Idul Adha, Sejauh Mana Anda Tahu ?


Idul Adha, merupakan sebuah peringatan peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim (Abraham) atau (' Ibraheem dalam bahasa Arab), yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, akan mengorbankan putranya Ismail, kemudian digantikan oleh-Nya dengan domba. 


Asal Usul Perayaan Idul Adha.

Menurut tradisi Islam , sekitar empat ribu tahun yang lalu, lembah Mekah (di tempat yang sekarang Arab Saudi ) adalah tempat yang kering, berbatu dan tak berpenghuni. Nabi Ibrahim diperintahkan untuk membawa istri Mesir nya Hajir (Hāǧar) dan Ismail , anak satu-satunya pada saat itu ( Ismail ), ke Arab dari tanah Kanaan oleh perintah Allah. 

File:Foster Bible Pictures 0032-1.jpg
Lukisan Keluarga Abraham (Ibrahim) , Sarah (Ibu Iskak (Issac)) dan Hajar (Ibu Ismail)

Seperti Nabi Ibrahim sedang mempersiapkan untuk perjalanan pulang kembali ke Kanaan, Hajar bertanya, "Apakah Allah memerintahkan Anda untuk meninggalkan kami di sini Atau Anda berangkat kami ke sini untuk mati?. " Nabi Ibrahim berbalik menghadap istrinya. Dia sangat sedih bahwa dia tidak bisa mengatakan apa-apa. Dia menunjuk ke langit menunjukkan bahwa Tuhan memerintahkan dia untuk melakukannya. Hajar berkata, "Kalau begitu Allah tidak akan menyia-nyiakan kami, Anda dapat pergi". Meskipun Nabi Ibrahim telah meninggalkan jumlah besar makanan dan air dengan Hajar dan Ismail, persediaan cepat habis, dan dalam beberapa hari kedua mulai merasakan kepedihan kelaparan dan dehidrasi.

Hajar berlari naik dan turun antara dua bukit yang disebut Al-Safa dan Al-Marwah tujuh kali, dalam pencarian putus asa nya untuk air. Lelah, dia akhirnya runtuh samping Ismail bayinya dan berdoa kepada Tuhan untuk pembebasan. Ajaibnya, mata air menyembur keluar dari tanah di kaki bayi Ismail. Piutang lain memiliki malaikat Gabriel (Jibrail) mencolok bumi dan menyebabkan musim semi untuk mengalir dalam kelimpahan. Dengan ini pasokan air yang aman, yang dikenal sebagai Zamzam Nah , mereka tidak hanya mampu menyediakan kebutuhan mereka sendiri, tetapi juga mampu perdagangan air dengan melewati nomaden untuk makanan dan persediaan.

Bertahun-tahun kemudian, Nabi Ibrahim diperintahkan oleh Allah untuk kembali dari Kanaan untuk membangun tempat ibadah berdekatan dengan baik Hagar (The Zamzam Well= Sumur Zam-zam). Nabi Ibrahim dan Ismail membangun sebuah batu dan mortir struktur yang dikenal sebagai Ka'bah - yang menjadi tempat berkumpul bagi semua yang ingin memperkuat iman mereka kepada Tuhan. Seperti tahun-tahun berlalu, Ismail diberkati dengan kenabian ( Nubuwwah ) dan memberikan nomaden dari gurun pesannya penyerahan kepada Allah. Setelah berabad-abad, Mekkah menjadi kota gurun berkembang dan pusat perdagangan, berkat sumber air handal, sumur Zamzam.

Bangunan Kabah, dan sekitarnya dijaman Nabi Ibrahim

Salah satu cobaan utama kehidupan Nabi Ibrahim adalah untuk menghadapi perintah Allah untuk mengabdikan tercinta miliknya, anak satu-satunya. Setelah mendengar perintah ini, ia siap untuk tunduk pada kehendak Allah . Selama persiapan ini, Setan ( setan ) menggoda Nabi Ibrahim dan keluarganya dengan mencoba untuk menghalangi mereka dari melaksanakan perintah Allah, dan Nabi Ibrahim melaju Setan pergi dengan melemparkan kerikil ke arahnya. Dalam rangka memperingati penolakan mereka terhadap Setan, batu yang dilemparkan pilar simbolis menandakan Setan selama upacara haji (melempar jumroh).

Ketika Ismail adalah sekitar 13 (Nabi Ibrahim menjadi 99), Tuhan memutuskan untuk menguji iman mereka di depan umum. Abraham memiliki mimpi berulang, di mana Tuhan memerintahkan dia untuk menawarkan anaknya sebagai korban - suatu tindakan yang tak terbayangkan - mengorbankan putranya, yang Allah telah diberikan kepadanya setelah bertahun-tahun doa yang mendalam. Nabi Ibrahim tahu bahwa mimpi para nabi adalah diwahyukan, dan salah satu cara di mana Allah berkomunikasi dengan para nabi-Nya. Ketika maksud dari mimpi menjadi jelas baginya, Abraham memutuskan untuk memenuhi perintah Allah dan menawarkan Ismail untuk kurban.


Meskipun Nabi Ibrahim siap untuk mengorbankan nya tersayang demi Tuhan, ia tidak bisa hanya pergi dan tarik anaknya ke tempat pengorbanan tanpa persetujuannya. Ismail harus berkonsultasi mengenai apakah ia bersedia untuk memberikan nyawa-Nya sebagai pemenuhan terhadap perintah Allah. Konsultasi ini akan menjadi ujian besar kematangan Ismail dalam iman, cinta dan komitmen kepada Tuhan, kesediaan untuk mematuhi ayahnya dan mengorbankan hidupnya sendiri demi Allah.

Nabi Ibrahim menyampaikan hal tersebut kepada anaknya dan meminta pendapatnya tentang mimpi menyembelih dirinya. Ismael tidak menunjukkan keraguan atau reservasi bahkan untuk sesaat. Dia berkata, "Bapa, melakukan apa yang Anda telah diperintahkan Anda akan menemukan saya,. Insya Allah (Insya Allah), menjadi sangat sabar. " Respon matang, wawasan yang mendalam ke dalam sifat mimpi ayahnya, komitmennya kepada Allah, dan akhirnya kesediaannya untuk mengorbankan hidupnya sendiri demi Allah semua belum pernah terjadi sebelumnya.

Nabi Ibrahim tidak tahan melihat anaknya mati sehingga ia menutupi matanya dengan penutup mata. Ketika ia menggorok leher Ismail dan dihapus penutup mata, ia terkejut melihat bahwa Ismail tidak terluka dan sebaliknya, ia menemukan mati ram yang dibantai. Nabi Ibrahim telah lulus tes dengan kesediaannya untuk melaksanakan perintah Allah. 


Hal ini disebutkan dalam Al-Qur'an sebagai berikut:

"Ya Tuhanku Berilah saya (anak) benar!!" Maka Kami beri dia kabar baik dari anak laki-laki, memiliki kesabaran. Dan ketika (anaknya) sudah cukup untuk berjalan dan bekerja dengan dia, (Ibrahim) berkata: Wahai anakku, saya melihat dalam mimpi bahwa aku menawarkan Anda dalam pengorbanan: Sekarang lihat apa pandangan Anda "(Putra) mengatakan! : "Wahai ayahku! !! Melakukan apa yang Anda perintahkan, jika Allah menghendaki, Anda akan menemukan saya satu kesabaran berlatih dan ketabahan "Jadi ketika mereka berdua diajukan dan ia melemparkan dirinya ke bawah di atas dahinya, Kami memanggilnya berkata: O Ibraheem Anda memang memenuhi visi, sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang yang berbuat baik Kebanyakan pasti ini adalah suatu ujian yang nyata Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar Dan Kami diabadikan (pujian) kepadanya di antara generasi berikutnya "Kesejahteraan dilimpahkan kepada Abraham!".... Sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang yang berbuat baik. Sesungguhnya dia adalah salah satu dari hamba Kami yang beriman.

Sebagai imbalan atas pengorbanan ini, Allah kemudian diberikan Nabi Ibrahim kabar baik tentang kelahiran putra keduanya, Is-haaq (Isaac):
Dan Kami beri dia kabar baik tentang Is-haaq, seorang nabi dari antara orang benar.



Hari Raya Idul Adha Di Seluruh Dunia.

Idul Adha berasal dari bahasa Arab Id al-' Adha (  الأضحى ), disebut juga Id-ul-Zuha, Idul Adha di Indonesia disebut juga Hari Raya Haji, bahasa Arab ( عيد الأضحى) adalah sebuah hari raya Islam. Hari Idul Adha adalah puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim.

Istilah "Hari Raya Kurban yang" Arab, 'Idul' Adha dipinjam ke bahasa Indic seperti Hindi , Urdu , Gujarati dan Bengali dan bahasa Austronesia seperti Melayu dan Indonesia (yang terakhir sering ejaan sebagai Idul Adha atau Iduladha) .


Hari Raya Idul Adha di berbagai bahasa di dunia sebagai berikut :
  • Bahasa Semit untuk "pengorbanan" adalah bahasa Arab Qurban ( Bahasa Arab : قربان), 
  • Bahasa Dari Persia dan Standar Persia sebagai Eyde Ghorban عید قربان, 
  • Bahasa  Tajik Persia sebagai Иди Қурбон (Idi Qurbon), 
  • Bahasa Kazakhstan sebagai Құрбан айт (Qurban AYT), 
  • Bahasa Uyghur sebagai Qurban Heyit, 
  • Bahasa Indic berbagai seperti Id Bengali কোরবানির Korbanir ঈদ. 
  • Bahasa Kurdi (Cejna Qurbanê), 
  • Bahasa Pashto (Kurbaneyy Akhtar), 
  • Bahasa Cina (古尔邦节Gúěrbāng jie), 
  • Malaysia dan Indonesia (Hari Raya Korban, Qurbani) , 
  • Bahasa Filipina (Araw ng Pag-Sasakripisyo), 
  • Bahasa Turki (Kurban Bayrami). 
  • Bahasa Azeri (Qurban Bayrami), 
  • Bahasa Tatar (Qorban Bäyräme), 
  • Bahasa Bosnia (Kurban Bajram), 
  • Bahasa Albania (Kurban Bajrami), 
  • Bahasa Kroasia (Kurban-Bajram), 
  • Bahasa Serbia ( Курбан бајрам), 
  • Bahasa Rusia (Курбан-байрам), 
  • Bahasa  Sindhi (Eid Kurbani Wari).


Perayaan Idul Adha di beberapa negara didunia dikenal dalam beberapa peristiwa diantaranya:
  • Eid al-Kabir, "the Greater Eid" (Idulfitri besar) (the "Lesser Eid " sesudah Idul Fitri ), digunakan di Yaman, Suriah, dan Afrika Utara (Maroko, Aljazair, Tunisia, Libya, dan Mesir). Istilah ini dipinjam langsung ke dalam bahasa Prancis sebagai bantuan el-Kebir. Terjemahan dari "Big Eid" atau "Greater Eid" digunakan dalam bahasa Pashto لوی اختر Loy Akhtar, Kashmir Baed Idul Fitri, Hindi dan Urdu BARA ID, Malayalam Bali Perunnal, dan Tamil Peru nal.
  • Nama lain mengacu pada fakta bahwa liburan terjadi setelah puncak dari ibadah haji (حج), atau ziarah ke Mekkah (Mekah). Nama tersebut digunakan dalam bahasa Melayu dan Indonesia (Hari Raya Haji "haji hari perayaan", Lebaran Haji), dan di Tamil Hajji Peru nal.
  • Dalam bahasa Urdu daerah, festival ini juga disebut بقرعید Baqra ID atau Baqrī id , yang berasal baik dari bahasa Arab Baqarah "sapi" atau kata baqrī bahasa Urdu "kambing", seperti sapi dan kambing adalah salah satu hewan tradisional dikorbankan . Istilah yang juga meminjam ke dalam bahasa lain, seperti Tamil Bakr Eid Peru nal.
  • Di India festival ini juga dikenal sebagai Id-ul-Zuha, kata "zuha" berasal dari "uzhaiyya" yang diterjemahkan menjadi "mengorbankan".
  • Nama lokal lainnya termasuk宰牲节Zǎishēng jie ("Slaughter-ternak Festival") dalam bahasa Cina, Tfaska Tamoqqart dalam bahasa Berber dari Djerba , Tabaski atau Tobaski dalam bahasa Afrika Barat , Babbar Sallah di bahasa Nigeria , dan ciida gawraca di Somalia .
 

Pada hari raya ini, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat Ied bersama-sama di tanah lapang, seperti ketika merayakan Idul Fitri. Setelah salat, dilakukan penyembelihan hewan kurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.


Pusat perayaan Idul Adha adalah sebuah desa kecil di Arab Saudi yang bernama Mina, dekat Mekkah. Di sini ada tiga tiang batu yang melambangkan Iblis dan harus dilempari batu oleh umat Muslim yang sedang naik Haji.


Penetapan Idul Adha


Bahwa bila umat Islam meyakini, bahwa pilar dan inti dari ibadah Haji adalah wukuf di Arafah, sementara Hari Arafah itu sendiri adalah hari ketika jamaah haji di tanah suci sedang melakukan wukuf di Arafah, sebagaimana sabda Nabi saw.:
“     Ibadah haji adalah (wukuf) di Arafah.     ”
—HR At Tirmidzi, Ibnu Majah, Al Baihaqi, ad Daruquthni, Ahmad, dan al Hakim. Al Hakim berkomentar, “Hadits ini sahih, sekalipun beliau berdua [Bukhari-Muslim] tidak mengeluarkannya”.

Dalam hadits yang dituturkan oleh Husain bin al-Harits al-Jadali berkata, bahwa amir Makkah pernah menyampaikan khutbah, kemudian berkata:

“     Rasulullah saw. telah berpesan kepada kami agar kami menunaikan ibadah haji berdasarkan ru’yat (hilal Dzulhijjah). Jika kami tidak bisa menyaksikannya, kemudian ada dua saksi adil (yang menyaksikannya), maka kami harus mengerjakan manasik berdasarkan kesaksian mereka.     ”
—HR Abu Dawud, al Baihaqi dan ad Daruquthni. Ad Daruquthni berkomentar, “Hadits ini isnadnya bersambung, dan sahih.”


Hadits ini menjelaskan: Pertama, bahwa pelaksanaan ibadah haji harus didasarkan kepada hasil ru’yat hilal 1 Dzulhijjah, sehingga kapan wukuf dan Idul Adhanya bisa ditetapkan. Kedua, pesan Nabi kepada amir Makkah, sebagai penguasa wilayah, tempat di mana perhelatan haji dilaksanakan, untuk melakukan ru’yat; jika tidak berhasil, maka ru’yat orang lain, yang menyatakan kesaksiannya kepada amir Makkah.

Idul Adha berdasarkan Kalender Hijriyah


Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah, hari ini jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idul Fitri. Hari ini juga beserta hari-hari Tasyrik diharamkan puasa bagi umat Islam. Perayaan Idul Adha dari tahun 1998 hingga tahun 2022.
  •     1418: 7 April 1998
  •     1419: 27 Maret 1999
  •     1420: 16 Maret 2000
  •     1421: 5 Maret 2001
  •     1422: 23 Februari 2002
  •     1423: 12 Februari 2003
  •     1424: 1 Februari 2004
  •     1425: 21 Januari 2005
  •     1426: 10 Januari 2006
  •     1427: 31 Desember 2006
  •     1428: 20 Desember 2007
  •     1429: 8 Desember 2008
  •     1430: 27 November 2009
  •     1431: 16 November 2010
  •     1432: 6 November 2011
  •     1433: 26 Oktober 2012
  •     1434: 15 Oktober 2013
  •     1435: 4 Oktober 2014
  •     1436: 23 September 2015
  •     1437: 11 September 2016
  •     1438: 1 September 2017
  •     1439: 21 Agustus 2018
  •     1440: 11 Agustus 2019
  •     1441: 31 Juli 2020
  •     1442: 20 Juli 2021
  •     1443: 9 Juli 2022

Sumber : 
  • http://en.wikipedia.org/
  • http://id.wikipedia.org/, Halaman terakhir diubah pada 25 Oktober 2012, 04.01 UTC.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??