Rabu, 26 Agustus 2015

5 Pesawat F-16 TNI AU VS 8 Pesawat F-18 Milik Australia, Bertarung di Kupang, Nusa Tenggara Timur.


Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) unjuk gigi dalam latihan bersama dengan angkatan udara Australia (RAAF) di langit perbatasan kedua negara, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Latihan bersama dengan kode latihan AMX Elang Ausindo 2015 itu, sudah dimulai sejak Selasa pagi, 25 Agustus 2015 dan akan berlangsung hingga 27 Agustus 2015. 

Danlanud El Tari Kupang, Kolonel (Pnb) Andi Wijaya menyatakan, latihan bersama antara negara Indonesia dan Australia ini merupakan latihan persahabatan teknik manuver di udara. “Tujuan latihan bersama ini adalah menjalin hubungan bilateral serta meningkatkan kemampuan para personel TNI AU dalam menunjang tugas dan tanggung jawab dalam mempertahankan keutuhan negara.” jelas Andi. 


Komandan Wing Skuadron III Kolonel Penerbangan Irwan Pramuda menuturkan, dalam latihan bersama itu, TNI AU mengerahkan lima pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 3 Iswahyudi, satu Pesawat Hercules C-130 dari Skadron Udara 31 Halim Perdanakusuma, dan satu Helikopter AS-332 Super Puma dari Skadron Udara 6 Atang Sanjaya.

Sedangkan Australia membawa sembilan pesawat tempurnya, yakni delapan pesawat tempur F/A-18 Hornet dan satu pesawat angkut C-17 Globemaster. Sembilan Pesawat itu saat ini sudah berada di Lanud El Tari, Kupang.

"Kupang dipilih sebagai wilayah latihan karena wilayah ini berbatasan langsung dengan Australia," kata Irwan, Selasa, 25 Agustus 2015.

Irwan menjelaskan, metode latihan yang dilaksanakan dalam latihan tempur udara Indonesia-Australia yakni satu lawan satu (close combat) jarak dekat dan akan berlanjut menjadi air combat maneuvering yang mana dua pesawat melawan satu pesawat. Serta akan dilaksanakan secara bergantian yakni satu F-16 TNI AU melawan dua pesawat tempur F-18 Australia begitupun sebaliknya.


"TNI Angkatan Udara akan terus melakukan operasi udara di setiap daerah perbatasan di seluruh wilayah Indonesia  untuk menunjukkan kepada negara lain bahwa wilayah perbatasan selalu dan senantiasa di jaga dan dikawal oleh TNI," kata Irwan.


TNI AU tetapkan El Tari Kupang jadi lokasi latihan terbang.

Merdeka.com - Mabes TNI AU menetapkan Lapangan Udara El Tari Kupang sebagai tempat latihan terbang tahunan bersama pasukan Angkatan Udara Australia. Hal ini dilakukan mulai tahun 2015 ini.

"Mulai tahun ini Mabes TNI AU telah mengalihkan tempat latihan bersama ini dilakukan di wilayah Kupang," kata Panglima Komando Operasi Sektor Pertahanan Udara Nasional IV Kolonel (Pnb) Nanang Santoso usai menggelar upacara bersama sejumlah tentara TNI AU dan Australia di Lanud El Tari Kupang, Senin (24/8).

Dia menjelaskan dalam satu tahun ke depan kemungkinan akan digelar dua kali latihan di Kupang. Latihan tersebut dilakukan dengan Australia maupun dengan negara-negara tetangga lainnya.

"Ini akan berlaku seterusnya, sampai dengan ada keputusan lanjutan dari pihak Mabes TNI AU," ujarnya dikutip Antara.

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Latihan bersama, Kolonel penerbang (Pnb) Irwan Pramuda. Dia mengatakan kurang lebih 200 personel gabungan tentara Angkatan Udara kedua negara tersebut telah tiba di Kupang pada Jumat (21/8) pekan lalu.


Menurutnya, latihan yang bertajuk Air ManuVer Excercise (AMX) Elang Ausindo 2015 ini, selain digelar bersama dengan Australia, nanti akan menggelar latihan bersama beberapa negara tetangga seperti Brunei, Singapura. Untuk lokasi latihan sendiri, Komandan Wing Udara 3 Lanud Iswajudi Madiun ini mengatakan akan dilaksanakan di daerah selatan Kupang agar tidak mengganggu aktivitas masyarakat di Kota Kupang.

"Untuk lokasi latihannya akan berada di sekitar laut Kupang bagian Selatan, sehingga tidak mengganggu warga di Kupang," pungkasnya. 

Penyusun : Yohanes Gitoyo, S Pd.
Sumber : 
  1. http://strategi-militer.blogspot.com/2015/08/ri-dan-australia-unjuk-kekuatan-tempur.html#more
  2. http://nasional.news.viva.co.id/news/read/665452-pesawat-tni-au-dan-f-18-milik-australia--duel--di-kupang
  3. http://garudamiliter.blogspot.com/2015/08/tni-au-latihan-bersama-au-australia-di.html
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...