12 Buah Tersangka Buah Terlarang Yang Pernah Dimakan Adam & Hawa



Berbagai agama memiliki kisah tentang Adam & Hawa yang diusir dari surga akibat memakan buah terlarang. Orang-orang berusaha menafsirkan buah apa yang dimaksud. Sampai kini, ada sekitar 12 macam buah yang diduga merupakan buah terlarang (en.wikipedia.org/wiki/Forbidden_fruit).

Dari belasan buah yang menjadi spekulasi, sebagian kita kenal dengan baik dan sering kita konsumsi. Buah-buahan tersebut juga dikenal kaya nutrisi. Salah satu yang sering disebut adalah apel. Lalu buah apa lagi yang dicurigai sebagai buah terlarang?

Berikut adalah 12 buah yang dicurigai buah yang dimakan oleh Adam & Hawa:

1. Buah Ara / Fig



Buah Ara atau Buah Figatau atau disebut juga Buah Tin. Buah ini adalah salah satu yang paling sering dikaitkan dengan buah terlarang. Pasalnya,  Buah Ara / Buah Fig banyak tercantum di kitab dan beberapa kebudayaan. 

Para seniman juga sering menggambarkan daun yang menutupi aurat Adam & Hawa sebagai daun  Buah Ara / Buah Fig . 

Buah Ara / Fig adalah sumber tanaman yang paling kaya akan kalsium dan serat. Buah ini juga mengandung banyak antioksidan, flavonoid, dan polyphenol.


2. Anggur


Konon, Hawa memetik buah anggur dan mengambil sarinya. Perasan anggur tersebut memiliki efek seperti wine, bisa membuat mabuk dan lupa diri. Diduga, karena buah inilah pakaian Adam & Hawa terlucuti.

Anggur adalah buah yang kaya resveratrol. Senyawa ini dianggap mampu mencegah kanker, penyakit jantung, dan Alzheimer. Selain itu, anggur juga banyak mengandung vitamin A, C, B kompleks, K, dan karoten.


3. Tomat


Dalam beberapa bahasa Slavia, tomat disebut 'rajcica' atau 'paradajz', keduanya juga berarti surga (paradise). Sebelum abad ke-17, tomat dianggap beracun di beberapa negara Eropa. Makanya, tomat sering dikait-kaitkan dengan buah terlarang dari surga.

Tomat banyak mengandung lycopene, vitamin A, dan vitamin C. Selain baik bagi kesehatan jantung, tomat juga bisa mencegah kanker prostat.


4. Apel


Dalam Bahasa Latin, setan dan apel punya kata yang mirip, yaitu 'malum' dan 'malum'. Karenanya, apel sering dikira buah terlarang. Apalagi, dalam Bahasa Inggris jakun laki-laki disebut 'Adam's apple', karena konon si buah terlarang tersangkut di tenggorokan Adam saat ditelan.

Pepatah 'an apple a day keeps the doctor away' menunjukkan kalau buah ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Mulai dari kanker usus, prostat, paru-paru, hingga kolesterol dan penyakit jantung bisa dicegah dengan buah yang kaya antioksidan dan serat ini.


5. Gandum


Meski bukan buah, gandum sering disangkutpautkan dengan buah terlarang di surga. Bisa jadi anggapan ini muncul karena dalam bahasa Ibrani gandum adalah 'khitah', mirip dengan 'khet' yang berarti dosa. Selain itu, konon dulunya gandum setinggi pohon palem dengan biji seukuran ginjal banteng besar. Karena 'buah' terlarangnya dimakan manusia, pohonnya dikutuk menjadi kecil seperti sekarang.

Gandum menjadi bahan dari makanan pokok masyarakat dunia. Ada banyak makanan yang bisa dihasilkan dari biji-bijian ini, di antaranya roti dan pasta. Karena kaya karbohidrat, makanan berbahan gandum dapat menjadi sumber energi untuk beraktivitas.


6. Ceratonia siliqua


Buah Carob muda berwarna hijau, ketika sudah tua berwarna coklat.

Ceratonia siliqua, umumnya dikenal sebagai pohon Carob dan St John's-roti, adalah spesies berbunga evergreen semak atau pohon dalam kacang keluarga, Fabaceae . Hal ini banyak dibudidayakan untuk dimakan nya kacang-kacangan , dan sebagai pohon hias di kebun. Pod benih mungkin dihancurkan dan digunakan sebagai pengganti coklat.

Carob dimakan sebagai pemanis yang umum di jaman Mesir Kuno. Di Siprus, sirup carob sangat terkenal sebagai emas hitam dari Siprus dan Malta, Di Semenanjung Iberia , polong carob digunakan terutama sebagai binatang ternak, khususnya untuk memberi makan keledai.

Carob polong adalah sumber penting dari gula sebelum tebu dan gula bit menjadi tersedia secara luas.


7. Buah Delima.


Buah Delima  / p ɒ m ɨ ɡ r æ n ɨ t / , Punica granatum, adalah buah -bantalan daun semak atau kecil pohon tumbuh antara lima dan delapan meter.

Berasal dari daerah modern Iran dan Irak , yaitu delima telah dibudidayakan di Kaukasus sejak zaman kuno. Dari sana menyebar ke daerah-daerah Asia seperti Kaukasus serta Himalaya di India Utara . Hari ini, secara luas dibudidayakan Saudi , Israel , Yordania , bagian yang lebih kering dari Asia Tenggara , para Mediterania wilayah Selatan Eropa , dan tropis Afrika . Diperkenalkan ke Amerika Latin dan California oleh Spanyol pemukim di 1769, delima juga dibudidayakan di beberapa bagian California dan Arizona untuk produksi jus. 

Delima telah disebutkan dalam teks-teks kuno, terutama Kitab Keluaran , yang Nyanyian Rohani Homer dan Quran . Dalam beberapa tahun terakhir, telah mencapai keunggulan utama di pasar komersial Amerika Utara dan Belahan Barat. 


Di benua India 's kuno Ayurveda sistem pengobatan, delima (Hindi: अनार) telah secara luas digunakan sebagai sumber obat tradisional untuk ribuan tahun.



8. Etrog


Etrog ( Ibrani : אֶתְרוֹג) ​​mengacu pada sitrun kuning medica atau Citrus digunakan oleh orang Yahudi pada hari libur selama seminggu dari Sukkot . Sementara dalam bahasa Ibrani yang modern ini adalah nama untuk berbagai dari sitrun. 

Para romanisasi sebagai Etrog yang menurut Sephardic pengucapan, banyak digunakan di Israel melalui Ibrani modern . Para Ashkenazi pengucapan seperti dalam bahasa Yiddish , yang esrog atau esrig. Jarang bisa juga diterjemahkan sebagai Ethrog atau Ethrogh bahkan dalam karya ilmiah, yang menurut Ibrani Yaman 



9. Buah Pir.



Pir adalah salah satu dari beberapa jenis pohon dari genus Pyrus (  / p aɪ r s ə / ) dan juga nama pomaceous buah dari pohon tersebut. Beberapa spesies buah pir dinilai oleh manusia untuk buah dapat dimakan, tetapi buah dari spesies lain adalah kecil, keras, dan astringent.

Para Pyrus genus diklasifikasikan dalam subtribe Pyrinae dalam suku Pyreae . Para apel (Malus domestica), yang menyerupai struktur bunga, juga anggota dari subkategori ini.

Yang bahasa Inggris kata "pir" mungkin dari umum Jermanik Barat pera, mungkin kata pinjaman dari bahasa Latin Vulgar Pira, jamak dari pirum, mirip dengan Yunani apios ἄπιος (dari Mycenaean ápisos), yang kemungkinan dari Semit asal. Para nama tempat Perry dan Pharisoulopol dapat menunjukkan adanya sejarah pohon pir. Istilah "pyriform" kadang-kadang digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang "berbentuk buah pir".


10. Buah Datura / Kecubung.




Datura, adalah genus dari sembilan spesies vespertine tanaman berbunga milik keluarga Solanaceae . Mereka dikenal sebagai Terompet Angel, kadang-kadang berbagi nama yang dengan genus terkait erat Brugmansia .

Semua tanaman Datura mengandung alkaloid tropane seperti skopolamin , hiosiamin , dan atropin , terutama dalam biji dan bunga. Karena kehadiran zat tersebut, Datura telah digunakan selama berabad-abad di beberapa budaya sebagai racun dan sebagai halusinogen.

Karena kombinasi ampuh antikolinergik zat yang dikandungnya, keracunan Datura biasanya menghasilkan efek yang mirip dengan sebuah antikolinergik delirium (sebagai kontras dengan halusinasi ): ketidakmampuan lengkap untuk membedakan kenyataan dari fantasi ; hipertermia ; takikardia , perilaku aneh, dan mungkin kekerasan; dan parah mydriasis dengan menyakitkan resultan fotofobia yang dapat berlangsung beberapa hari.  




11. Quince


Quince (  / k w ɪ n s / ), atau Cydonia oblonga, adalah anggota tunggal dari Cydonia genus dan asli hangat-hangat barat daya Asia di Kaukasus wilayah. Ini adalah, kecil daun pohon , tumbuh 5-8 m dan 4-6 m lebar, terkait dengan apel dan pir , dan seperti mereka memiliki pome buah , yang berwarna kuning keemasan cerah ketika dewasa, berbentuk buah pir, 7-12 cm dan 6-9 cm lebar.

Buah ini dikenal dengan Akkadians , yang menyebutnya supurgillu; Arab سفرجل safarjal "quince" (kolektif jamak .)  Nama modern berasal di abad 14 sebagai jamak dari quoyn, melalui Prancis Lama cooin dari Latin cotoneum malum / cydonium malum, akhirnya dari Yunani κυδώνιον μῆλον, kydonion melon " Kydonian apel ". Pohon quince asli ke Uzbekistan , Tajikistan , Iran , Armenia , Azerbaijan , Georgia , Pakistan , Afghanistan dan diperkenalkan ke Suriah , Libanon , Kroasia , Bosnia , Turki , Serbia , Republik Makedonia , Albania , Yunani , Rumania , Hungaria , Ukraina dan Bulgaria.

Sebagian besar varietas quince terlalu keras, zat asam dan makan mentah kecuali ' bletted '(diperlunak dengan embun beku dan pembusukan berikutnya). Tinggi di pektin , mereka digunakan untuk membuat selai , jelly dan quince puding , atau mereka mungkin dikupas, kemudian dipanggang, dibakar atau direbus. Daging buah berubah menjadi merah setelah waktu memasak yang lama. Parfum yang sangat kuat berarti mereka dapat ditambahkan dalam jumlah kecil untuk pai apel dan selai untuk meningkatkan rasa.



12. Jamur Amanita muscaria.


Jamur Amanita muscaria, yang umum dikenal sebagai agaric lalat (  / æ ɡ ər ɪ k / ) atau lalat Amanita (  / ˌ m æ ə n aɪ t ə / ), adalah beracun dan psikoaktif basidiomycete jamur , salah satu dari banyak dalam genus Amanita . Asli di seluruh beriklim dan boreal wilayah belahan bumi utara, Amanita muscaria telah sengaja diperkenalkan ke berbagai negara di belahan bumi selatan, umumnya sebagai Simbion dengan perkebunan pinus, dan sekarang menjadi benar kosmopolitan spesies.

Meskipun umumnya dianggap beracun, kematian akibat konsumsi yang dimiliki sangat langka, dan dimakan sebagai makanan di beberapa bagian Eropa, Asia, dan Amerika Utara setelah parboiling Amanita muscaria sekarang terutama terkenal karena nya. halusinogen properti, dengan psikoaktif utama konstituen menjadi senyawa muscimol . Itu digunakan sebagai minuman keras dan entheogen oleh penduduk Siberia dan memiliki signifikansi agama dalam budaya ini.


Sumber :


Dikembangkan dari artikel : 5 Buah yang Diduga Buah Terlarang yang Pernah Dimakan Adam & Hawa, http://forum.kompas.com/, 29 Pebruari 2012, dengan penambahan dengan referensi dari http://en.wikipedia.org/wiki/Forbidden_fruit, beserta link-link yang meyertainya., 19 April 2012, 23:36 UTC.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Jika Naga Hidup di Dunia Nyata, Bagaimana Cara Mereka Semburkan Api?