Sepuluh Perintah Etika Komputer


Sepuluh Perintah Etika Komputer diciptakan pada tahun 1992 oleh  Computer Ethics Institute. Perintah-perintah diperkenalkan dalam makalah "Ten Commandments' for Computer Ethics" ( Sepuluh Perintah untuk Etika Komputer ) oleh Ramon C. Barquin sebagai sarana untuk menciptakan "satu set standar untuk membimbing dan memerintahkan orang-orang dalam etika penggunaan komputer.


Sepuluh Perintah Etika Komputer salinan gaya Sepuluh Perintah dari Alkitab dan menggunakan "engkau" ("thou shalt") kuno dan "engkau akan tidak"  ("thou shalt not" ) ditemukan dalam versi King James .
 
Perintah-perintah telah banyak dikutip dalam literatur etika komputer tetapi juga telah dikritik oleh masyarakat hacker dan beberapa di akademisi. Sebagai contoh, Dr Ben Fairweather dari Centre for Computing and Social Responsibility (Pusat Komputasi dan Tanggung Jawab Sosial ) telah menggambarkan mereka sebagai "sederhana" dan terlalu ketat. 

Certified Information Systems Security Professional - sebuah organisasi profesional keamanan komputer telah menggunakan perintah ini sebagai dasar untuk aturan sendiri. 
 

Sepuluh Perintah Etika Berkomputer

  1. Engkau tidak akan menggunakan komputer untuk merugikan orang lain. (Thou shall not use a computer to harm other people.)
  2. Engkau tidak akan mengganggu pekerjaan komputer orang lain. (Thou shall not interfere with other people's computer work.)
  3. Engkau tidak akan mengintai di sekitar file orang lain. (Thou shall not snoop around in other people's files.)
  4. Engkau tidak akan menggunakan komputer untuk mencuri. ( Thou shall not use a computer to steal. )
  5. Engkau tidak akan menggunakan komputer untuk bersaksi dusta. ( Thou shall not use a computer to bear false witness. )
  6. Engkau tidak akan menggunakan atau menyalin perangkat lunak komersial yang belum dibayar. (Thou shall not use or copy commercial software for which you have not paid.)
  7. Engkau tidak akan menggunakan sumber daya komputer orang lain tanpa otorisasi. (Thou shall not use other people's computer resources without authorization.)
  8. Engkau tidak akan tepat keluaran intelektual orang lain. (Thou shall not appropriate other people's intellectual output.)
  9. Engkau harus berpikir tentang konsekuensi sosial dari program yang Anda tulis/ buat. (Thou shall think about the social consequences of the program you write.)
  10. Engkau harus menggunakan komputer dalam cara yang menunjukkan pertimbangan dan rasa hormat. (Thou shall use a computer in ways that show consideration and respect.)
Sumber : http://en.wikipedia.org/, 15 December 2011, 11:27.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Jika Naga Hidup di Dunia Nyata, Bagaimana Cara Mereka Semburkan Api?