Ukuran Sepatu Pengaruhi Kesehatan Kaki Anak.


Ukuran kaki anak berubah sangat cepat. Hingga usia 10 tahun, ukuran sepatu anak bisa mengalami perubahan sampai 34 kali. Dan akan mencapai ukuran orang dewasa di kisaran usia 12-14 tahun. Agar kaki anak tumbuh dan berkembang dengan baik, orangtua perlu menjaga kesehatan kaki mereka.

Kaki anak harus dirawat dan dijaga kesehatannya sejak dini. Hal ini seperti dijelaskan dalam Good Health, dikarenakan telapak kaki anak begitu lembut dan lentur. Itu sebabnya kaki anak lebih rentan mengalami kerusakan dari tekanan yang abnormal, misalnya bila sepatu yang digunakan terlalu sempit atau kecil.

Banyak penelitian, seperti disebutkan Emma Supple, seorang podiatrik di Enfield, Inggris, dalam situs kesehatan kaki anak, menunjukkan bahwa masalah kaki muncul sebagai respon terhadap pemakaian sepatu yang tidak tepat.

"Saya selalu merekomendasikan orangtua untuk tidak membelikan anak-anaknya, sepatu yang tidak pas," tuturnya.

Menurut Emma, sangat penting untuk memilih sepatu yang stabil, pas, dan sesuai ukuran kaki anak. Ruang di dalam sepatu juga harus diperhitungkan bagi jari-jarinya, agar pertumbuhan kaki tersokong dengan baik. Untuk itu kaki anak perlu diukur.




Pengukuran bukan hanya untuk panjang, tapi juga punggung kaki. "Sejumlah anak memiliki punggung kaki yang lebar. Bila mengenakan sepatu sempit, kaki anak bisa lecet," ujar Dr.Meidy Triangto, Sp.RM.

Karena itu, pemilihan sepatu harus tepat, agar dapat membentuk perkembangan tulang dan otot dengan baik. Sepatu yang tepat dapat mencegah timbulnya masalah pada kaki yang berpengaruh pada kehidupan anak kelak. Kelainan yang terjadi bisa muncul di kaki, lutut, panggul hingga tulang belakang.

Editor : Lusia Kus Anna
Sumber : Tabloid Gaya Hidup Sehat, Senin, 29 Oktober 2012, 15:32 WIB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??