditemukan pertama kali oleh para peneliti dari BLT Institute. Partikel besi bermagnet tersebut memiliki diameter 10-50 mikrometer dan terdistribusi secara merata dan linear di perimeter Crop Circle. Menurut para peneliti, partikel besi ini mungkin muncul karena terciptanya kolom udara yang terionisasi (Plasma Vortex).
  • Perubahan struktur Kristalin batang gandum
Ciri lainnya adalah adanya perubahan struktur Kristalin pada tanaman gandum. Karakter ini hampir dipastikan tidak dapat ditiru oleh orang lain.
  •  Perubahan komposisi kimiawi tanah
Peneliti lainnya juga menemukan pada beberapa kasus terjadi perubahan komposisi kimiawi tanah tempat terciptanya Crop circle. 
  • Timbulnya medan magnet misterius di lokasi
Pada crop circle yang asli, umumnya terdapat medan magnet yang sangat kuat di dalam lingkaran formasinya. Medan magnet ini dapat mematikan peralatan elektrik. Ciri ini tidak ditemukan pada crop circle buatan manusia.

Sejarah.
Sejarah Crop circle dapat dilacak hingga tahun 1678. Pada abad tersebut, ada sebuah ukiran kayu yang disebut "Mowing Devil" yang menggambarkan iblis sedang menggambar desain oval di sebuah ladang gandum. Kisahnya mungkin sedikit mistik. Sang petani yang menolak tuntutan pekerjaan sang majikan, mengatakan bahwa lebih baik iblis yang mengerjakan tugasnya. Pada malam itu juga, Ladang gandum tersebut terlihat terbakar oleh api. Paginya lingkaran misterius berbentuk oval muncul di ladang tersebut.
Laporan crop circle yang lebih modern dipublikasikan di majalah Nature edisi 29 Juli 1880. Pada tahun itu, seorang peneliti bernama John Rand Capron melaporkan adanya tanaman-tanaman gandum yang merunduk dan membentuk lingkaran sirkular (melingkar). Crop circle mulai mendunia pada tahun 1980-an ketika media melaporkan banyak crop circle muncul di wilayah pedesaan Inggris, terutama di Wiltshire dan Hampshire. Pada awalnya, crop circle hanya berbentuk lingkaran-lingkaran sederhana, namun memasuki tahun 1980an, crop circle berkembang hingga memiliki pola yang rumit dan tidak hanya berbentuk lingkaran.
Bersamaan dengan kemunculan di Inggris, fenomena yang sama dilaporkan muncul di Australia dan Amerika Serikat. Hingga saat ini paling tidak ada 12.000 Crop circle yang telah ditemukan di seluruh dunia, seperti Inggris, Rusia, Amerika Serikat, Kanada dan bahkan Jepang.Sementara lingkaran tanggal yang tepat tanaman mulai muncul tidak diketahui, kasus-kasus yang telah didokumentasikan secara substansial meningkat dari tahun 1970an sampai waktu saat ini. Dua puluh enam negara berakhir dengan melaporkan sekitar sepuluh-ribu lingkaran tanaman, pada sepertiga terakhir abad ke-20, dan 90% dari mereka yang terletak di Inggris bagian selatan. Banyak dari formasi muncul di daerah yang ditempatkan di dekat monumen kuno , seperti Stonehenge . Formasi biasanya dibuat semalam, namun juga telah dibuat di siang hari.

Terjadinya Crop Circle
A.  Crop Circle Buatan Makluk Asing.

Video terbentuknya crop circle oleh benda terbang tidak dikenal :
Crop Circles Quest for Truth: Balls of Light
  • UFOs making crop circles 2009 

  • UFOs making crop circles

            
     Sejarah.
    Sejarah Crop circle dapat dilacak hingga tahun 1678. Pada abad tersebut, ada sebuah ukiran kayu yang disebut "Mowing Devil" yang menggambarkan iblis sedang menggambar desain oval di sebuah ladang gandum. Kisahnya mungkin sedikit mistik. Sang petani yang menolak tuntutan pekerjaan sang majikan, mengatakan bahwa lebih baik iblis yang mengerjakan tugasnya. Pada malam itu juga, Ladang gandum tersebut terlihat terbakar oleh api. Paginya lingkaran misterius berbentuk oval muncul di ladang tersebut.

      
     Laporan crop circle yang lebih modern dipublikasikan di majalah Nature edisi 29 Juli 1880. Pada tahun itu, seorang peneliti bernama John Rand Capron melaporkan adanya tanaman-tanaman gandum yang merunduk dan membentuk lingkaran sirkular (melingkar).

    Crop circle mulai mendunia pada tahun 1980-an ketika media melaporkan banyak crop circle muncul di wilayah pedesaan Inggris, terutama di Wiltshire dan Hampshire. Pada awalnya, crop circle hanya berbentuk lingkaran-lingkaran sederhana, namun memasuki tahun 1980an, crop circle berkembang hingga memiliki pola yang rumit dan tidak hanya berbentuk lingkaran.

     Bersamaan dengan kemunculan di Inggris, fenomena yang sama dilaporkan muncul di Australia dan Amerika Serikat. Hingga saat ini paling tidak ada 12.000 Crop circle yang telah ditemukan di seluruh dunia, seperti Inggris, Rusia, Amerika Serikat, Kanada dan bahkan Jepang.

    Sementara lingkaran tanggal yang tepat tanaman mulai muncul tidak diketahui, kasus-kasus yang telah didokumentasikan secara substansial meningkat dari tahun 1970an sampai waktu saat ini. Dua puluh enam negara berakhir dengan melaporkan sekitar sepuluh-ribu lingkaran tanaman, pada sepertiga terakhir abad ke-20, dan 90% dari mereka yang terletak di Inggris bagian selatan. Banyak dari formasi muncul di daerah yang ditempatkan di dekat monumen kuno , seperti Stonehenge . Formasi biasanya dibuat semalam, namun juga telah dibuat di siang hari.

      Terjadinya Crop Circle
      Video terbentuknya crop circle oleh benda terbang tidak dikenal :
    Beberapa orang telah menyarankan bahwa lingkaran tanaman adalah hasil dari fenomena meteorologi yang luar biasa. Hipotesis ini mungkin berasal dari publikasi 1880 di Nature oleh penyidik dan ilmuwan amatir John Rand Capron. Bagian dari publikasi muncul kembali dalam edisi Januari 2000 Jurnal Meteorologi:
"
Badai tentang bagian dari Surrey Barat telah akhir-akhir ini lokal dan kekerasan, dan efek yang dihasilkan dalam beberapa kasus aneh. Mengunjungi peternakan tetangga pada Rabu malam (21), kami menemukan bidang gandum berdiri jauh mengetuk tentang, bukan sebagai keseluruhan, tetapi dalam membentuk patch, seperti yang dilihat dari kejauhan, tempat melingkar ... Aku tidak bisa melacak secara lokal apapun keadaan akuntansi untuk bentuk-bentuk aneh dari patch di lapangan, tidak menunjukkan apakah itu angin atau hujan, atau keduanya digabungkan, yang telah menyebabkan mereka, di luar bukti umum di mana-mana hujan lebat. Mereka sugestif kepada saya beberapa tindakan angin siklon ...
"
    
     Sejak muncul di media pada 1970-an, lingkaran tanaman telah menjadi subjek spekulasi oleh berbagai paranormal , ufological , dan tdk lazim peneliti mulai dari proposal yang mereka diciptakan oleh fenomena meteorologi aneh untuk pesan dari makhluk luar angkasa. Lokasi lingkaran tanaman banyak di dekat situs kuno seperti Stonehenge , barrows , dan chalk horses telah menyebabkan banyak New Age sistem kepercayaan untuk memasukkan lingkaran tanaman, berspekulasi keberadaan mereka dalam kaitannya dengan garis ley (ley lines).

     Kegiatan Hewan, Pada tahun 2009, BBC News melaporkan bahwa Lara Giddings, Jaksa Agung bagi negara pulau Tasmania , Australia menyatakan bahwa wallaby telah ditemukan menciptakan lingkaran tanaman di bidang poppy setelah mengkonsumsi beberapa-sarat tanaman candu dan berjalan di lingkaran.

   Sejak awal 1990-an seni Inggris kolektif didirikan oleh artis John Lundberg , bernama Circlemakers, telah menciptakan lingkaran tanaman beberapa di Inggris dan di seluruh dunia baik sebagai bagian dari praktek seni dan untuk klien komersial.
     Pada tahun 1991, mengaku diri pranksters Doug Bower dan Dave Chorley menyatakan bahwa mereka telah memulai fenomena tersebut pada tahun 1978 dengan membuat lingkaran yang sebenarnya pada tanaman dengan menggunakan alat-alat sederhana. Setelah pengumuman mereka, dalam demonstrasi dua orang membuat panen lingkaran dalam satu jam. 
Pada malam Juli 11-12, 1992, sebuah lingkaran membuat tanaman kompetisi, untuk hadiah beberapa ribu pound Inggris (sebagian didanai oleh Arthur Koestler Foundation), diselenggarakan di Berkshire . Masuknya menang diproduksi oleh tiga Helikopter Westland insinyur, menggunakan tali, PVC pipa, jembatan dan tangga. pesaing lain menggunakan roller taman kecil, papan dan tali. 
    
  Pada tahun 2002, Discovery Channel menugaskan lima aeronautika dan mahasiswa pascasarjana astronautika dari MIT untuk membuat lingkaran tanaman mereka sendiri, yang bertujuan untuk menduplikasi beberapa fitur yang diklaim untuk membedakan "nyata" lingkaran tanaman dari palsu yang dikenal seperti yang diciptakan oleh Bower dan Chorley. Penciptaan lingkaran dicatat dan digunakan dalam dokumenter Discovery Channel Crop Circles: di Fields. Misteri

               
    • How to make a crop circle
     

    Crop Circle - Merupakan tantangan untuk Ilmu Pengetahuan.
    Pada tahun 2002, Discovery Channel menugaskan 5 insinyur aeronautic dan austronautic dari MIT untuk membuat Crop Circle. Syaratnya mereka harus membuat Crop circle yang paling tidak memiliki 3 ciri, yaitu :
    1. Batang gandum yang tidak patah
    2. Ada lubang-lubang uap pada batang gandum
    3. Adanya partikel besi berdiameter 10-50 mikrometer yang tersebar merata secara linear di formasi Crop circle.


    Tim tersebut kemudian membuat sebuah crop circle, lalu berusaha memasukkan 3 karakter diatas. Mereka menggunakan microwave emitter untuk meningkatkan suhu batang gandum hingga berubah menjadi uap. Mereka lalu menggunakan flamethrower untuk menyemprot partikel besi. Namun ternyata peralatan tersebut memakan terlalu banyak waktu dan tidak efektif sehingga mereka terpaksa menggunakan pyrotechnic untuk menyebarkan partikel besi secara merata.


    Dengan seluruh teknologi canggih yang digunakan, para insinyur MIT hanya dapat menghasilkan 2 ciri dengan sempurna. Ciri ketiga, yaitu partikel besi tersebar tidak dengan merata.

    Lagipula menurut peneliti Crop circle, para tim tersebut menggunakan ilmu pengetahuan dan peralatan canggih yang jelas diluar jangkauan para Hoaxer lainnya.

    Setelah wahyu kebohongan, tanaman pola lingkaran-seperti terus dilakukan dan menjadi lebih kompleks. Beberapa bahkan datang ke menyerupai makhluk luar angkasa seperti yang digambarkan oleh film fiksi ilmiah tertentu, fraktal , dan, agama, atau simbol mitologis arkeologi. Antara lain, paranormal penggemar, pakar UFO , dan tdk lazim peneliti telah menawarkan penjelasan hipotetis yang telah dikritik sebagai keilmu-ilmuan oleh skeptis kelompok-kelompok seperti Committee for Skeptical Inquiry.

    Beberapa formasi tanaman yang dibayar oleh perusahaan-perusahaan yang menggunakan mereka sebagai iklan. formasi lainnya kadang-kadang diklaim oleh individu atau kelompok-kelompok tanpa bukti apapun untuk mendukung pernyataan mereka, biasanya setelah akibat hukum yang tidak diinginkan menjadi tidak mungkin. Metode yang paling dikenal bagi seseorang atau kelompok untuk membangun pembentukan tanaman adalah mengikat salah satu ujung tali ke titik jangkar, dan ujung yang lain ke papan yang digunakan untuk menghancurkan tanaman. metode lebih baru termasuk penggunaan roller rumput. 

    Tuntutan Hukum akibat Crop Circle.
    Pada tahun 1992 pemuda Hungaria Gabor Takacs dan Róbert Dallos, baik sebelum 17, adalah orang-orang pertama yang menghadapi tindakan hukum setelah membuat lingkaran tanaman. Takacs dan Dallos, dari St Stephen Pertanian Technicum, sebuah sekolah tinggi di Hongaria yang mengkhususkan diri dalam bidang pertanian , menciptakan meter diameter lingkaran 36 tanaman di ladang gandum di dekat Székesfehérvár , 43 mil (69 km) barat daya Budapest , pada tanggal 8 Juni 1992. Pada tanggal 3 September pasangan muncul di TV Hungaria dan terkena lingkaran sebagai tipuan, menampilkan foto-foto lapangan sebelum dan setelah lingkaran itu dibuat. Akibatnya, Aranykalász Co, pemilik tanah, menggugat anak-anak untuk 630.000 HUF (sekitar $ 3000 USD) dalam kerusakan . Hakim ketua memutuskan bahwa siswa hanya bertanggung jawab atas kerusakan yang disebabkan dalam lingkaran berdiameter 36 meter, berjumlah sekitar 6.000 HUF (sekitar $ 30 USD), dan bahwa 99% dari kerusakan pada tanaman disebabkan oleh ribuan pengunjung yang berbondong-bondong untuk Székesfehérvár berikut promosi media lingkaran. denda tersebut akhirnya dibayar oleh acara TV, seperti juga 'hukum biaya siswa.

    Pada tahun 2000, Matthew Williams menjadi orang pertama di Inggris yang akan ditangkap karena menyebabkan kerusakan pidana setelah membuat lingkaran tanaman di dekat Devizes .

    Crop Circle di Film.
    Signs trailer


    Sumber :

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

    Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

    Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

    Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

    20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

    Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

    Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

    Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

    Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

    Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??