Orangutan Sumatera Bisa Menunda "Pubertas"


Pongo pygmaenus abelii alias Orangutan Sumatera

Orangutan Sumatera memiliki trik reproduksi jitu dengan menunda pubertas atau kematangan seksual menunggu sampai cukup kuat untuk bersaing dengan pejantan lain.

Pejantan orangutan Sumatera diketahui bisa bereproduksi sejak usia 15 tahun. Perkembangan sekunder berupa flensa pada pipi, bulu dada, rambut lebih panjang pada lengan dan kantung tenggorokan yang memungkinkan menghasilkan panggilan lebih tebal tumbuh di usia tersebut.

Meski demikian, seperti dikutip situs New Scientist, Sabtu (19/5/2012) lalu, orangutan Sumatera kadang menunda perkembangan sekundernya hingga 10 tahun. Kemampuan ini tak dimiliki primata mana pun, termasuk orangutan Borneo.

Gauri Pradhan dari University of South Florida di tampa dan rekannya melakukan studi terkait hal ini dan memublikasikannya di American Journal of Physical Anthropology.

Diketahui bahwa orangutan Sumatera mampu memonopoli satu betina selama beberapa minggu dalam proses reproduksi. Pradhan mengembangkan model matematika untuk melihat golongan orangutan yang mampu memonopoli betina.


Lewat riset, Pradhan menemukan bahwa orangutan yang menunda pubertas mampu mengontrol betina lebih baik. Golongan ini bisa mempertahankan betina dari pejantan lain.

Pejantan yang menunda pubertas bertujuan membangun kekuatan fisik untuk melawan pejanta-pejantan lain.

Bagaimana orangutan Sumatera mampu menunda pubertas masih misteri. Namun, ilmuwan mengetahui bahwa penundaan pubertas diketahui bisa mengakibatkan kematian lebih awal.

Penulis : Yunanto Wiji Utomo, Tri Wahono  
Sumber : http://sains.kompas.com/, Selasa, 22 Mei 2012, 22:13 WIB 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Jika Naga Hidup di Dunia Nyata, Bagaimana Cara Mereka Semburkan Api?