Selasa, 25 Februari 2014

Fakta : Uban, Si Rambut Putih Yang Tidak Diharapkaan.



Apakah Uban Itu ?

Uban adalah rambut yang berubah warna menjadi abu-abu kemudian putih. Rambut asli orang Indonesia pada umumnya memiliki warna hitam atau gelap karena memiliki kandungan kadar melanin yang lebih tinggi. Saat rambut berubah menjadi putih dan menjadi uban, terjadi proses perubahan kadar melanin. Pada uban yang berwarna putih melanin tidak lagi diproduksi, sehingga rambut baru tumbuh tanpa mendapatkan pewarnaan dari melanin.


Penyebab Rambut Uban Pada Usia Muda

Tumbuhnya rambut putih di usia belia, dipengaruhi beberapa faktor, Parahnya lagi, uban pada usia dini bisa muncul mulai saat berusia 20 tahun. Setidaknya gangguan pada rambut dengan tumbuhnya uban di usia muda menjadi fenomena menarik, terutama bagi pekerja di Indonesia. Bukan hanya wanita, laki- laki juga sering mengalami munculnya gangguan pada rambut yang tidak diinginkan tersebut.

Menurut spesialis kulit dan kelamin dari Rumah Sakit Mitra Keluarga, dr Winarto SpKK, munculnya uban pada usia muda kebanyakan disebabkan stres berkepanjangan. “Stres bisa menyebabkan macetnya produksi pigmen pewarna rambut yang disebut melanin. Pigmen ini dihasilkan sel tubuh yang dikenal sebagai melanosit. Rambut menjadi putih karena melanosit tidak lagi memproduksi melanin,” kata Winarto.

Macetnya produksi pigmen, Winarto menyebutkan, hanyalah bersifat sementara. Kalau stres sudah hilang, otomatis produksi pigmen akan kembali dengan normal. “Rambut yang putih akan rontok dengan sendirinya sehingga rambut akan kembali menjadi hitam. Itu kalau penyebab uban usia dini terjadi karena stres. Kejadian itu akan berbeda dengan uban yang disebabkan faktor kurang vitamin atau keturunan,” ujarnya.


Penyebab Rambut Beruban


  1. Penggunaan minyak dan cat rambut tidak hanya mengenai rambut, tetapi meresap ke dalam pori-pori kulit kepala. Zat-zat kimia yang terkandung dalam minyak dan cat rambut memengaruhi kesehatan rambut sehingga mempercepat tumbuhnya uban.
  2. Usia : Apabila usia telah mencapai 50-60 tahun maka tidak dapat dihindari jika uban akan perlahan-lahan muncul dan menghiasi kulit kepala anda.
  3. Keturunan : Jika sudah turun temurun ayah atau ibu anda sudah memiliki uban di usia muda biasanya akan menurun pada anak-anaknya.  Informasi tentang rambut putih yang tumbuh lebih dini itu tersimpan di dalam gen. Ini berarti bila orangtua dan kerabat dekat mulai beruban pada usia belia, kemungkinan untuk cepat beruban akan lebih besar. 
  4. Kelainan metabolisme menyebabkan fenil analin yang terdapat pada asam amino tidak bermetabolisme dengan baik sehingga menimbulkan uban. Pada gangguan kelainan imunitas terjadinya uban mirip dengan vitiligo atau munculnya bercak putih pada kulit.
  5. Stress berlebihan : Jika stress berlebihan dan terus menerus dilakukan maka produksi pigmen rambut akan berkurang sehingga muncullah rambut putih.
  6. Gaya hidup yang tidak sehat juga memiliki kontribusi dalam mempercepat tumbuhnya uban. Winarto menilai kebiasaan merokok menghambat aliran zat-zat gizi yang dibutuhkan tubuh yang dibawa dalam peredaran darah. “Merokok tidak hanya menyebabkan rambut beruban sebelum waktunya, dan secara keseluruhan merugikan kesehatan,” tandasnya. 
  7. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 akan menghambat pertumbuhan uban. Sementara itu, Diana Bihova MD dari New York University Medical Center mengatakan, stres yang berlebihan bisa menguras cadangan vitamin B12. Terkurasnya vitamin ini mempercepat tumbuhnya rambut putih. 
  8. Gizi yang buruk tidak hanya menimbulkan uban, juga mengganggu kondisi kesehatan rambut secara umum. Itu sebabnya anakanak yang mengalami gangguan gizi berat, rambutnya tampak kemerahan, dan tidak sehat. “Konsumsi gizi yang cukup pun bisa saja tidak bermanfaat bila terjadi gangguan pencernaan. Misalnya ada luka di lambung. Gangguan pencernaan membuat metabolisme berlangsung tidak semestinya sehingga makanan bergizi terbuang percuma,” kata dia. Keadaan gizi yang buruk karena asupan makanan yang kurang seimbang juga memengaruhi kesehatan rambut.
  9. Gangguan karena kelainan imunitas, kelainan hormonal, sinar X, keracunan logam berat, dan gangguan ginjal berkontribusi menambah jumlah uban di kepala.


Cara mengatasi Uban .

  • 1. Pola hidup Sehat
  1. Pola hidup sehat adalah faktor utama dalam mengatasi rambut yang telah beruban. Memakan makanan yang bergizi dan bernutrisi serta memperbanyak minum air untuk memperlancar peredaran darah.
  2. Vitamin A yang dapat menjaga kesehatan kulit kepala dan membuat rambut lebih bersinar serta menghindarkan rambut dari kerapuhan dan pengurangan pigmen rambut, banyak terdapat pada sayuran hijau dan buah-buahan berwarna merah dan kuning. 
  3. Vitamin B12 berperan untuk memperlancar produksi minyak yang berfungsi menjaga kelembapan dan kesehatan rambut, banyak terdapat pada sayuran hijau, sereal, hati, yougurt, pisang. 
  4. Protein banyak terdapat pada telur, kedelai dll.

  • Hindari Mewarnai Rambut 
Jika anda menggunakan pewarna rambut, mulai dari sekarang kurangilah karena kandungan bahan kimia yang terdapat pada produk pewarna rambut dapat merusak pigmen rambut. Jika ingin menggunakan pewarna rambut untuk menutupi uban dianjurkan agar memilih produk yang terbuat dari bahan alami.

  • Hindari stress secara berlebihan 
Stress berlebihan dapat mempercepat tumbuhnya uban. Dimanapun anda berada cobalah agar tetap tenang dengan belajar mengolah nafas(tarik napas 6 detik lalu keluarkan 6 detik) agar pikiran tenang serta selalu berfikir positif.

  • Tidur yang Cukup
Kulit kepala juga butuh untuk beristirahat agar sel-sel rambut dapat beregenerasi, jadi sekarang kurangi kebiasaan bergadang tiap malam karena dapat mempercepat tumbuhnya uban.

  • Mineral yang Cukup bagi Rambut
Mineral yang Essensial untuk rambut adalah zinc, zat besi dan cooper. Biasanya banyak terdapat pada daging, ayam, sayuran, telur, biji"an, dan makanan laut (seafood)

  • Pijat Rambut
Pijat rambut dengan minyak kelapa atau kemiri agar menjaga rambut tetap panjang dan kuat. Serta sering-seringlah melakukan pijat kulit kepala agar kepala terasa tenang dan nyaman.

  • Mandi dengan Air Hangat
Mandilah dengan air hangat satu kali seminggu untuk membuat kulit kepala terasa nyaman dan untuk memperlancar peredaran darah

  • Daun Rambutan
Daun rambutan dipercaya dapat menghilangkan dan mengobati rambut yang telah terlanjur beruban
Caranya :
  1. Ambil beberapa lembar daun rambutan
  2. Tumbuk atau blender dengan ditambah sedikit air
  3. Saringlah ke dalam wadah
  4. Oleskan ramuan tersebut pada kulit kepala disertai pijatan lembut.
  5. Biarkan hingga 10-15 menit
  6. Bilas dengan air hingga bersih
  7. Lakukan seminggu sekali untuk hasil yang optimal
  • Teh Pekat
Teh yang pekat juga ampuh dalam mengatasi rambut yang beruban.
Caranya :
  1. Ambil satu gelas teh yang pekat dan tambahkan satu sendok garam
  2. Lalu embunkan diluar rumah semalaman.
  3. Usapkan ke seluruh kulit kepala disertai dan pijatan-pijatan lembut.
  4. Biarkan selama satu jam, lalu bilas dengan air dingin tanpa shampoo
  5. Lakukan seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang optimal.


  • Minyak Kelapa dan Jeruk
Caranya :
  1. Campurkan minyak kelapa/kemiri dan air jeruk nipis 
  2. Oleskan pada kulit kelapa disertai pijat-pijat dengan lembut.
  3. Diamkan selama 15 menit 
  4. Bilas hingga bersih
  5. Banyak wanita yang telah melakukan ini setiap hari, rambutnya bisa tetap sampai umur 60th-an.


  • Minyak Kemiri
Caranya :
  1. Iris-iris Kemiri 
  2. Lalu Tumbuk hingga mengeluarkan minyak
  3. Usapkan pada kulit kepala disertai tekanan agar dapat masuk ke pori-pori kulit
  4. Lakukan setiap hari agar mendapat hasil yang optimal.


  • Produk "Alami" Untuk Mengatasi Uban
  1. Produk alami dari india yang dapat mengatasi rambut yang terlanjur beruban yaitu henna atau disini dikenal dengan pacar rambut
  2. Produk alami dari BSY yang dapat menutupi dan menyembuhkan  rambut yang beruban dengan bahan alami, yaitu NONI Magic Hair Color
  3. Produk alami dari Miranda juga dapat menutupi dan mengobati rambut yang beruban, yaitu Miranda Magic Hair Color
Masih banyak alternative cara untuk mengobati rambut yang terlanjur beruban jadi teruslah berusaha dan selalu berdo'a karena Tuhan pasti akan memberikan kemudahan jika kita mau berusaha.

Penyusun : Yohanes Gitoyo.
Sumber :
  1. http://id.wikipedia.org/
  2. https://id-id.facebook.com/fptahukahanda/.
  3. http://perilian.blogspot.com/.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...