Introduction : Windows 8.

 
 
Microsoft secara resmi meluncurkan sistem operasi terbarunya, Windows 8 di Singapura, Kamis (25/10/2012). Peluncuran global ini dilakukan serentak mulai dari wilayah Asia.

Sehari kemudian, Jumat (26/10/2012), peluncuran akan dilakukan serentak pula di wilayah Amerika Serikat dan Eropa.

Presiden Direktur Microsoft Regional Asia Pasifik Tracey Fellows mengatakan, Windows 8 hadir dengan tampilan antarmuka (interface) yang sama sekali berbeda dari Windows versi sebelumnya.

Windows 8 didesain untuk memenuhi kebutuhan pengguna pada platform desktop dan tablet PC sekaligus.

"Tablet PC akan menjadi perangkat masa depan sehingga Microsoft perlu mengembangkan aplikasinya sesuai dengan perangkat tersebut. Keberadaan dua versi Windows 8 (untuk desktop dan tablet PC) bukan dimaksudkan untuk membuat bingung pengguna, melainkan untuk fleksibilitas penggunaannya," kata Tracey.

Ia menjelaskan, saat ini Windows 8 sudah digunakan oleh lebih dari 1.000 jenis komputer dan tablet PC beragam merek. Windows 8 juga didukung dengan jutaan aplikasi dari pihak ketiga yang tersedia di situs Windows Store.

Di Indonesia sendiri, saat ini setidaknya telah ada 44 aplikasi yang dapat digunakan pada Windows 8, termasuk aplikasi Kompas.com, Kompasiana, majalah Info Komputer, Chic, Sedap Sekejap, dan sejumlah majalah yang diterbitkan oleh kelompok Kompas Gramedia.

Sementara itu, Presiden Direktur Microsoft Indonesia Andreas Diantoro mengatakan, sistem operasi baru tersebut akan mulai tersedia di Indonesia mulai pekan depan.

"Pembeli yang melakukan upgrade mulai Juli 2012 cukup membayar 15 dollar AS untuk upgrade ke Windows 8. Adapun harga retail Windows 8 Pro, yang dilengkapi DVD dan petunjuknya, dijual dengan harga 69,99 dollar AS," kata Andreas.

Microsoft Indonesia akan memperkenalkan 50 perangkat tablet atau komputer yang mendukung Windows 8 pada Device Day di Mal Taman Anggrek, Jakarta, mulai Jumat (26/10/2012) hingga Minggu (28/10/2012).


Perbedaan Windows 8 dan Windows RT.



Tak seperti Windows versi sebelumnya yang memiliki banyak versi, Windows 8 hanya punya tiga versi.

Tiga versi tersebut adalah Windows 8, Windows 8 Pro, dan Windows RT. Apa perbedaan antara ketiga versi ini?

Perbedaan antara Windows 8 dan Windows 8 Pro tidak terlalu banyak bila dibanding perbedaan kedua versi itu dengan Windows RT.

Meski tampilan dari luar sama persis, namun Windows 8 dan Windows RT mempunyai perbedaan yang cukup menyolok.


Perbedaan yang paling mendasar adalah platform hardware yang didukung oleh tiap versi. Windows RT hanya dapat dijalankan di atas perangkat dengan prosesor berbasis ARM. Windows RT tidak dapat di-install di perangkat dengan prosesor x86 dan x64.

Sebaliknya, Windows 8 hanya dapat dijalankan di perangkat dengan prosesor x86/x64 dan tidak bisa di perangkat berbasis ARM.

Perbedaan lainnya, di Windows RT sudah disertakan aplikasi Microsoft Office Home and Student 2013 (Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote).

Dengan adanya aplikasi ini, pengguna perangkat Windows RT tak perlu membeli lagi paket aplikasi perkantoran tersebut. Untuk Windows 8, penggunanya harus merogoh kocek cukup dalam untuk membeli aplikasi Office tersebut.

Meski demikian, Windows RT memiliki kekurangan yang cukup "fatal". Aplikasi-aplikasi desktop lama dari Windows versi sebelumnya, tidak dapat digunakan di Windows RT. Pengguna Windows RT hanya dapat menggunakan aplikasi (baru) yang tersedia di Windows Store, yang jumlahnya belum terlalu banyak.

Sebaliknya, pengguna Windows 8 dan 8 Pro dapat menikmati ribuan aplikasi, baik aplikasi desktop lama maupun yang terdapat di Windows Store.


Perbedaan lain antara keduanya, dapat dilihat di tabel yang disediakan Microsoft, di bawah ini.

Editor : Wicaksono Surya Hidayat
Sumber : http://tekno.kompas.com/, Jumat, 26 Oktober 2012.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Jika Naga Hidup di Dunia Nyata, Bagaimana Cara Mereka Semburkan Api?